GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

4 Hal Penting Cara Menanam Lemon Agar Tumbuh Baik Di Dalam Ruangan

Tanaman lemon merupakan salah satu tanaman budidaya yang sangat diminati sebagai tanaman pot yang di pajang di dalam rumah. Banyak orang mencari cara menanam lemon sebagai hiasan rumah. Namun, perawatannya sedikit berbeda dengan tanaman lemon pada umumnya. Hal ini dikarenakan tingkat pencahayaaan, temperatur dan kondisi media tanam berbeda. Meskipun demikian, Anda bisa memetik hasil buah dari tanaman Anda. Tentunya, perawatan yang baik membuatnya semakin subur dan berbuah lebat.

Cara Menanam Lemon di Dalam Ruangan dengan Benar

Anda tidak perlu ragu untuk menanam leom di dalam rumah. Hal ini dikarenakan pemilihan bibit yang sehat dan pengaturan pencahayaan sebagai salah satu bagian penting fotosintesis tanaman perlu Anda perhatikan. Maka dari itu, beberapa tahapan menanam lemon berikut bisa Anda lakukan.

  1. Bibit Pohon Berkualitas

Anda bisa mendaptkan jenis lemon meyer di berbagai toko tanaman terdekat. Pilihan jenis ini dikarenakan mampu ditempatkan di dalam ruangan dan tumbuh sangat baik. Anda tetap dapat merasakan asamnya buah lemon dari jenis tanaman ini. daging buahnya cenderung merah muda dan sangat cocok bagi Anda yang ingin menanam tanaman ini di dalam rumah.

 

Apabila Anda ingin mendapatkan bibit terbaik maka memilih usia tanaman 2 hingg 3 tahun sangat dianjurkan. Anda bisa memanfaatkan biji namun perlu Anda tahu untuk menghasilkan bunga maupun buah membutuhkan waktu lama. Maka dari itu, tidak dianjurkan.

 

  1. Memilih Pot Sebagai Tempat Tanam

Pemilihan pot juga dinilai sangat penting untuk membuat tanaman lemon tumbuh subur. Ukuran pot yang tepat untuk Anda gunakan ialah 40 hingga 60 liter. Pot yang dianjurkan untuk Anda pilih yaitu pot yang memiliki jumlah lubang 1 hingga 2 lubang. Manfaat lubang dapat membuat drainase air semakin baik sehingga tanaman bisa tumbuh dengan sehat. Penggunaan pot dengan ukuran di atas memungkinkan tanaman lemon tumbuh dengan ketinggian mencapau 2,5 meter.

 

  1. Memilih Media Tanam

Anda bisa mencari kebutuhan ini di toko tanaman terdekat. Kondisi pH dengan kandungan sama dalam jumlah sedikit adalah pilihan yang tepat. Anda bisa melakukan kombinasi dengan pasir untuk membuat drainase pada tanaman semakin lancar. Media tanam dengan tanah lebih sedikit dengan kuantitas lumut gambut lebih banyak menjadi semakin efektif. Apabila memiliki kandungan kompos.

 

  1. Pilihan Komposisi Bahan Untuk Tanaman Lemon

Anda bisa memanfaatkan piring plastik, kain mulsa dan kerikil ke dalam pot. penggunaan piring plastik dengan penambahan sedikit air dan batuan krikil dapat menjaga tingkat kelembapan pohon. Penggunaan kain mulsa dapat membuat tanah tidak keluar dari pot saat penyiraman rutin. Anda dapat memasukkan pecahan genting maupun batuan krikil untuk menjaga tanaman tidak mengalami busuk akar.

 

Cara menanam lemon di dalam ruangan di atas dapat dilakukan dengan melakukan pengisian media tanam hingga pertengahan pot. Anda bisa melakukan pemadatan tanah agar dasarnya semakin kuat. Jangan lupa melakukan penyiraman secara berkala.