GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Obat Herbal Gusi Bengkak agar Cepat Kempis

Infeksi dan bengkak pada mulut, gigi, dan gusi pasti membuat semua orang merasa terganggu karena untuk berbicara saja rasanya sakit. Bengkak itu sendiri terjadi karena adanya infeksi pada jaringan gusi, bisa karena luka akibat terlalu keras menggosok gigi. Jika ingin segera sembuh, obat herbal gusi bengkak biasanya dikonsumsi oleh sebagian orang sebagai langkah pertolongan pertama.

Gejala-gejala yang timbul antara lain bau napas tidak sedap, terasa kurang nyaman, bahkan muncul nanah di bawah gusi/gigi. Penampakan gusi yang sedang bermasalah juga lebih besar dan menonjol hingga menutupi sebagian gigi. Penyebab lainnya yaitu tumpukan plak, peradangan, kebiasaan merokok, kehamilan, atau kurang vitamin C.

Cara Menggunakan Obat Herbal Gusi Bengkak

Jika Anda selalu menjaga kebersihan gusi dan gigi dengan cara menggosok gigi yang benar, seharusnya tidak timbul masalah gusi bengkak. Gusi bengkak sendiri sebenarnya termasuk ke dalam gangguan atau masalah ringan, tetapi juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk perawatan gusi bengkak.

  1. Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang hampir selalu digunakan dan ternyata bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak. Garam berfungsi sebagai obat herbal gusi bengkak yang dapat mengurangi infeksi dan peradangan dengan membunuh bakteri jahat dalam mulut. Caranya yaitu campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai obat kumur.

  1. Kunyit

 

Senyawa kurkumin yang ada pada kunyit berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi dan peradangan pada gusi. Caranya adalah dengan mencampurkan parutan kunyit setengah ruas, baking soda, dan minyak kelapa hingga membentuk krim. Krim ini bisa digunakan sebagai pasta gigi atau dimasukkan ke dalam kain kasa, lalu ditempelkan pada gusi yang bengkak selama beberapa menit.

  1. Es Batu

Es batu ternyata juga cukup ampuh digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum mengkonsumsi obat herbal gusi bengkak. Suhu dingin akan merangsang pembuluh darah menyempit dan aliran darah ke gusi yang bermasalah menjadi lebih lambat. Hal ini dapat meringankan rasa nyeri akibat radang dan bengkak. Anda hanya perlu menggunakan es batu sebagai kompres dengan bantuan kain/waslap.

Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat medis jika gejala gusi bengkak sudah cukup parah. Berikut ini beberapa obat medis yang disarankan untuk mengatasi gusi bengkak.

  • Hidrogen peroksida: antiseptik cair yang membantu melawan bakteri penyebab infeksi atau gusi bengkak, seriawan, dan masalah gusi/gigi lainnya
  • Paracetamol: obat pereda nyeri atau rasa sakit akibat gusi bengkak, obat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek.
  • Ibuprofen: obat pereda nyeri dan demam yang sering dialami oleh penderita gusi bengkak, tetapi perlu resep dokter untuk mendapatkannya.
  • Chlorhexidine: obat antiseptik untuk mencegah peradangan atau gusi bengkak akibat pertumbuhan bakteri.

Mencegah Gusi Bengkak dan Penyakit Mulut

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, bukan? Nah, untuk mencegah timbulnya masalah atau gangguan pada bagian mulut, gigi dan gusi, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Gosok Gigi dengan Benar dan Teratur

Cara menyikat gigi yang salah juga bisa menyebabkan gangguan pada gusi, gigi, dan mulut. Selain dilakukan secara teratur minimal 2 kali sehari, menggosok gigi juga perlu melakukan dengan cara yang benar. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena bisa merusak jaringan pada gusi. Lalukan pelan-pelan dengan gerakan memutar. Selain itu, pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut dan halus.

  • Pilih-pilih Makanan dan Minuman

Agar Anda tidak perlu minum obat herbal gusi bengkak, jangan lupa konsumsi makanan bergizi yang mengandung kalsium dan vitamin C. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang banyak. Hindari juga makanan yang terlalu panas/dingin, makanan manis (permen, cokelat), makanan asam (jeruk, nanas), dan rokok/produk tembakau lainnya.

  • Lakukan Relaksasi

Untuk mencegah gusi bengkak atau penyakit mulut lainnya, sebaiknya Anda melakukan relaksasi. Pikiran yang terlalu stres dan jenuh bisa membuat kondisi peradangan semakin meningkat dan risikonya bisa lebih parah.

Itulah beberapa obat herbal gusi bengkak yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah pada gusi dan bagian mulut. Untuk mendapatkan obat herbal berkualitas, Anda juga bisa membelinya di grosir herbal. Gangguan gusi bengkak sangat tidak mengenakkan dan bisa juga berpengaruh pada bagian mulut lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi selama 6 bulan sekali.