GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips Membuat Rumah Nyaman dan Sejuk

Ini semua adalah tips membuat rumah nyaman dan sejuk yang bisa Anda terapkan langsung untuk mendinginkan ruangan Anda.

Cara membuat rumah nyaman dan sejuk atau cara mendinginkan kamar tidur selama hari-hari musim panas yang terik di musim kemarau yang panas, dengan suhu tinggi mungkin hingga 38-39 derajat C akan menjadi cara yang bagus untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan. Cara-cara untuk mendinginkan rumah Anda dalam artikel ini dapat membantu Anda mengurangi sebagian ketidaknyamanan akibat teriknya musim panas.

Di jakarta tahun lalu pernah mengalami hari-hari panas di musim kemarau, dengan suhu tertinggi hingga 38-39 derajat Celcius, namun menyalakan AC sepanjang hari dapat menyebabkan tagihan listrik Anda. Lantas bagaimana tips membuat rumah nyaman dan sejuk tanpa menyalakan AC?

Langkah-langkah sederhana dikutip dari berikut dapat membantu Anda bertahan di musim panas yang terik seperti sekarang ini.

1. Selalu tarik tirai

Pixabay.com

Menurut sebuah penelitian ilmiah, 30% panas yang tidak diinginkan berasal dari jendela. Oleh karena itu, cara paling sederhana adalah selalu menarik gorden dan sebaiknya juga memilih jenis gorden dengan warna gelap untuk menghindari radiasi panas yang bisa masuk ke dalam ruangan. Dengan ukuran sederhana ini, Anda dapat mengurangi tagihan listrik hingga 7% dan menjaga suhu ruangan tetap rendah. Berikan perhatian khusus pada jendela kaca yang memiliki arah barat dan selatan.

2. Tidak baik sering menutup pintu

Pastikan untuk memanfaatkan udara sejuk alami di malam hari untuk membantu sirkulasi udara di kamar Anda. Jadi tidak selalu baik menutup pintu, pastikan udara bisa bersirkulasi dengan cara membuka pintu yang saling berhadapan. Ini tidak hanya membantu mendapatkan angin sejuk secara alami, tetapi juga membantu udara di dalam ruangan mendapatkan lebih banyak oksigen dan mengurangi rasa panas.

3. Menggunakan kipas angin

Anda tidak perlu menyalakan AC untuk mengeluarkan udara dingin di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan trik sederhana dengan bantuan es dan kipas angin. Tempatkan es di mangkuk dan letakkan di depan kipas angin.

Hawa dingin yang menguap kemudian dihembuskan ke sekeliling ruangan dengan kipas angin untuk membantu mengurangi panas dengan baik. Jika kamu repot mengutak-atik, kamu juga bisa membuat ice blower sendiri dengan menggunakan foam box.

4. Ganti kasur dan sprei

Musim panas tiba saat Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada bantal. Namun, jika tetap ingin berbaring di atas bantal empuk, sangat penting untuk memilih bahan yang tepat. Dari semua jenis, bantalan pegas paling cocok untuk penggunaan musim panas, diikuti dengan bantalan yang terbuat dari serat alami yang ditekan agar lebih tinggi dari kapas dan spons, karet yang ditekan.

Perhatikan bahwa mengganti seprai Anda secara teratur juga akan membantu Anda merasa lebih nyaman dalam cuaca panas. Karena jika dibiarkan dalam waktu lama akan menyulitkan sirkulasi udara.

5. Sesuaikan kipas langit-langit untuk berputar berlawanan arah jarum jam

Di musim panas, pasang kipas angin plafon untuk berputar berlawanan arah jarum jam, menciptakan angin sepoi-sepoi, sambil berdiri di bawah kipas angin Anda akan merasakan angin dingin langsung ke bawah tubuh, udara dingin terkonsentrasi ke seluruh ruangan .

6. Dinginkan tubuh alih-alih ruangan

Alih-alih fokus pada mendinginkan ruangan, kita bisa fokus mendinginkan tubuh kita. Beberapa tindakan sederhana adalah dengan mengenakan pakaian dingin, menggunakan waslap dingin untuk menutupi area tubuh yang panas seperti leher, di dalam siku, dan minum minuman dingin dingin.

7. Nyalakan kipas angin dapur dan kamar mandi

Ini penting karena membantu membuang udara panas dari memasak atau setelah Anda mandi di luar rumah.

8. Tanam lebih banyak pohon

Menaruh lebih banyak pot hijau di dalam ruangan, atau mendesain tanaman merambat di balkon akan sangat berpengaruh pada penurunan suhu dalam ruangan. Pohon juga berfungsi mencegah debu dan menyaring udara, membantu Anda merasa lebih nyaman di hari yang panas.

9. Ganti lampu pijar dengan lampu kompak

Bola lampu pijar juga mengeluarkan panas yang sangat besar, yang sama sekali tidak berguna. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengganti lampu pijar tersebut dengan lampu fluorescent conpact. Tidak hanya membantu menurunkan suhu dalam ruangan, tetapi juga membantu menurunkan tagihan listrik Anda setiap bulan.

10. Tindakan jangka panjang

Jika Anda ingin memperbaiki situasi jangka panjang, Anda harus mempertimbangkan sejumlah tindakan seperti menggunakan film isolasi pada jendela, menambahkan lapisan isolasi di bawah atap besi bergelombang, cat isolasi dan banyak tindakan yang Anda miliki dapat berkonsultasi dengan arsitek atau mencari triknya di internet.

11. Batasi penggunaan banyak peralatan listrik

Bukan hanya soal menghemat listrik tetapi juga karena panas yang dipancarkan dari peralatan listrik, peralatan rumah tangga selama beroperasi akan menambah beberapa derajat Celcius ke rumah Anda.

12. Tempatkan pot air di dalam ruangan

Trik lain untuk menurunkan suhu ruangan adalah dengan meletakkan sepanci air di dalam ruangan. Pada suhu tinggi, air yang diuapkan mengurangi suhu secara signifikan, membuat kamar tidur lebih sejuk.

13. Pilih gorden berinsulasi

Pixabay.com

Selain menggunakan kipas angin, sebaiknya juga menggunakan furnitur tahan panas seperti gorden berinsulasi.

Gorden isolasi warna netral dengan penutup belakang plastik putih dapat mengurangi panas hingga 33%. Anda bisa memilih gorden atau kerai berbahan tabir surya dengan desain modern untuk membantu mendinginkan ruang rumah.

Untuk contoh desain rumah yang nyaman dan sejuk bisa kamu temukan di website desain rumah bernama stellamariscollege.org.