GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Menjinakkan Burung Beo

 

Burung beo merupakan salah satu jenis burung yang pintar menirukan ucapan manusia. Namun untuk dapat melatih burung beo melakukannya perlu waktu. Hal ini juga sulit dilakukan ketika burung beo Anda belum jinak. Menjinakkan burung beo juga tidak mudah perlu usaha untuk melakukannya.

Dan inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjinakkan burung beo.

  1. Menyediakan dua tempat yang berbeda

Tips yang pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyediakan dua tempat yang berbeda untuk burung beo anda. Dua tempat tersebut haruslah berbanding terbalik yaitu 1 tempat ramai dan juga satu tempat sunyi. Hal ini bertujuan agar burung beo Anda bisa beradaptasi dengan mudah tempat tinggal yang baru. Untuk sistem penempatannya sendiri yaitu menggunakan sistem 2 : 1. Penjelasannya yaitu 2 hari di tempat yang ramai dan juga 1 hari di tempat yang sepi atau sunyi. Lakukan sampai burung beo Anda terbiasa berada di tempat keramaian. Dengan menggunakan sistem 2 : 1 ini maka burung beo tidak akan kaget ketika berada di tempat keramaian dan bertemu dengan banyak orang.

  1. Jangan bersikap agresif

Tips yang berikutnya yaitu jangan terlalu bersifat agresif terhadap burung beo. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya burung beo membutuhkan waktu untuk beradaptasi  sehingga jangan memaksakan karena itu akan berdampak pada mental dan juga fisik dari burung beo tersebut.

  1. Memberikan makanan favoritnya

Yang berikutnya yaitu dengan memberikan makanan yang disukai oleh burung beo Anda. Dengan memberikan makanan favorit dari burung beo ini maka tingkat stres akan berkurang. Makanannya seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik, atau makanan yang lainnya. Namun memberikan makanan yang monoton juga tidak akan baik bagi si burung beo. Hal ini karena dikarenakan burung beo bisa merasa bosan kapan saja. Anda bisa mulai memvariasikan jenis makanan yang diberikan kepada burung beo. Selain itu tips untuk memberikan makanan kepada burung beo yaitu dengan memberikannya langsung menggunakan telapak tangan Anda. Hal itu bisa menandakan bahwa Anda peduli terhadap burung beo.

  1. Memberikan sangkar yang cukup

Memberikan sangkar yang besar bagi burung beo tidak akan baik. Anda bisa memberikan sangkar pada burung beo dengan ukuran yang lebih sedang. Hal ini bertujuan agar gerak dari burung beo Anda menjadi lebih terbatas. Tempatkan sangkar burung tersebut pada tempat yang disukai oleh burung beo Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjinakkan burung beo Anda.