GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Yuk Cari Tahu 2 Cara Melacak iPhone yang Hilang dengan Android

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, jika kini kehidupan manusia tidak terlepas dari ponsel pintar. Sekarang ini, smartphone tidak hanya sekadar digunakan sebagai alat komunikasi saja melainkan anda pun bisa melakukan segala hal dengan layar gawai. Namun bagaimana jika smartphone anda hilang? Berikut akan diulas cara melacak iPhone yang hilang dengan android.

Cara Melakukan Pelacakan iPhone yang Hilang dengan Android

  1. Memanfaatkan Akun iCloud

Sebagai pemilik iPhone, pastinya anda telah mengetahui bahwa merek smartphone satu ini dilengkapi dengan akun khusus bernama iCloud. Akun khusus satu ini merupakan layanan untuk menyimpan segala konten dengan aman dan selalu memperbarui aplikasi di seluruh perangkat iPhone kesayangan anda. Konten yang dimaksudkan seperti foto, file, catatan, dan yang lainnya.

Perlu anda ketahui, jika iCloud dilengkapi dengan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan anda juga bisa menambah lebih banyak penyimpanan kapan pun. Berkat adanya iCloud, perubahan yang anda lakukan di satu perangkat nantinya akan ditampilkan di seluruh perangkat anda. Selain itu, iCloud juga bisa diakses versi web untuk app favorit, seperti Foto, Mail, dan Catatan di iCloud.com.

Untuk bisa menemukan iPhone yang hilang menggunakan iCloud ini, anda perlu melakukan beberapa tahapan yang sangat mudah. Pertama tama masuk ke situs web resmi iCloud (iCloud.com). Usai dibuka, masukkan Apple ID Handphone yang hilang pada kolom “Sign In”. Anda akan disuguhkan dengan layar bertuliskan “Two-Factor Authentication”, lewati saja bagian satu ini.

Cara melacak iphone yang hilang dengan android selanjutnya yaitu pilih fitur “Find My iPhone”. Bila iPhone yang hilang berada dalam keadaan mati dan offline atau tidak terhubung ke internet, maka fitur “Find My iPhone” akan memberitahukannya kepada anda. Contoh pemberitahuannya yaitu “iPhone milik Putri (offline)”.

Ketika anda mengetahui iPhone mati atau offline, satu satunya cara yaitu menunggu hingga iPhone kembali online. Akan tetapi, jika iPhone tersebut hilang karena jatuh ke suatu tempat yang sulit dijangkau seperti perairan, maka tidak mungkin handphone akan aktif atau online dengan sendirinya. Anda tak perlu khawatir, karena fitur “Find My iPhone” akan menunjukkan lokasi terakhir.

Namun, bila iPhone kembali aktif atau online, maka fitur tersebut pun akan memberikan notifikasi terbaru kepada anda. Hal berikutnya yang harus anda lakukan yaitu klok tombol “Action”. Jika iPhone masih di sekitar anda, maka fitur akan membuat ponsel pintar tersebut mengeluarkan suara agar anda bisa menemukan keberadaannya.

Apabila kasus kehilangan iPhone ini karena pencurian, maka anda bisa menggunakan pilihan “Lost Mode” yang disediakan oleh fitur satu ini. Untuk bisa mengaktifkan pilihan tersebut, anda harus memasukkan kode kunci perangkat (usahakan selain identitas). Kemudian anda bisa mengirimkan pesan dan nomor kontak yang ditampilkan di layar.

Jika iPhone yang hilang berada dalam jaringan, maka ponsel pintar tersebut akan segera terkunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kunci buatan anda tadi. Usai itu, anda pun bisa melihat lokasi iPhone yang hilang saat ini. Tak hanya itu saja, anda juga bisa melihat perubahan lokasi iPhone kesayangan jika dibawa ke tempat yang berbeda.

Tapi bila iPhone sengaja dimatikan atau berada di luar jaringan, maka smartphone tersebut akan terkunci secara otomatis setelah dinyalakan kembali. Cara melacak iphone yang hilang dengan android berikutnya yaitu anda akan menerima pesan notifikasi dan bisa melacak lokasi keberadaan iPhone yang hilang tersebut. Selain itu, anda juga harus membuat berkas cadangan ke iCloud atau iTunes secara berkala.

Perlu diingat pula, bila anda menambahkan kartu kredit, debit, atau prabayar ke Apple Pay, maka pembayaran tersebut akan ditangguhkan dengan mengaktifkan “Mode Hilang” di perangkat. Selanjutnya, anda juga harus melaporkan kehilangan atau pencurian iPhone kapda pihak berwajib terdekat. Tunjukan nomor seri perangkat yang hilang tersebut kepada pihak yang berwajib.

Tak hanya itu saja, anda pun bisa melaporkan kehilangan atau pencurian perangkat kepada operator nirkabel. Hal ini berguna agar operator nirkabel dapat menonaktifkan akun untuk mencegah panggilan, pesan teks, dan penggunaan data yang tidak diizinkan. Dengan begitu iPhone anda yang hilang secara otomatis akan dilindungi oleh operator nirkabel.

  1. Memanfaatkan Akun Gmail dan Google Maps

Sebagaimana yang telah diketahui, jika setiap perangkat smartphone kini telah dilengkapi dengan akun Google. Akun tersebut bisa anda manfaatkan untuk melacak keberadaan iPhone kesayangan yang hilang. Lazimnya, setiap smartphone dibekali dengan beragam software Google yang telah terpasang secara langsung dari pabrikannya, misalnya saja Gmail dan Google Maps.

Meski biasanya cara pelacakan menggunakan akun Google ini dilakukan pada merek tertentu, namun untuk perangkat iPhone pula bisa memanfaatkan cara satu ini. Langkah pertama menemukan iPhone menggunakan Gmail, yaitu mengetik nama email  dan password atau kata sandi yang berada di iPhone yang hilang. Kemudian klik kotak yang bertuliskan “Berikutnya”.

Selanjutnya pilih ikon yang berbentuk titik sembilan yang berada di sisi kanan atas dan masuk pada Akun Google (Google Account). Scroll ke bawah dan pilih opsi “Temukan Ponsel Anda”, lalu pilih merek smartphone anda yang hilang. Bila sudah memasukkan merek handphone, berikutnya masukkan kembali kata sandi dari email iPhone yang hilang dan pilih opsi “Temukan”.

Anda akan disuguhkan layar Google Maps, kemudian klik “Tutup” dan pilih kembali jenis ponsel pintar yang ingin dilacak. Selanjutnya tap ikon “Refresh” guna memperbaharui atau mengupdate keberadaan iPhone yang hilang terkini. Jika sudah menemukan keberadaannya dengan pasti, maka segeralah menemukan iPhone tersebut.

Sedangkan cara melacak iphone yang hilang dengan android menggunakan Google Maps, yaitu pilih menu “Setting”, lalu tap “Bagi Lokasi dan Mulai” yang terletak di pojok kiri atas. Kemudian pilih waktu pelacakan sesuai dengan keinginan, tap “Pilih Orang” dan isi alamat email serta nomor handphone yang akan dilacak. Klik “Bagikan” dan “Aktifkan”, secara otomatis aplikasi akan menunjukkan keberadaan iPhone.

Salah satu kesalahan terbesar yang disebabkan oleh manusia sehingga menyebabkan penyesalan yaitu kehilangan smartphone kesayangan. Untuk bisa menghindari kesalahan satu ini, hendaknya anda selalu berhati hati ketika menggunakan iPhone ataupun ketika menaruh atau meletakkannya di sembarang tempat. Bila anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan akses situs aptoide.co.id.