GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Diminati Banyak Orang, Yuk Intip 3 Tanaman Jade Untuk Hiasi Rumah Anda

Crassulaceae merupakan salah satu tanaman sukulen yang memiliki bunga kecil berwarna merah muda atau putih berasal dari provinsi KwaZulu-Natal, Tanjung Timur di Afrika Selatan dan Mozambik. Dikenal sebagai tanaman giok, tumbuhan satu ini kembali populer seiring semakin naiknya pamor dari kaktus dan sukulen. Untuk itu berikut akan diulas berbagai jenis tanaman jade yang cocok untuk menghiasi rumah anda.

Berbagai Jenis Tanaman Crassula Ovate

Pixabay.com
  1. Crassula Arborescens

Crassula Arborescens dikenal juga dengan tanaman giok perak atau dolar perak, yang merupakan spesies sukulen dalam keluarga Crassulaceae. Tanaman ini memiliki berbagai jenisnya, yaitu pertama Silver Dollar (Blue Budda Bush) yang memiliki ciri khas terletak pada daun berwarna biru keperakan. Pada bagian tepi daunnya memiliki warna merah anggur. Bunganya akan mekar selama musim dingin dengan warna putih hingga merah muda.

Tinggi yang dimiliki oleh tanaman satu ini tidak lebih dari 60 sentimeter, namun pertumbuhannya tersebut akan melambat jika ditanam di dalam pot. Jenis Silver Dollar ini dibudidayakan sebagai tanaman hias yang digunakan untuk mempercantik tampilan rumah. Selain cocok menghiasi area luar rumah, tanaman jade ini juga bisa tumbuh di dalam ruangan hunian anda.

Kemudian jenis Blue Bird Variegata yang ditemukan pertama kali oleh Dr. B.K Boom dari Dutch Jurnal Succulenta tahun 1963. Mereka menjelaskan bahwa tanaman ini memiliki bentuk mirip dengan Silver Dollar Jade. Hanya saja untuk warna daunnya memiliki warna yang dominan yaitu hijau kebiruan dengan tepi daun yang berwarna merah. Untuk ketinggiannya sendiri bisa mencapai 50 sentimeter.

Jenis yang terakhir dari Crassula Arborescens yaitu Undulatifolia. Tanaman satu ini populer dengan nama Ripple Jade Plant, yang banyak disukai untuk melengkapi desain interior dengan peran sebagai tanaman hias indoor mirip bonsai. Berbeda dengan dua jenis Crassula Arborescens sebelumnya yang berjenis semak, Ripple Jade Plant ini memiliki batang yang kuat, bercabang dan memiliki daun berwarna hijau tebal menyerupai lilin.

  1. Crassula Ovata

Tanaman jade jenis Crassula ovata ini merupakan tumbuhan paling umum yang sering dijumpai di pasaran. Tanaman satu ini disukai banyak orang, lantaran ia kuat terhadap cuaca sehingga membutuhkan sedikit air, mudah beradaptasi dan bertahan di berbagai kondisi ruangan, dan paling cepat berkembang serta rendahnya tingkat perawatan yang dibutuhkan. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 2 meter dengan daunnya yang rimbun dan batang kayu yang besar.

Jade Plant satu ini juga beraneka macamnya, yaitu pertama Botany Bay yang termasuk pendatang baru karena baru diperkenalkan pada tahun 2011. Jika dilihat secara postur tubuhnya, ia memiliki daun yang lebat dan mudah dibentuk. Ketika berada di dalam kondisi pencahayaan yang rendah, daunnya akan mengalami perubahan warna jadi kemerahan di musim dingin. Sedangkan untuk ketinggiannya sendiri bisa mencapai hingga satu meter.

Kedua, Harbour Lights yang lebih muda daripada sebelumnya, karena diperkenalkan pada tahun 2014 oleh Glenfield Wholesale Nursery. Jika dibandingkan dengan jenis Crassula Ovata lainnya, tanaman jade ini memiliki daun yang lebih kecil dan berwarna merah. Di saat musim dingin, warna merah tersebut akan semakin menyala. Begitu musimnya berganti ke musim gugur, warna merah tersebut menjadi lebih muda daripada sebelumnya.

Jenis yang ketiga hampir mirip dengan Crassula Ovata Gollum yang memiliki bentuk terompet dan rimbun. Tanaman ini tumbuh melambat sehingga kerap dijadikan sebagai tanaman hias seperti bonsai, yang bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi suhu. Anda bisa meletakkannya di bawah sinar matahari langsung atau di tempat yang lebih teduh. Hanya warnanya saja yang mengalami perubahan, karena warna hijau akan mendominasi jika di tempat teduh/

Keempat, Hummels Sunset yang dipopulerkan oleh Royal Horticultural Society pada tahun 1993. Tanaman ini juga pernah mendapatkan penghargaan Golden Merit, karena keindahan daunnya yang memiliki corak berwarna kuning keemasan dengan rona merah. Salah satu Jade Plant ini, memiliki batang yang besar dan sangat ideal jika dibentuk menjadi bonsai, karena tingginya sendiri bisa mencapai 90 sentimeter.

Pada tahun 2015, Jan Morgan memperkenalkan jenis tanaman jade Crassula Ovata yang kelima, yaitu Little Jade Tree. Tanaman satu ini sangat mirip dengan Crassula Ovata Hummels Golden Jade, hanya saja perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih pendek yaitu berkisar 40 sentimeter sementara Hummels Golden Jade memiliki tinggi hingga 90 sentimeter. Namun tanaman ini tetap bisa menjadi pilihan anda untuk menghiasi hunian pribadi.

Yang terakhir yaitu Minima, saat musim dingin tanaman satu ini akan berbunga dengan warna merah muda yang bisa bertahan hidup di lokasi yang gersang sekalipun. Jika berada dalam keadaan full sun atau terkena sinar matahari langsung, maka warna merah mudanya tersebut akan terlihat sangat mendominasi. Bahkan saat keadaan suhu yang ekstrim, untuk warna hijaunya bisa hilang berganti menjadi kuning pudar.

  1. Portulacaria Afra dan Crassula Argentea

Pixabay.com

Portulacaria Afra dikenal juga sebagai semak gajah dan tanaman giok kerdil. Tanaman satu ini jenis sukulen yang memiliki daun kecil berasal dari Afrika Selatan. Dengan kondisi daunnya yang seperti itu membuat tanaman satu ini harus dilakukan penyiraman lebih sering. Jade Plant satu ini memiliki dua jenis, yaitu Aurea dan Large Leaf. Selain digunakan sebagai tanaman hias, rupanya Portulacaria Afra di Afrika Selatan ternyata sering menjadi salah satu menu makanan.

Crassula Argentea juga terdiri dari dua macam, yaitu Gollum dan Gollum Variegata. Banyak orang yang lebih mengenalnya dengan sebutan Lady Fingers, dikarenakan bentuknya yang menyerupai jari wanita dengan daunnya yang mengkilap dan ujungnya berwarna merah. Gollum Variegata memiliki daun yang berwarna kekuningan karena kelainannya. Apabila tanaman jade ini tidak terkena cahaya matahari, biasanya daunnya berubah jadi kemerahan.

Bagi anda yang memiliki hobi mengoleksi tanaman hias, maka beberapa Jade Plant diatas bisa menjadi salah satu pilihan untuk lengkapi koleksi tanaman hias anda di rumah. Selain untuk mempercantik penampilan hunian anda, tanaman hias satu ini juga bisa menjadikan rumah anda tampak lebih asri. Tak hanya itu saja, perawatannya serta penanamannya sendiri pun sangatlah mudah.

Sumber : fokusjabar.id