GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Keutamaan Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang amat mulia. Ibadah yang merupakan bagian dari rukun Islam tersebut adalah ibadah yang wajib terutama bagi mreka yang mampu untuk menunaikannya.

Hal ini dikarenakan ada beberapa keutamaan ibadah haji yang disebutkan dalam Alquran dan hadist. Berikut diantaranya :

1. Menjadi Tamu Allah

Bagi orang yang menjalankan ibadah haji, maka Allah akan menganggap mereka adalah sebagai tamunya. Sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadist Ibnu Majah no 2893 yang isinya tentang orang berperang di jalan Allah, Umrah dan Haji merupakan tamu Allah, ketika Allah memanggil mereka dan merekapun memenuhi panggilan-Nya. Karena itu mereka ketika meminta sesuatu pada Allah pasti akan Allah mengabulkan permintaan mereka.

2. Mendapatkan pahala seperti jihad

Setiap tahunnya banyak orang muslim yang berkesempatan untuk menjalankan ibadah haji dan merekapun mendapatkan pahala setara dengan orang yang sedang berjihad. Hal ini dikarenakan ibadah haji adalah jihad terbaik menurut Allah.

Seperti yang dikatakan Aisyah menurut satu riwayat hadist, Rasululloh bersabda “ wahai Rasululloh kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdol. Lalu apakah berarti kami harus berjihad? Tidak. ‘ Jihad yang paling utama adlah haji mabrur’ jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ( HR Bukhari no 1520).

Jadi bagi kita yang merasa banyak melakukan dosa baik yang disengaja maupun tidak, saat melaksanakan ibadah haji maka Allah tetap menganggap sebagai tamuNya. Dan jika kita berdoa maka Allah akan mengabulkannya dan mengganti biaya ibadah haji dengan yang lebih.

3. Mendapatkan balasan surga

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan HR Muslim Abu Hurairah menjelaskan : “ Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya kecuali haji mabrur ( HR Bukhari no.1773 dan Muslim no.1349).

Jadi apabila seseorang menunaikan ibadah haji, dan hajinya menjadi haji yang mabrur maka allah akan memasukkannya ia kedalam surgaNya.

4. Allah berjanji akan menghapuskan dosanya

Barangsiapa yang menjalankan ibadah haji karena ikhlas dan hanya mengharap ridhoNya maka Allah akan menghapuskan dosa-dosa yang telah berlalu.

Seperti yang disampaikan Abu hurairah dalam satu riwayat hadist, Rasullulloh bersabda :

“ Siapa yang berhaji ke ka’bah lalu tidak berjata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang kenegerinya sebgaimana ketika ia dilahirkan oleh ibunya ( HR Bukhari no. 1521).

5. Menghilangkan kemiskinan

Salah satu keutamaan haji yang lain yaitu bisa menggugurkan kefakiran atau kemiskinan. Sehingga bagi orang muslim yang sudah menunaikan ibadah haji maka akan dijanjikan oleh Allah mendapatkan rejeki dan kehidupan yang jauh lebih baik.

Banyak orang berfikir menganggap bahwa melakukan haji membutuhkan biaya yang besar sehingga mereka harus menyiapkan jauh-jauh hari.

Akan tetapi dibalik semuanya , Allah sudah menyiapkan pahala yang besar dan mengganti semua yang sudah dikeluarkannya dengan berkali-kali lipat. Hal ini tertera dalam QS Al Hajj ayat 27 dan 28.

6. Sebagai momentum untuk bermuhasabah

Dengan menuanaikan ibadah haji ini bisa sekaligus untuk melakukan muhasabah atau evaluasi diri dan keluarga terhadap perjalanan hidup yang sudah dilaluinya.

Evaluasi terhadap peran yang sudah dijalankannya baik sebagai suami, istri, anak, akryawan, guru, orang tau, dan lainnya apakah sudah sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah apa belum. Jika belum maka segera perbaiki diri agar kita bisa mendapatkan ridha allah.

7. Sebgai momentum untuk napak tilas

Ibadah haji bisa menjadi momentum untuk napak tilas perjuangan serta pengorbnan yang telah dilakukan para nabi. Khususnya untuk nabi Ibrahim dan anaknya yang bernama Nabi Ismail.

Jadi saat kita melakukan serangkaian ibadah haji tidak hanya menjalankan rukun dan syaratnya saja , melainkan juga mempelajari sejarah yang di balik ibadah tersebut.

Contohnya saat kita melakukan lempar jumrah, mkaa ini merupakan bentuk dari perlawanan kita sebagai manusia terhadap ajakan setan yang mengajak kita untuk bermaksiat serta menggambarkan perlawanan setiap diri terhadap syahwatnya.

Hal yang sama juga bagi penyembelihan kurban saat sedang berhaji. Dengan menyembelih kurban maka kita menjadi tahu pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan nabi Ismail yang sangat taat kepada Allah.

8. Dengan melakukan ibadah haji maka doa-doa menjadi terkabul

Dengan mekakukan perintah Allah tertama dalam menjalankan haji, allah telah menjanjikan akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh kita. Maka sebelum berangkat dan ketika berhaji panjatkanlah doa diwaktu yang tepat.

 

9. Memperoleh ketenangan hati

Dengan memanjatkan doa selama menjalankan ibadah haji maka akan membuat hati menjadi lebih tenang serta kehidupanpun menjadi lebih tenteram. Keutamaan ini memberikan kita kekayaan hati untuk jauh lebih sabar dan meningkatkan iman dalam diri.

Dengan hati yang tenang maka kualitas hidup juga meningkat terutama dalam hal memperbaiki ibadah dan perilakunya.

Dari beberapa penjelasan mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji diatas maka sangat luar biasa pahala yang kita dapatkan serta kebaikan yang Allah janjikan.

Semoga kita menjadi orang yang beruntung untuk mendapatkan kesempatan dalam menjalankan ibadah haji. Atau jika kamu sudah mampu segera daftarkan diri ke Travel Haji Plus terpercaya.