GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Ampuh Terapi Anak Tidak Mau Makan Nasi

Mendidik dan memberikan asupan makanan bergizi merupakan tugas dan peran orang tua, terutama seorang ibu dalam menunjang tumbuh kembang anak. Tanggung jawab yang dilakukan oleh seorang ibu telah dikakukan sejaka anaknya masih berada di dalam kandungan sampai kelak anaknya beranjak dewasa atau bisa mandiri dalam melakukan segala sesuatu. Dalam hal ini, mendidik dengan baik dan benar saja tidak cukup jika tidak dibarengi degan asupan makanan bergizi dan pola makan yang baik. Oleh sebab itu, kedua hal ini harus dilakukan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Adupan makanan sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik dan perkembangan sensorik ataupun motorik di dalam otaknya. Dalam hal ini, pemberian makanan yang dilakukan haruslah bertahap sesuai dengan usianya. Seperti misalnya pemberian asi yang wajib dilakuakan pada anak sampai pada usia 6 bulan atau maksimal 2 tahun. Setelah itu, pemberian makanan anak bisa diganti dengan asupan nasi dengan berbagai lauk yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Dalam hal ini, kerap dijumpai beberapa permasalahan seperti misalnya salah satunya yakni kesulitan anak dalam mengonsumsi nasi sehingga penting untuk Anda ketahui mengenai cara-cara yang ampuh dilakukan agar anak mudah untuk mengonsumsi nasi. Adapun beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Kenalkan nasi kepada anak secara bertahap atau pelan-pelan, hal ini dilakukan sesuai dengan tingkatan usianya sehingga pemberian nasi bisa dilakukan mulai dari porsi terkecil. Hal yang perlu Anda hindari ialah memblender nasi yang nantinya justru akan mengubah citarasa nasi.
  2. Jangan memaksakan anak jika mereka tidak mau mengonsumsi nasi, hal ini ditakutkan nantinya justru akan menjadikan trauma sehingga anak terus melakuakn penolakan jika diberi nasi. Anda bisa memberikan nasi sambil menghibur atau mengajak anak bermain.
  3. Membuat menu makanan atau lauk nasi yang variatif, hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak tidak cepat merasa bosan dengan makanan nasi. Disamping itu, cara ini juga dapat melatih anak merasakan berbagai citarasa nasi dalam menu yang berbeda.
  4. Jangan kebanyakan dalam memberikan susu sebelum makan nasi karena ini justru mengakibatkan anak merasa kenyang dan enggan untuk memaka nasi.
  5. Jangan terlalu sering memberikan camilan atau snack pada anak yang bisa mengenyangkan atau banyak mengandung karbohidrat.