GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Jangan Bingung, Begini Saja Cara Download Game PPSSPP

Salah satu kendala yang ternyata masih cukup sering dialami para pengguna aplikasi emulatior PSP baik di PC ataupun mobile adalah menemukan file game. Ya, apalah artinya memiliki perangkat dan aplikasi untuk menjalankan game namun tidak ada game yang bisa dimainkan? Perlu Kamu tahu bahwa cara download game PPSSPP  sendiri sebenarnya sangat sederhana, tapi bagi pemula, menemukan file arsip seperti ini bisa saja membingungkan.

Tentang File Game PPSSPP dan Bagaimana Mendapatkannya

Pixabay.com

Tentu kamu tahu bahwa aplikasi PPSSPP yang mengemulasi konsol seperti PSP dan Playstation 1 dan Playstation 2 memang tidak memiliki fitur untuk mengunduh game secara langsung dari sumber seperti di internet. Kamu yang ingin memainkan sebuah game, harus mencari dan mengunduh file game terlebih dahulu. Jadi, konsepnya masih sama dengan konsol aslinya dimana Kamu perlu menggunakan disc atau drive yang memuat file tersebut.

Apabila Kamu menggunakan aplikasi emulator PPSSPP ini, kamu perlu mencari file gamenya sendiri dari publisher atau dari penyedia pihak ketiga. Untuk saat ini, aplikasi PPSSPP populer umumnya sudah bisa memainkan game PSP maupun PS1 dan PS2 dengan file berekstensi ISO dan CSO, bahkan BIN sekalipun. Namun format populer saat ini adalah ISO dan CSO. Lantas apa perbedaan diantara keduanya?

Pada dasarnya, keduanya jenis file ini tak jauh berbeda dimana CSO adalah versi file yang sudah terkompresi, sementara versi ISO merupakan versi asli yang biasanya disediakan oleh developer dan publisher. Perbedaannya mungkin terletak pada ukuran dimana versi CSO yang telah dimodifikasi dan dikompres cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil, meskipun CSO dan ISO sama-sama memuat file game konsol.

File CSO dan ISO ini biasanya tersedia daam bentuk arsip (.ZIP) dengan ukuran yang berbeda-beda dan bisa ditemukan dengan mudah. Kamu bisa menemukan penyedia file ini di pencarian Google dan sebagainya. Biasanya, file yang dipilih cenderung yang memiliki ukuran paling ringan (high compres) atau berbentuk CSO. Namun karena file ini merupakan hasil kompresi, sering pula pengguna yang mengeluh game yang diunduh tidak bisa dimainkan. Bisa pun, pengalaman bermainnya tidak sesuai harapan.

Maka dari itu, jika Kamu menginginkan pengalaman bermain game PPSSPP dengan optimal, sebaiknya hindari memilih game berdasar ukuran file yang paling kecil. Atau Kamu juga bisa dengan hanya memilih file game berekstensi ISO saja. Terlebih lagi, pilihan game dengan file ISO sat ini semakin banyak, bahkan Kamu bisa menemukan game-game lawas sekalipun.

Cara Mencari File CSO atau ISO Game PPSSPP

Pixabay.com

Setelah sedikit mengetahui tentang file game yang dimainkan di PPSSPP, kini waktunya Kamu mulai melakukan pencarian game. Pada dasarnya, Kamu bisa saja langsung melakukan pencarian dengan menetikkan judul game diikuti ISO atau CSO untuk mendapatkan daftar penyedia game untuk PPSSPP. Namun masih ada cara lain jika Kamu ingin hasil pencarian yang lebih lengkap yaitu melalui website penyedia game resminya atau pihak ketiga.

Kita tidak akan membahas game yang bisa langsung Kamu dapatkand ari developer atau publisher resminya, karena tentu saja, cara ini pasti cukup mudah. Mungkin tak ada salahnya jika Kamu mengetahui situs populer yang menyediakan dile game sebagai referensi pertama Kamu. Ya, ada banyak situs penyedia game seperti downloadapk.co.id jika Kamu ingin mengetahuilebih banyak tentang seluk beluk game, termasuk game-game PPSSPP ini.

Jika Kamu ingin mencoba pencarian saat ini, maka ada beberapa situs yang menawarkan koleksi ISO game lengkap seperti berikut ini

CoolROM.com

Di situs ini Kamu bisa memanfaatkan kolom pencarian yang tersedia untuk mengetikkan judul game yang sedang Kamu cari. Setelah hasil pencarian ditampilkan, Kamu tinggal klik salah satu cover game yang muncul lalu klik “Alternative download link” tepat di bawah tombol Download. Selanjutnya, tunggu popup iklan sekitar 15 detik baru klik “Download Your File”. Kamu akan mendapat notifikasi bahwa browser akan mengunduh file arsip game dengan ekstensi .zip atau .rar ataupun .7z ke folder download. Pastikan bahwa ekstensi file yang diunduh tersebut adalah salah satu dari ketiga macam file arsip tersebut.

RomsMania

Tak jauh berbeda dari cara melakukan pencarian di situs pertama di atas, Kamu bisa klik tombol “More Options” di bawah tombol Download lalu pilih opsi “Browser download (slowest)” karena mungkin Kamu tidak berlangganan atau member situs ini. Setelah itu, browser akan mulai mengunduh file ROM game untuk PPSSPP. File unduhan tersebut juga memiliki ekstensi.zip ang perlu Kamu ekstrak terlebih dahulu sebelum mulai dimainkan dari aplikasi PPSSPP. Untuk mengunduh fle game dari situs ini, Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pengelola unduhan untuk mencegah file yang corrupt atau terlalu lama.

Begitu saja cara untuk mencari dan menemukan file game yang dimainkan di aplikasi PPSSPP. Cara download game PPSSPP juga tak jauh berbeda dengan cara mengunduh file lainnya. Ingat setelah mendapatkan file arsip, Kamu tidak bisa langsung memilihnya dari menu di PPSSP. Kamu harus mengekstrak isi arsip tersebut agar menghasilkan file dengan ekstensi ISO atau CSO sesuai pilhanmu. Barulah kemudian file ISO atau CSO tersebut bisa terbaca oleh aplikasi PPSSPP pada menu Games-nya. Selamat mencoba.