GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Kontrol Tekanan Darah Tinggi Dengan Ikan Yang Baik Untuk Penderita Darah Tinggi

Mengontrol tekakan darah tinggi bisa diupayakan dengan rutin konsumsi ikan yang baik untuk penderita darah tinggi. Masalahnya sudah tahukah Anda jenis ikan untuk mengontrol tekanan darah tinggi? Sebenarnya banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda pilih. Tapi untuk kesempatan kali ini akan dipilihkan jenis ikan terbaik yang bisa mengontrol darah tinggi Anda.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bukanlah permasalahan yang bisa dianggap remeh. Pasalnya hipertensi adalah salah satu faktor terbesar stroke dan serangan jantung. Berita baiknya, dengan rutin mengonsumsi ikan, Anda bisa mengontrol tekanan darah dengan lebih cepat.

Tekanan darah tinggi bisa terjadi saat tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Bahayanya, kondisi tersebut umumnya tidak menimbulkan gejala darah tinggi. Oleh sebab itulah banyak yang tidak menyadari jika dirinya memiliki riwayat penyakit ini. Nah, sebagai langkah antisipasinya, mengapa Anda tidak rutin mengonsumsi ikan yang baik untuk penderita darah tinggi?

Kontrol Tekanan Darah Tinggi dengan Makan Ikan

Gaya hidup dikatakan sebagai cara penting dalam mengobati dan mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bahkan dalam banyak kasus, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat terbukti mampu menurunkan tekanan darah tanpa menggunakan obat resep dokter.

Selain untuk menurunkan dan mengatasi hipertensi, menerapkan gaya hidup sehat juga memiliki efek positif seperti:

  1. Mengontrol tekanan darah tetap di batas normal.
  2. Menunda perkembangan atau mencegah hipertensi lebih parah lagi.
  3. Menurunkan risiko komplikasi hipertensi. Misalnya saja seperti penyakit jantung, serangan jantung, penyakit ginjal, dan stroke.
  4. Meningkatkan efektivitas obat tekanan darah yang diresepkan dokter.

Studi acak terkontrol yang dilakukan oleh para peneliti di Departmen of Medicine di New Delhi menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 mampu membantu menurunkan tekanan darah tingi hingga mencegahnya.

Sementara itu beberapa penelitian sudah banyak yang menunjukkan jika asam lemak omega-3 paling banyak ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi ikan bisa menjadi obat sekaligus pencegah tekanan darah tinggi.

Ikan dengan Kandungan Omega-3 Tertinggi

Nah, untuk Anda yang memilih alternatif ini untuk obat hipertensi alami, maka pilihlah ikan yang mengandung omega-3 tinggi. Di Indonesia sendiri dikenal cukup banyak ikan dengan kandungan omega-3 tertinggi. Artinya ini bisa menjadi alternatif lain untuk obat darah tinggi.

Sebelumnya sudah dikatakan jika ikan termasuk sumber omega-3 terbaik. Kandungan omega-3 ini sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Omega-3 sebenarnya merupakan lemak tak jenuh ganda yang memiliki peran penting terhadap kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, anti-inflamasi, dan kaya akan vitamin.

Di Indonesia sendiri dikenal ada beberapa jenis ikan yang tinggi kandungan omega-3 di dalamnya. Artinya ikan tersebut masuk dalam kategori jenis ikan yang baik untuk penderita darah tinggi. Dalam hal ini ikan salmon menjadi daftar ikan teratas yang memiliki kandungan omega-3 tinggi.

Sementara itu, selain ikan salmon, ikan tuna juga dikenal memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Uniknya ikan teri yang harganya murah-meriah itu ternyata juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, ikan tenggiri, kembung, halibut, dan sarden juga dikenal memiliki kandungan omega-3 tertinggi.

Alternatif Lain Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Orang dengan hipertensi seringkali menyepelekan cara yang satu ini. Bahkan banyak yang menganggapnya tidak penting. Padahal stres bisa menyebabkan hipertensi. Padahal stres bisa membuat Anda melakukan berbagai kebiasaan buruk yang pada akhirnya dapat menaikkan tekanan darah.

Oleh sebab itu, penting untuk mengelola stres sebaik mungkin. Mengelola stres bisa dikatakan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa melakukan kegiatan yang bisa menenangkan pikiran Anda. Misalnya saja seperti membuat aquascape.

Memelihara ikan hias di aquascape terbukti mampu menghilangkan stres secara cepat. Hobi seperti ini pun kini mulai banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Situasi pandemi COVID-19 mungkin menjadi salah satu pemicunya.

Masalahnya masih banyak yang belum begitu mengerti tentang seni pembuatan aquascape. Sehinga banyak yang bingung bagaimana memulainya. Nah, untuk Anda yang kebetulan tengah berada dalam situasi ini, jangan khawatir. Coba lihat berbagai seni pembuatan aquascape yang ada di Aqua World.

https://000z.me/ Tidak bisa dipungkiri jika darah tinggi atau hipertensi termasuk gangguan kesehatan yang sangat serius. Oleh sebab itu tidak ada jalan lain yang bisa Anda pilih selain mencegah atau mengontrolnya. Yang salah satunya bisa dengan cara rutin mengonsumsi ikan yang baik untuk penderita darah tinggi.