GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Bahaya Penggunaan Bantal Bayi Baru Lahir

Bantal bayi baru lahir dipercaya bisa mencegah kepala bayi menjadi peyang. Namun benarkah hal itu bisa terjadi? Bantal seperti apa yang cocok untuk bayi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Pemberian bantal pada bayi baru lahir sebaiknya jangan buru-buru untuk diberikan. Apalagi jika bantal tersebut digunakan agar kepala bayi mempunyai bentuk yang sempurna. Penggunaan bantal pada bayi dibawah usia satu tahun juga bisa menyebabkan resiko kematian.

Hal ini disebabkan karena pemberian bantal tersebut bisa saja menutupi mulut serta hidung bayi saat sedang tidur. Sehingga bayi akan kesulitan bernapas ini yang menyebabkan terjadinya sindrom kematian mendadak pada bayi ( SIDS ).

Bahaya Penggunaan Bantal Bayi Baru Lahir

Disamping bisa menyebabkan SIDS, pemberian bantal pada bayi juga bisa menyebabkan bahaya lain yaitu :

  • Bantal bisa mengunci posisi kepala bayi pada waktu lama, sehingga bayi bisa tertutup bantal. Bayi juga kondisinya masih lemah dan belum bisa bergerak sempurna.
  • Isi bantal juga bisa menyebabkan tersedak. Walaupun isi yang keluar sedikit, akan tetapi hal itu bisa saja masuk kedalam mulut atau hidung bayi.
  • Apabila kita menggunakan bantal berbentuk huruf U, maka bayi akan kesulitan untuk menggerakkan kepalanya ketika ia gumoh atau muntah. Sehingga bayi akan tersedak muntahannya sendiri.

Jadi sebaiknya hindari menggunakan bantal pada bayi di bawah usia satu tahun saat ia sedang tidur. Ini dikarenakan yang masih sangat kecil belum bisa menggerakkan kepalanya, sehingga jika kepalanya tertutup bantal maka ia tidak bisa menolong dirinya sendiri.

Hal Ibu Perhatikan Saat Bayi Baru Lahir TIdur

Dan saat bayi sedang tidur, selain tidak memberikan bantal kita juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Saat menidurkan bayi maka letakkan pada permukaan tempat tidur yang rata dengan posisi terlentang
  • Berikan pakaian yang nyaman dan tidak panas
  • Hindari meletakkan mainan, bantal, ataupun benda kecil lain disekitar boks bayi atau tempat tidurnya

Oleh karena itu, dengan membaca ulasan tersebut maka kita bisa menyimpulkan bahwa pemberian bantal pada bayi tidak disarankan untuk bayi dibawah usia satu tahun. Semoga tulisan ini bermanfaat.