GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips dan Cara Agar Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sebaiknya rutin dilakukan. Dengan berolahraga, tubuh manusia akan dapat terjaga kebugarannya. Tentunya olahraga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Meskipun begitu, terkadang orang akan malas untuk melakukannya. Alasan cukup beragam, dari mulai rasa lelah hingga kesibukan sehari-hari menjadikan orang malas bekerja.

Jika gaya hidup tidak diiringi dengan olahraga yang rutin, kebugaran dari tubuh akan terganggu. Untuk itu disarankan agar setiap orang melakukan olahraga di antara sibuknya aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kamu harus mencari cara agar rutin berolahraga. Untuk membantu kamu dalam mewujudkannya, artikel ini akan membahas cara agar rutin berolahraga.

Beberapa cara yang bisa dilakukan agar rutin berolahraga

Agar bisa rutin berolahraga kamu harus berusaha merubah pola hidup. Perubahan pola hidup tersebut bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai membiasakan diri dengan gaya hidup yang baru. Hal tersebut harus segera kamu lakukan agar tubuhmu tetap sehat.

Jangan menunda olahraga

agar rutin berolahraga langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan pernah menunda waktu olahraga. Hal tersebut harus mulai dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, kamu tidak boleh menunda waktu dalam mengerjakan apapun jika ingin bisa disiplin. Sebagai langkah awal dalam hal ini, cobalah untuk menyisihkan waktu di pagi hari atau sore hari sekitar 15 menit untuk belajar. Apabila nanti kamu merasa waktu tersebut kurang, kamu bisa mengubahnya secara perlahan. Cobalah untuk menambah sekitar 5 menit terlebih dahulu.. Yang paling penting dari tahap ini bukanlah pada seberapa lama kamu berolahraga, melainkan seberapa disiplinkah kamu dalam melakukan aktivitas ini sehari-hari.

Mulailah dengan olahraga ringan terlebih dahulu

Jika kamu ingin agar rutin berolahraga, mulailah dari olahraga yang ringan terlebih dahulu. Pada tahap ini kamu harus berusaha agar nyaman dulu dalam berolahraga setiap hari. Kamu tidak perlu langsung memilih program olahraga yang berat karena justru akan membuat dirimu kaget dan akhirnya bermalas-malasan. Untuk itu, olahraga ringan ini bisa kamu jadikan pilihan untuk membiasakan diri setiap hari.

Cobalah untuk pemanasan terlebih dahulu

Sebelum mulai berolahraga, kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar seluruh bagian tubuhmu siap untuk menerima rangkaian olahraga kamu di hari itu. Pemanasan ini bertujuan agar kamu tidak mengalami cedera ketika berolahraga nanti. Cobalah untuk melakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit dan lakukan pemanasan dengan baik sehingga tubuh bisa nyaman ketika berolahraga. Untuk kegiatan yang bisa kamu coba, kamu bisa menyaksikan contoh video pemanasan terlebih dahulu.

Minumlah air sebelum tubuhmu dehidrasi

Olahraga tentu akan membuat tubuhmu berkeringat. Aktivitas berkeringat ini wajar terjadi ketika tubuh sudah melakukan gerakan yang membuat panas. Untuk itu, keringat akan keluar dengan tujuan agar tubuh terjaga suhunya. Berkeringat ini sangat wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun begitu, kamu harus tetap menjaga kondisi cairan dalam tubuh. Rutinlah minum air putih atau air isotonik yang mengandung elektrolit agar cairan pada tubuh bisa kembali terjaga. Kekurangan cairan pada tubuh ini bisa berdampak dehidrasi dan akan muncul rasa malas berolahraga di kemudian hari.

Tentukan terlebih dahulu target olahragamu di hari tersebut

Sebelum mulai berolahraga, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang akan kamu lakukan di hari tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi aktivitas yang berdampak kepada rasa lelah yang berlebihan. Rasa lelah yang berlebihan akan menyebabkan tubuh tidak fit ketika melakukan aktivitas lain setelah berolahraga. Selain itu, kamu juga akan merasa ragu untuk mengulangi aktivitas berolahraga jika pernah mengalami kelelahan tersebut.

Lakukan pendinginan setelah selesai berolahraga

Jika di awal olahraga kamu harus melakukan pemanasan, setelah selesai justru kamu harus melakukan pendinginan. Aktivitas ini perlu dilakukan dengan tujuan agar tubuhmu tidak merasa kaget setelah selesai berolahraga. Pada dasarnya, ketika berolahraga kamu telah membuat tubuhmu panas. Jika tidak melakukan pendinginan, tentu reaksi tubuh akan kurang baik ketika tiba-tiba berhenti dari aktivitas berat. Kegiatan pendinginan ini bisa kamu lakukan dengan beberapa gerakan yang simpel. Kamu bisa mencoba untuk melakukan beberapa gerakan relaksasi yang mencakup seluruh anggota tubuhmu tersebut. Untuk pilihan gerakan yang ingin kamu lakukan, cobalah minta arahan dari instruktur olahraga atau dengan cara melihat di Youtube. Kegiatan ini tidak melelahkan dan akan membuat tubuhmu lebih nyaman sebelum melanjutkan aktivitas harian mu.

Membeli Sepatu Khusus Olahraga

Selain itu agar rutin berolahraga, memiliki sepatu khusus olahraga juga akan membantu kita agar bisa lebih aman dan nyaman ketika berolahraga. Selain itu memiliki sepatu khusus olahraga dengan desain dan tampilan keren juga bisa membantu kita lebih senang berolahraga. Karena itu, untuk kalian yang memiliki hobi berolahraga sepak bola atau futsal untuk mendapatkan sepatu olahraga kualitas terbaik, kalian bisa membelinya di Sporti.id.

Kesimpulan

Berolahraga harus kamu lakukan dengan disiplin setiap hari. Aktivitas ini bisa kamu lakukan baik di pagi hari maupun di sore hari. Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya lakukan terlebih dahulu gerakan pemanasan agar tubuh tidak merasa kaget. Pilihlah olahraga yang ringan terlebih dahulu jika kamu masih baru mengawali kegiatan berolahraga.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai beberapa cara agar rutin berolahraga. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam berdisiplin dan melakukan kegiatan olahraga setiap hari. Pastikan kamu mengikuti seluruh arahan pada artikel ini dengan urut agar tidak terjadi kesalahan ketika nanti kamu melakukannya.