GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Belanja Hemat

Belanja menjadi kegiatan yang disukai oleh sebagian besar wanita, terlebih ketika muncul promo dan diskon justru akan menjadikannya semakin kalap. Oleh karena itu, mengatur cara belanja hemat untuk kita sangatlah penting loh.

Apabila financial rumah tangga kita stabil dan tertata pastinya akan membuat kehidupan kita menjadi lebih tenang dan tentram.

Jangan lupa, belanja hemat itu berarti sangat irit ya karena terkadang perilaku hemat tak jauh berbeda dengan yang namanya pelit sehingga mengharuskan kita untuk mengatur perbelanjaan sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Begini, Cara Belanja Hemat

Pixabay.com

Setiap wanita terkadang kesulitan untuk belanja dengan budget hemat, untuk mengubah polo hidup hemat yang baik maka ikuti cara yang terdapat di bawah ini.

  1. Jangan Terfokus Pada Merek

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam belanja hemat yaitu janganlah kamu membeli suatu benda atau produk dengan memperhatikan merk karena itu hanya akan memberatkanmu.

Terkadang seseorang selalu mengutamakan kualitas dari merk suatu benda, tetapi hal tersebut sebenarnya kurang penting karena bukanlah suatu kebutuhan primer yang harud dipenuhi.

Boleh saja membeli benda atau produk bermerk asalkan kalian sudah memiliki nilai tabungan yang lebih. Tetapi, jika belum ada tabungan yang mencukupi maka jangalah mengutamakan merk saat membeli barang atau produk.

  1. Buat Daftar Menu Makanan Mingguan

Berikutnya, untuk mengetatur belanja  hemat maka sebaiknya Anda mengatur daftar menu makanan mingguan sehingga tidak belanja setiap hari. Dengan membeli belanjaan sekaligus tentunya akan lebih meringankan pengeluaranmu sehingga akan lebih hemat.

Berbeda ketika Anda belanja setiap hari justru uang yang dikeluarkan setiap harinya tidak akan terkontrol sehingga keuanganmu justru akan semakin tidak teratur dan terkondisikan. Dengan begitu, jadilah ibu rumah tangga yang dapat mengatur menu makanan dengan sistem belanja lebih baik agar keuangan rumah tanggamu selalu berjalan lancar.

  1. Catat Rencana Belanja dan Simpan Nota Pembelian

Ketahui juga bahwa  bahwa mencatat rencana belanja dengan nota pembelian yang sudah dilakukan juga mendukung perilaku dan sikap hidup hemat. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mengatur kondisi pemasukan dan pengeluaran uang agar selalu seimbang, bahkan bisa lebih.

Menyimpan nota pembelian belanja bukan berarti menandakan Anda orang yang pelit, tetapi mengatur keuangan memang menjadi hal yang sangatlah penting agar tidak melakukan pengeluaran dibatas pendapatan yang dimiliki.

  1. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit Saat Belanja

Agar ibu rumah tangga lebih hemat dalam berbelanja maka janganlah menggunakan kartu kredit saat belanja. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan memiliki kartu kredit dan membawanya saat belanja justru akan membuatmu kalap saat.

Oleh karena itu, Anda sangatlah disarankan untuk membawa uang tunai atau debet saat berbelanja agar berbelanja sesuai dengan budget yang dimiliki saja.

  1. Berburu Diskon

Kemudian saat Anda belanja juga mengharuskanmu untuk berburu diskon agar mendapatkan potongan harga sehingga akan lebih menghemat pengeluaran. Salah satunya, Anda bisa belanja saat ada promo jsm alfamart yang diadakan setiap periode tertentu dengan potongan harga yang tinggi, bahkan bisa lebih dari setengah harga.

Cara Belanja Barang Diskonan

Pixabay.com

Ketahui cara belanja barang diskonan agar tetap hemat karena sebagian besar wanita justru akan merasa kalap apabila melihat berbagai produk yang mengalami potongan harga atau diskon.

  1. Sadar Isi Dompet

Cara yang pertama untuk belanja hemat saat ada barang diskonan yaitu harus sadar isi dompet. Mengapa demikian? tentunya saat banyak diskon semua benda akan terlihat menarik dengan harga murah. Untuk meminimalisir pengeluaran yang berlebih atau boros maka sebaiknya kalian harus mengingat berapa uang yang ada di dalam dompet.

  1. Tahu Standar Harga Barang Yang di Diskon

Sebelum membeli barang yang mengalami potongan harga maka sebaiknya Anda juga harus mengetahui standard harga barang tersebut. Pastikan harga diskonnya benar-benar jauh dari harga standar. Dengan demikian akan menjadi moment yang menguntungkan untuk belanja dengan hemat.

  1. Bikin Daftar Prioritas, Mana yang lebih penting?

Ketika melihat berbagai produk dengan diskon atau potongan harga pastinya akan membuat kita merasa ingin membeli semuanya. Tetapi, sebaiknya sebelum berbelanja kalian harus melihat daftar prioritasnya terlebih dahulu sehingga tahu produk mana yang akan dibeli, kemudian mana yang seharusnya tidak dibeli.

  1. Karena Barang Diskonan, Cari Cacatnya

Setiap orang pastinya tertarik untuk melihat barang diskonan, tetapi sebaiknya Anda janganlah mudah untuk tergiur karena akan lebih baik apabila kita mencari cacat dari produk tersebut.

  1. Cari Dengan Teliti

Anda harus mencari dengan teliti produk yang memiliki harga diskon tetapi kualitasnya memang benar-benar masih normal sesuai dengan standard yang ada sehingga tidak akan menimbulkan rasa kerugian.

Dengan demikian pastikan Anda membeli produk dengan benar, sesuai dengan yang dibutuhkan dan dicari.

  1. Ubah Kebiasaan

Terakhir, untuk tips belanja hemat yaitu ubahlah kebiasaanmu untuk membeli produk sebanyak mungkin karena Anda memang harus membeli produk yang memang benar-benar menjadi kebutuhan.

Itulah seputar penjelasan mengenai cara belanja hemat yang akan membuat jalannya financial dan keuanganmu menjadi lebih teratur.