GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Apa Saja Bahaya Belerang Bagi Ibu Hamil yang Wajib Diketahui?

Belerang merupakan salah satu bahan kimia yang biasa  dijadikan sebagai obat. Terutama obat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Zat ini dapat ditemui di daerah gunung berapi atau pemandian panas. Meskipun memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun, bau belerang merupakan zat polutan di udara. Bahaya belereng bagi ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah serta kesehatan otaknya.

Apa Saja Bahaya Belerang Bagi Ibu Hamil?

Ibu hamil disarankan untuk menjauhi tempat berbau belerang. Ha ini akan bersiko tinggi pada kandungan janin serta pertumbuhannya. Meskipun pemandian panas dengan belerang dapat menyembuhkan penyakit. Bagi Anda yang sedang hamil lebih baik tidak berkunjung terlebih dahulu. Berikut beberapa bahaya belerang untuk ibu hamil:

  1. Bayi Terlahir dengan Berat Badan Rendah

Paparan belerang dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin apabila usia janin sudah menginjak trimester pertama. Apabila usia ibu hamil menginjak umur 35 tahun. Tanpa senagaja terhirup bau belerang. Maka hal tersebut dapat menimbulkan bayo terlahir dengan berat badan rendah.

 

Maka dari itu, usahakan untuk tidak bepergian ke pemandian panas maupun tempat yang mengandung belerang. Berdasarkan penelitian dari NCBI menyatakan bahwa usia ibu hamil 35 tahun beresiko tinggi terpapar belerang.

 

  1. Hipertemia

Berendam di air panas dapat meningkatkan suhu tubuh. Meskipun memiliki efek positif pada kesehatan tubuh. Namun, bagi ibu hamil berendam dalam kurun waktu lebih dari 10 menit mampu meningkatkan suhu 38,9 derajat Celcius. Peningkatan suhu tubuh ini dikenal dengan nama hipertemia.

 

Berendam air panas dapat mengakibatkan gangguan pada janin. Terutama suplai oksigen menuju tubuh janin. Selain itu, dapat mengganggu perkembangan syaraf sehingga memicu abnormalitas otak, tulang belakang dan syaraf. Terdapat beberapa penelitian menyatakan bahwa berendam di air panas dapat memicu resiko keguguran dan kondisi bayi terlahir cacat. Maka dari itu, usahakan tidak berendam di air panas dalam waktu yang lama.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Mengurangi Bahaya Belerang Bagi Ibu Hamil?

Berendam air panas saat hamil perlu diperhatikan beberapa prosedur. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya belerang. Berikut beberapa prosedur yang wajib diketahui sebelum berendam air panas bagi ibu hamil:

  1. Jangan berendam lebih dari 10 menit
  2. Apabila merasa sakit saat berendam maka segara hentikan aktivitas
  3. Apabila tidak nyaman maka sebaiknya hentikan kegiatan berendam
  4. Usahakan memilih suhu air tidak lebih dari 36,5 derajat celcius
  5. Usahakan memilih tempat duduk dengan suhu tidak tinggi

Cara di atas dapat mengurangi bahaya belerang bagi ibu hamil. Meskipun demikian, lebih baik tidak berkunjung ke temoat pemandian air panas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan tetap aman dan sehat.