GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

5 Cara Belajar Efektif di Rumah Selama Masa Pandemi Corona

Menjadikan rumah sebagai tempat belajar belakangan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di sekolah. Rumah yang dulu difungsikan sebagai tempat beristirahat, kini mulai kehilangan fungsinya. Pasti keadaan yang menjemukan ini dirasakan oleh banyak anak. Mau tidak mau orang tua harus memutar otak untuk mencari cara belajar efektif di rumah.

Rasa bosan yang dialami anak-anak selama masa pandemi ini tentu akan mempengaruhi kualitas kemampuan belajar anak. Menciptakan suasana yang kondusif selama di rumah sepertinya perlu diterapkan agar anak lebih meningkatkan kemampuan kognitif otak kanan dan kirinya serta membangun sikap mandiri.

Cara Belajar Efektif  Selama School From Home

  1. Ciptakan Ruang Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif di rumah adalah dengan cara memilih dan mengatur ruang belajar dengan nyaman. Di sini, orang tua bisa bekerja sama dengan anak untuk menciptakan ruangan yang nyaman untuk belajar.

Karena tidak dipungkiri, ruangan yang kotor dan padat akan memecah konsentrasi anak. Perhatikan juga ventilasi udara dan sinar matahari yang masuk ke dalam ruang belajar anak. Karena

  1. Atur Jadwal Belajar

Salah satu kunci menerapkan pembelajaran yang efektif dari rumah ialah manajemen waktu dengan mengatur jadwal belajar. Ini adalah kesempatan anak untuk belajar manajemen waktu selama masa pandemi. Sebelumnya, orang tua harus tahu dulu batas toleransi fokus anak. Hal ini penting diketahui supaya anak tetap merasa belajar di rumah itu menyenangkan.

  1. Gunakan Teknik Pomodoro

Salah satu teknik untuk membuat anak belajar secara efektif dan menyenangkan adalah dengan menggunakan teknik pomodoro. Apa itu pomodoro? Pomodoro ialah teknik manajemen waktu yang diciptakan oleh Francesco Cirillo. Teknik ini membagi jendela belajar anak ke dalam beberapa interval waktu 25 menit belajar dengan selingan waktu 5 menit untuk istirahat.

  1. Jauhkan Distraksi

Penerapan teknik pomodoro tidak akan efektif jika tetap ada gangguan. Maka dari itu hindarkan hal-hal berbau distraksi supaya anak bisa fokus dengan pelajarannya. Matikan tv, jauhkan gawai dan mainan anak dari area belajar. Konsistensi untuk menjauhkan distraksi juga harus dilakukan oleh orang tua selama anak belajar.

  1. Simulasi Belajar dan Ujian

Setelah melakukan hal-hal di atas, saatnya Anda melakukan simulasi belajar dan ujian bersama anak. Ini penting untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anak selama menerapkan school from home dengan cara belajar efektif di rumah. Simulasi ini bisa dilakukan dengan cara bermain peran. Anda menjadi guru kelas sementara anak-anak menjadi siswanya.