GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Penyebab Pipi Bayi Besar Sebelah

Setiap orang, punya ukuran tubuh berbeda beda, baik di sisi kanan maupun kiri. Seperti misalnya ukuran pipi kanan dan kiri, yang memang agak berbeda, meski tak terlalu mencolok.

Begitu juga pada bayi. Bayi yang baru lahir bisa saja tubuhnya belum sempurna lantaran masih dalam tahap berkembang. Pipi kanan dan pipi kiri bayi, bisa juga ada perbedaan.

Penyebab pipi bayi lebih besar sebelah

Secara medis, ada beberapa hal penyebab pipi bayi besar sebelah dari pipi lainya.

Adapun beberapa penyebabnya yakni, parotitis/gondongan, gangguan pada saraf wajah, reaksi alergi, asbes pada area gigi atau jaringan sekitar pipi.

Bagaimana cara atasi pipi bayi besar sebelah?

Pipi bayi, seperti pada umumnya pipi manusia terdiri atas otot otot yang bantu ketika buka mulut atau mengunyah makanan.

Mengunyah makanan, memang bisa jadi merupakan salah satu penyebab pipi tambah besar di salah satu sisi, meski tak beda jauh dengan pipi lainya.

Kalau otot digunakan terus terusan selama bertahun tahun dengan satu sisi saja, ini bisa sebabkan otot pipi kelihatan lebih besar ketimbang otot pipi yang tak digunakan.

Untuk mengatasinya, anda bisa coba ajari bayi dan anak anda mengunyah atau latih sisi rahang atau pipi yang nampak lebih kecil.

Namun, kalau besarnya pipi bayi di sebelah kiri dan kanan beda agak jauh dan dirasa nyeri, mati rasa atau nampak lumpuh di bagian pipi sebelah, maka segera berkonsultasi kepada dokter spesialis anak agar segera ditangani.

Penangananya pun tak sembarangan sebab dokter perlu informasi lebih lengkap, periksa fisik langsung untuk ketahui penyebabnya. Sebab dokter hanya akan memberikan obat atau resep sesuai dengan kondisi anak anda.

Nah itulah informasi tentang pipi bayi besar sebelah. Jika anak anda alami kondisi ini, jangan kuatir, karena ini bukan hal berbahaya. Namun jika disertai berbagai gejala lain seperti alergi, reaksi alergi, dan gejala medis lainya, segera bawa ke dokter spesialis anak agar si kecil segera dapat penanganan. Semoga bermanfaat