GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

7 Aplikasi Editing Video di HP yang Layak Dicoba

Edit video menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Video akan diedit semenarik mungkin untuk diupload ke media sosial. Biasanya pembuatan video dilakukan dengan menggunakan software edit video yang ada di PC. Sayangnya, selain membutuhkan spesifikasi yang tinggi, pembuatan video di PC juga tergolong sulit. Kini editing video di HP dapat dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini.

Aplikasi Edit Video Terbaik di Smartphone

  1. VN Video Editor Maker

Aplikasi edit video yang pertama yaitu VN Video Editor Maker. Aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk mengedit video tanpa watermark. VN Video Editor Maker terbilang powerful dan sangat tepat digunakan untuk pemula, maupun mereka yang sudah profesional. Terdapat beragam tool untuk mendukung kegiatan editing, agar menghasilkan video yang menarik. Pengguna VN dapat bisa lebih leluasa melakukan pengaturan seperti memberikan filter pada video tersebut.

VN Video Editor Maker memiliki ukuran sekitar 93 MB. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis baik di android maupun di iPhone. Selain itu, pengguna juga bisa tetap mendapatkan dukungan secara langsung dari developer aplikasi ini yang dapat dihubungi melalui akun telegram secara resmi. Untuk perangkat android yang bisa menggunakan ini, minimal sudah menjalankan OS android 5.0.

  1. FilmoraGo

Aplikasi editing video di HP ini dikembangkan oleh developer Wondershare. FilmoraGo sangat cocok untuk pemula, lantaran aplikasi ini menyediakan fitur editing dasar. Pengguna dapat mengedit video dalam rasio tertentu untuk Youtube dan instagram. FilmoraGo tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Namun, untuk membuka beberapa fitur yang ada di aplikasi ini, pengguna harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

FilmoraGo memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 35 MB, sehingga sangat cocok digunakan untuk perangkat yang minim kapasitas penyimpanan. FilmoraGo bisa dijalankan minimal untuk android 4.2 ke atas. Aplikasi ini menyediakan lintas platform baik desktop maupun mobile. Tersedia beberapa pilihan untuk memakai berbagai aspect ratio. Lakukan updetan versi terbaru untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.

  1. KineMaster

KineMaster cukup populer di kalangan pengguna perangkat mobile. KineMaster  merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer Kinemaster Corporation. Aplikasi ini memiliki tampilan serupa aplikasi edit video profesional. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu menyediakan fitur standar hingga fitur yang mendukung editing video di HP untuk para Youtuber Gaming, seperti opsi chroma key.    Tak heran jika aplikasi ini sudah diunduh hingga 100 juta kali.

Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini baik versi gratis maupun berbayar. Tentunya untuk versi berbayar dapat menggunakan fitur yang lebih lengkap. Selain itu, adanya watermark pada video dapat dihilangkan dengan menggunakan fitur yang ada di dalamnya. KineMaster memiliki ukuran 87 MB dan perangkat yang memasang aplikasi ini, minimal sudah menggunakan OS android 5.0 ke atas.

  1. Power Director

Powerdirector merupakan aplikasi edit video yang sudah banyak digunakan oleh para Youtuber. Aplikasi ini memiliki tampilan yang semi profesional dengan user interface yang menampilkan fitur editing berkonsep timeline. Keunggulan dari pemakaian aplikasi ini, yaitu pengguna dapat memasukkan video, efek, stiker maupun timeline audio. Bagi kamu yang menjadi youtuber pemula, maka menggunakan aplikasi ini merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Tidak perlu khawatir jika kebingungan memakainya, aplikasi ini dilengkapi dengan video tutorial untuk menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya. Powerdirector bisa menghasilkan video dengan kualitas hingga 4K. Sayangnya watermark pada video hanya bisa dihilangkan dengan memasang aplikasi yang berbayar. Sebelum mengunduh aplikasi editing video di HP ini, pastikan perangkatmu memiliki ruang kosong lebih dari 59 MB.

  1. Adobe Premiere Clip

Jika aplikasi ini sebelumnya hanya bisa digunakan untuk edit video di Laptop maupun PC, maka kini Adobe Premiere Clip dapat digunakan untuk perangkat mobile. Aplikasi ini tersedia dengan ukuran sekitar 60 MB, dan dapat digunakan untuk perangkat dengan OS minimal android 4.4. Bagi kamu yang memiliki kebutuhan editing video untuk diupload di sosial media terutama instagram, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur edit yang lengkap untuk membuat video.

Selain itu, tampilannya yang lebih simple memudahkan pemula menggunakan fitur yang ada di dalamnya. Selain menyediakan fitur otomatis dari foto maupun video, pengguna juga dapat mengedit secara manual dengan menyisipkan musik maupun efek tertentu yang sudah disediakan. Namun, fitur yang sangat sederhana pada aplikasi ini kurang optimal untuk video vertikal.

  1. Quick

Quick menawarkan fitur edit video secara otomatis. Pengguna dapat menyisipkan efek, dan teks serta menyinkronkan dengan cepat. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk editing video di HP dengan durasi yang  pendek. Terdapat opsi penyimpanan video dengan 1080p maupun 720p. Pengguna juga dapat membagikan hasil video editan secara langsung ke media sosial.

Keuntungan dari penggunaan aplikasi ini yaitu, dapat diunduh secara gratis tanpa disertai dengan iklan. Quick memiliki ukuran 99 MB dan sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Perlu diketahui, jika aplikasi ini dapat digunakan untuk perangkat yang sudah menjalankan OS android 5.0 ke atas. Perangkat yang terhubung dengan GoPro dapat menggunakan aplikasi ini secara maksimal.

  1. Inshot

Inshot merupakan salah satu aplikasi untuk edit video yang memiliki ukuran yang kecil yaitu, 36 MB dengan perangkat minimal menjalankan OS android 4.3 ke atas.  Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup simple dan menyediakan fitur yang sangat mudah digunakan sehingga sangat cocok bagi pemula. Pengguna dapat mengedit video dengan memotong, menyusun maupun menyisipkan musik pada video yang dibuat.

Selain menyediakan berbagai filter, Inshot juga menawarkan berbagai macam stiker yang dapat ditambahkan saat editing video di HP. Tak heran jika aplikasi ini banyak digunakan untuk pengguna instagram, baik untuk posting feed maupun instagram story. Selain itu, Inshot sangat tepat untuk membuat video dengan background blur. Sayangnya pengaturan aplikasi ini cukup sulit untuk kondisi tertentu.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk editing video di smartphone. Sebaiknya sebelum mengunduh, kamu  harus memilih aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi dari perangkat yang digunakan. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum mengunduh aplikasi tersebut.