GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Charging Baterai Hp yang Benar agar Tahan Lama

Selain karena boros pemakaiannya, low bat juga sering disebabkan kesalahan dalam melakukan charging baterai hp. Padahal, handphone mati sering kali menyulitkan, apalagi jika Anda berada dalam situasi penting yang membutuhkan alat komunikasi. Supaya terhindar dari masalah, lakukan charging dengan cara yang benar dengan mengikuti beberapa tips mudah ini.

10 Tips Charging Baterai Hp Supaya Awet

Baterai handphone adalah salah satu bagian yang sangat penting karena perangkat gadget tidak berguna sama sekali jika baterai mati. Tidak heran jika di tempat-tempat umum disediakan sarana untuk mengisi baterai. Nah, agar baterai lebih awet, lakukan cara charging yang benar berikut ini.

  1. Selalu Gunakan Charger Bawaan Asli

Saat memproduksi sebuah ponsel, pihak pembuat sudah merancang charger yang paling sesuai dengan ponsel untuk dapat mengisi hp dengan baik. Karena itu, sebaiknya hindari mengisi baterai menggunakan charger pinjaman atau yang dijual umum. Kalaupun terpaksa, periksa lebih dahulu voltase dan ampere yang tertera di kepala charger.

  1. Baterai Tidak Perlu Diisi Penuh

Karena ingin ponselnya bisa dipakai lebih lama, hampir semua orang punya kebiasaan mengisi baterainya sampai penuh 100%. Logikanya memang makin penuh isi baterai, makin awet juga. Namun, ternyata asumsi itu salah. Mengisi baterai sampai penuh justru membuat baterai lebih cepat rusak.

  1. Jangan Menunggu Sampai Benar-Benar Habis

Kesalahan yang juga sering dilakukan para pemilik smartphone adalah membiarkan gawainya mati akibat daya baterainya benar-benar habis. Hal ini juga akan membuat umur baterai cepat berkurang. Lakukan pengisian baterai ketika indikator menunjukkan angka sekitar 30% atau 40%.

  1. Matikan Handphone Ketika Baterai Sedang Diisi

Sering kali, karena kebutuhan atau terlalu addict, ponsel tetap digunakan ketika sedang dicas. Hal ini tentu saja membuat proses pengisian baterai menjadi lebih lama. Selain itu, ponsel akan jauh lebih stabil jika dimatikan saat baterainya sedang diisi.

  1. Gunakan Power Bank Hanya Saat Terpaksa

Salah satu solusi untuk mengatasi ponsel mati saat sedang berada di tempat umum adalah dengan membawa power bank. Meskipun demikian, penggunaan power bank sebaiknya dibatasi hanya saat terpaksa karena pemakaian yang terlalu sering akan mengurangi umur baterai atau drop.

  1. Hindari Proses Charging Melalui PC/Laptop

Perlu diketahui bahwa arus yang masuk lewat port USB yang ada di PC atau laptop sangat kecil, sekitar 0,5 ampere. Jadi, mengisi baterai ponsel tidak langsung ke sumber listrik akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

  1. Lepaskan Casing Hp Selama Proses Charging

Mungkin Anda pernah mengalami ponsel terasa hangat atau bahkan panas ketika baterai sedang diisi. Salah satu penyebabnya adalah karena casing hp tidak dibuka selama proses charging. Akibat pembuangan hawa panas yang terhambat, ponsel pun terasa hangat. Untuk menghindarinya, selalu lepas casing sebelum mengisi baterai.

  1. Jangan Mengisi Baterai Hp Semalaman

Meskipun sudah dianggap aman karena smartphone sekarang sudah dilengkapi pemutus arus otomatis, Anda sebaiknya tidak mengisi baterai ponsel semalaman. Ada 3 alasan mengapa hal ini penting, yaitu:

  • Proses charging yang terlalu lama menyebabkan timbulnya lithium metalik. Akibatnya, stabilitas baterai akan berkurang dan sistem akan mengalami malfungsi dan reboot.
  • Baterai akan terisi 100 persen, padahal sesuai penjelasan pada poin 2, baterai ponsel sebaiknya tidak diisi penuh.
  • Akan timbul panas berlebih dan pemborosan daya karena sudah melewati kapasitas baterai.
  1. Jangan Menyimpan Smartphone di Tempat Panas

Temperatur sangat mepengaruhi umur baterai. Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan kapasitas baterai berkuran. Simpanlah handphone Anda di tempat dengan temperatur sekitar 25–30 derajat Celsius untuk menjaga kapasitas baterai tetap tinggi, sekitar 80%.

  1. Turunkan Kontras Layar Ponsel

Sebetulnya, cara charging hp yang lebih baik adalah dengan mematikan ponsel selama proses pengisian baterai. Namun, jika dalam keadaan terpaksa, posisi handphone boleh tetap on, tetapi turunkan kontras layar ponsel Anda. Hal ini penting untuk mengurangi baterai cepat habis saat dipakai.

Cara Menghemat Pemakaian Baterai Hp

Selain mengisi baterai dengan cara yang benar, Anda juga perlu mempraktikkan cara-cara menghemat pemakaian baterai ponsel, di antaranya:

  • Hapus aplikasi yang boros dalam penggunaan baterai.
  • Matikan fitur yang menggunakan sinyal radio dan automatic sync.
  • Perbarui sistem operasi dan aplikasi.
  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan.
  • Kurangi widget.

Mengingat pentingnya fungsi smartphone, sudah semestinya kita menjaganya dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat gadget berfungsi dengan baik. Anda bisa mencari tips-tips seputar gadget di banyak situs di internet, seperti di Berakal.com yang banyak memberi informasi seputar dunia teknologi.