GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Awal MPASI? Berikut Tips Menyiapkan Makanan Pertama Bayi 6 Bulan

Saat menginjak usia 6 bulan, bayi sudah bisa mulai dikenalkan untuk mengkonsumsi makanan pendamping yang biasa disebut dengan MPASI. Pada umur tersebut dikatakan sebagai waktu yang tepat, karena pada masa tersebut bayi sudah bisa menegakkan kepala secara sempurna. Selain itu, saluran pencernaan pada si kecil juga mulai berkembang. Berikut tips menyiapkan makanan pertama bayi 6 bulan yang wajib anda tahu.

 

Tips Menyiapkan Makanan Pertama Untuk Bayi

  1. Menentukan Menu Makanan Pertama

Kebanyakan para ibu muda biasanya kebingungan menentukan menu makanan pertama untuk si kecil yang berumur 6 bulan, antara buah dahulu atau bubur. Padahal tidak ada aturan baku untuk hal tersebut. Sehingga ada yang berpendapat bahwa, jika bayi yang yang memiliki berat badan normal lebih baik diberikan buah sebagai MPASI pertamanya. Namun, jika si buah hati kurus, lebih baik memulai MPASI pertamanya dengan bubur.

  1. Tidak Memberi Penambah Rasa

Pada awal pengenalan makan ini, sebaiknya anda tidak memberikan tambahan gula, garam dan zat tambahan lainnya pada MPASI bayi yang berumur 6 bulan. Karena baru belajar makan, disarankan memberikan makanan yang berasa hambar dan bertekstur lembut. Pemberian makanan yang mengandung fruktosa akan mempengaruhi tingkat kesukaan si kecil terhadap rasa manis. Jika memberikan buah, anda bisa memilih buah yang tidak terlalu manis.

  1. Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan

Dalam menyiapkan makanan pertama bayi 6 bulan untuk buah hati, anda juga perlu mempertimbangkan nutrisi yang harus dipenuhi. Makanan yang diberikan harusnya mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein hewani, mineral, vitamin, dan zat besi. Kandungan zat gizi tersebut sangat diperlukan si kecil untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Perubahan Menu Makan

Selama memberikan makanan pendamping ASI, anda juga perlu melakukan perubahan menu makan, agar bayi tidak bosan dengan menu yang sama setiap harinya. Penggantian menu ini sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama, usahakan berubah setiap harinya. Misalnya, setelah memberikan makanan dari buah, dihari berikutnya anda bisa mengenalkannya dengan jenis umbi dan sayur.

  1. Cara Pengolahan Makanan

Makanan pertama bayi 6 bulan seharusnya diolah dengan cara direbus atau dikukus, hindari pengolahan makanan dengan digoreng. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari si kecil terkena radang tenggorokan maupun batuk. Untuk tahap awal, makanan yang padat dapat dihancurkan dan disaring kemudian dicampur dengan air matang atau asi untuk mencairkannya.

 

Terdapat beragam menu pilihan yang dapat anda jadikan pilihan sebagai makanan pertama untuk si kecil yang baru menginjak usia 6 bulan. Pada awal MPASI adalah tahap pertama anak belajar makan dan mengenal rasa makanan, jadi anda harus memberikan tekstur yang lembut dengan rasa yang alami dari bahan makanan. Usahakan tidak memberikan perasa tambahan untuk makanan pertamanya.