GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips Cara Mengurangi Kolesterol

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengerti bagaimana cara mengurangi kolesterol? Atau malah banyak dari Anda yang justru belum menyadari bahaya dari kolesterol yang berlebih di tubuh kita. Meski begitu,  baik disadari atau tidak, kolesterol yang menumpuk di tubuh akan membahayakan orang yang bersangkutan. Oleh karena itu, bagi siapa pun, menjadi perlu untuk mengerti bagaimana cara mengurangi kolesterol. Hal ini tentunya agar tubuh menjadi sehat.

Tentunya dengan tubuh yang sehat, Anda berbagai impian yang belum tergapai, berbagai rencana yang belum terlaksana bisa lebih mudah terpenuhi. Dan hal ini tentu akan berbeda jika tubuh Anda bermasalah karena suatu penyakit.

Dampak Kolesterol Berlebih

Nah, sebelum membahas bagaimana kiat jitu mengurangi kolesterol, alangkah lebih baik jika Anda lebih menyelami lagi tentang efek atau dampak yang timbul adanya kolesterol yang berlebih.

  1. Jantung koroner

Dengan menumpuknya kolesterol di tubuh, mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Salah satu organ yang acap kali kena imbas adalah jantung. Karena penyumbatan di pembuluh jantung ini, jika tidak ditangangi secara serius bisa mengakibatkan serangan jantung.

  1. Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi terjadi, salah satunya karena faktor kolesterol yang menumpuk di tubuh. Pembuluh darah mengalami penyempitan akibat kolesterol yang tak terkendali, hal ini menjadikan jantung memompa lebih keras lagi untuk memompa darah.

  1. Stroke

Jika kolesterol membuat aliran darah ke jantung tersendat bisa mengakibatkan jantun koroner, maka penyumbatan di pembuluh otak dapat menyebabkan penyakit stroke. Tentu penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang mematikan selain jantung.

  1. Penyakit artiferi Perifer

Dibanding serangan jantung dan stroke, penyakit yang satu ini mungkin jarang diketahui. Meski begitu, tentu tidak ada yang berharap mengalami sakit artiferi perifer. Yang mana penyakit ini akibat penyumbatan di pembuluh darah kecil. Dan tentunya karena lemak yang kian menyumbat pembuluh darah kecil tersebut.

Nah itulah beberapa penyakit akibat kolesterol yang tak terkendali di tubuh. Tentu masih banyak lagi akibat dari penumpukan kolesterol. Oleh karena itu menjadi penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan, dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Tetapi penerapan pola hidup sehat juga harus diimbangi dengan pengetahuan terhadap tubuh itu sendiri. Karena itu, dalam pembahasan mengenai kolesterol ini, tentu menjadi keharusan bagi siapapun untuk mengerti cara mengurangi kolesterol.

Tips Jitu Mengurangi Kolesterol

  1. Pilih Makanan yang Rendah Lemak

Ya, pola makan merupakan faktor yang begitu vital dalam kaitannya mengurangi kolesterol di tubuh. Tentunya kolesterol yang menumpuk tersebut datang dari luar, yaitu makanan yang masuk ke pencernaan kita. Nah sebaiknya dalam memilih makanan yang memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Apa saja makanan itu? Beberapa di antaranya adalah buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, dan nasi merah.

  1. Olahraga

Setelah menjaga pola makan, tentu olah raga tidak boleh ketinggalan. Karena dengan olahraga, tubuh kita bisa membakar lemak yang berlebih. Tapi olah raga di sini harus dilakukan dengan konsisten dan rutin. Karena itu, maka menjadi penting untuk memilih olahraga yang menjadi hobi atau disukai.

  1. Pilih Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang mengandung atau kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tentu Anda tidak perlu risau untuk mencari makanan yang kaya akan omeg3 ini. Yang mana omega-3 ini terdapat pada ikan salmon, ikan tuna, makarel, kacang kenari.

  1. Pilih Makanan yang Mengandung Serat Larut

Makanan yang mengandung serat larut juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Makanan yang mengandung serat larut di antaranya, wortel, buah alpokat, brokoli, lobak,  buah pir, gandum. Dan tentunya masih banyak lagi makanan yang mengandung serat larut.

  1. Mengontrol Berat Badan

Bukan perkara penampilan yang dibahas kali ini, melainkan soal berat badan dan hubungannya dengan kolesterol. Karena obesitas dalam hal kesehatan merupakan suatu keadaan yang berisiko dan rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol.

Untuk itu, Anda juga perlu untuk mengontrol  berat badan. Karena orang yang obesitas dapat mengalami kadar kolesterol yang berlebih di tubuh.  Maka apabila berat badan Anda sudah melebihi batas,  tentu poin-poin yang telah disebutkan di atas layak untuk diterapkan, guna mencegah berbagai kemungkinan buruk yang menimpa tubuh kita.

Nah itulah beberapa tips yang bisa menjadi rujukan untuk mengurangi kolesterol yang berlebih.  Apabila hal-hal tersebut bisa diterapkan secara konsisten dan sungguh-sungguh, tentunya badan kita bisa tetap terjaga kesehatannya.

Namun selain itu, tentu masih banyak lagi cara yang bisa menjadi jalan untuk menurunkan kolesterol. Salah satu jalan itu adalah menggunakan jam terapi dr laser gogomall.

Jam tangan dengan teknologi laser ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan penyakit di tubuh. Salah satunya adalah mengurangi plak-plak kolesterol.  Tentunya dengan pemakaian jam tangan terapi ini, penyakit-penyakit akibat dari kolesterol berlebih, seperti yang telah disebutkan di atas, dapat teratasi. Dan demikianlah uraian singkat ini. Semoga tulisan ini bisa berguna bagi para pembaca, agar bisa menjaga dan membangun kesehatan tubuh yang prima. Terima kasih.