GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Masalah yang kerap terjadi yaitu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang sering membuat si kecil merasa tidak nyaman. Sering kali bayi akan rewel karena mengalami masalah hidung tersumbat ini. karena hidung tersumbat membuat bayi akan kesulitan ketika bernapas, dan bahkan dapat menyebabkan nafsu makannya bisa turun.

Umumnya keadaan ini memang tidak menyebabkan suatu hal yang serius bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi bila bayi menjadi tidak mau makan tentu hal ini bisa membuat semua orang tua menjadi cemas. Oleh sebab itu orang tua perlu melakukan beberapa cara untuk bisa mengatasi hidung tersumbat si kecil.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan cepat

  1.       Memakai obat saline di hidung

Saline merupakan obat semprot hidung kerap kali disebut dengan nasal spray. Obat ini aman bila dipakai untuk bayi, balita dan anak-anak. Cara kerja obat ini bisa mengurangi produksi lendir yang dapat menyumbat hidung bayi.

Agar bayi bisa nyaman kembali pakai obat ini saat dia berbaring. Berikutnya dongakkan sedikit kepala anak lalu semprotkan obat ini sebanyak 2-3 kali lewat lubang hidung bayi.

Selain saline semprot kamu juga dapat memakai saline yang berbentuk obat tetes. Fungsinya sama untuk mengurangi produksi lendir dan dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

  1.       Menyedot ingus bayi menggunakan bulb syringe

Bulb syringe atau disebut penyedot ingus bayi dapat kamu pakai bila lendir tidak bisa keluar usai memakai obat tetes atau semprot diatas. Cara ini cocok di pakai untuk bayi dengan hidung tersumbat yang masih berumur kurang dari 6 bulan. Usai memakai obat tetes, agar lendir bisa cepat keluar kamu dapat menyedotnya dengan memakai alat ini.

  1.       Membersihkan ingus serta lendir di hidung bayi

Karena terlalu banyak ingus yang ada di dalam hidung bayi, lendir bisa keluar dan bisa menempel pada area luar hidung. Bila hal ini tidak  dibersihkan, lendir ini bisa mengeras yang membuat bayi semakin sulit untuk bernapas.

  1.       Menyalakan mesin pelembab udara atau humidifier

Cara yang lain untuk dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi yaitu memakai mesin pelembab udara bernama humidifier. Alat ini bisa membuat udara pada ruangan tidak akan mengeras di dalam hidung. Bila cara ini juga tidak membuahkan hasil, kamu juga dapat memakai nebulizer yang juga cukup bisa mengatasi masalah lendir yang menggumpal di dalam hidung.