GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Ketahui Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Yuk

Apakah kamu sudah tahu apa saja Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia? Sebagai warna Negara Indonesia, kita tentunya juga harus tahu donk apa saja sebenarnya Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia.

Jadi pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara ringkas tentang apa saja Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia yang wajib kita ketahui dan lakukan dalam kegiatan bernegara dan berbangsa setiap harinya.

Pengertian Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Sudah tahu belum pengertian dari Hak Dan Kewajiban Warga Negara? jika belum maka kamu harus tahu dulu donk pengeriannya sebelum membahas informasi lainnya.

Pengertian Hak

Pengertian hak merupakan sebuah kuasa untuk melakukan atau menerima sesuai yang seharusnya kita dapatkan atau lakukan dan orang lain tidak boleh merebutnya dengan cara paksa ataupun tidak dipaksa.

Dalam kehidupan berwarganegara kita memiliki hal mendapatkan kehidupan yang layak, perlundungan hukum, jaminan hidup yang aman dan yang lainnya.

Pengertian Kewajiban

Pengertian kewajiban yaitu sesuatu hal yang wajib dan harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan sebuah wewenang atau hak yang kita miliki. Bisa dikatakan bhawa kewajiban adalah sebuah hal yang harus kita lakukan dengan sukarela karena kita sudah diberikan sebuah hak dan juga tergantung dari situasinya.

Dalam kehidupan bernegara dan berbangsa, kita sebagai warganegara berkewajiba melaksanakan peran sebagai seorang warga negara sesuai dengan kemampuan yang kita miliki untuk bisa mendapatkan hak kita miliki sebagai warna negara yang baik.

Kita tahu bahwa hak dan kewajiban tidak bisa terpisahkan, dan keduanya juga harus berjalan dengan seimbang. Karena jika tidak seimbang maka bisa terjadi pertentangan dan bisa masuk dalam jalur hukum sesuai hukum berlaku di suatu tempat atau negara.

Contoh Hak Warga Negara Indonesia

Berikut ini ada beberapa hak warna negara yang kita dapatkan ketika kita hidup dan menjadi warga negara Indonesia :

  1. Pada pasal 27 ayat 2 Kita mendapatkan hak atas penghidupan layak dan pekerjaan
  2. Pada pasal 27 ayat 1 kita berhak mendapatkan perlindungan hukum dari negara
  3. Pada pasal 28D ayat (1) kita berhak mendapatkan kedudukan sama dimata hukum dan dalam pemerintahan Republik Indonesia
  4. Pada pasal 29 ayat (2) kita mendapatkan hak bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama yang kita percayai masing-masing
  5. Pada pasal 28 kita mendapatkan hak pengajaran dan pendidikan, memilih hak sama dalam berkumpul, dalam kemerdekaan berserikat, dan dalam mengeluarkan pendapat baik secara tulisan dan lisan sesuai UU yang berlaku di Indonesia.

Contoh kewajiban warga negara Indonesia

  1. Pada Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 kita wajib berperan serta dalam mempertahankan dan membela kedaulatan NKRI dari serangan musuh
  2. Pada UUD 1945 kita wajib membayar retribusi dan pajak yang sudah ditetapkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat
  3. Pada pasal 28J ayat 1 kita wajib menghormati HAM yang dimiliki orang lain
  4. Pada pasal 28J ayat 2 kita wajib tunduk kepada pembatasan yang telah ditetapkan di UU yang berlaku
  5. Pada pasal 28 kita sebagai warna Negara wajib ikut serta dalam pembanganan dan memajukan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Contoh Kasus Penerapan hak dan Kewajiban Warna Negara Yang Bermasalah

1. Menaati Hukum Lalu Lintas

Apakah kita sudah bisa menaati hukum lalu lintas yang diterapkan di Indonesia, kita tahu kebanyakan dari kita atau orang disekitar kita ketika memakai kenaraan tidak menaati peraturan ini. Padahal menaati peraturan hukum lalu lintas adalah sebuah kewajiban, dan kita sudah diberikan hak untuk memiliki kendaraan, sehingga kewajiban menataati aturan lalulintas di jalan dan memiliki sim dan membawa STNK ketika berkendara harus kita taati bersama ketika menjadi warga Negara yang baik.

2. Membayar Pajak

Ini juga salah satu kewajiban kita sebagai warga Negara Indonesia, jadi ketika kita sudah memiliki penghasilan berdasarkan Undang-undang yang berlaku saat ini. Kita diwajibkan untuk membayar pajak, setelah kita membayar pajak maka Negara akan memberikan semua hak yang bisa kita dapatkan yang juga telah dicantumkan undang-undang, sehingga Negara bisa berjalan dengan baik dan benar ketika kita taat membayar pajak.

3. Perlindungan Hukum

Ini juga merupakan salah satu kasus penerapan hak dan kewajiban di Indonesia yang masih menjadi masalah serius. Mungkin kita sudah mendapatkan hak perlindungan hokum dari Negara dengan baik, tetapi ketika kita sering mendengar berita yang beredar di media, masih banyak orang yang belum mendapatkan perlindungan hukum yang adil dari pemerintah, karena itu masih ada saja kasus krimilan yang tidak mendapatkan perlindungan hukum yang baik.

Itulah tadi segala macam informasi tentang pengertian hak dan kewajiban warga Negara, tentang contoh hak dan kewajiban yang kita miliki saebagai warga Negara Indonesia, dan contoh kasus penerapan hak dan kewajiban yang masih tidak berjalan dengan semestinya di Negara Indonesia.

Kalian juga bisa menambah wawasan kita tentang hak dan kewajiban warga Negara yang kita jalankan selama ini di website ini.