GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Awet dan Tahan Lama, Yuk Intip 7 Cara Merawat Laptop Untuk Pemula

Bekerja saat ini telah dimudahkan dengan adanya perangkat keras laptop, sehingga anda cukup dimudahkan. Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan dengan laptop, seperti lihat film, bermain game, berselancar di dunia maya, pengetikan teks, dan lain lain. Oleh sebab itu, banyaknya kegiatan yang dapat anda lakukan membuat laptop harus selalu aktif. Cara merawat laptop untuk pemula ini sangat penting diketahui agar lebih awet. Yuk cek di sini!

Cara Mudah Untuk Merawat Perangkat Keras Anda

Pixabay.com
  1. Gunakan Stabilizer Listrik

Beberapa orang memilih untuk bekerja atau beraktivitas dengan melepas baterai laptop agar lebih awet. Cara ini dapat anda gunakan agar baterai lebih tahan lama, sehingga konsumsi baterai tidak terlalu sering. Kondisi ini juga sering dilakukan oleh orang orang yang memiliki laptop keluaran lama. Sering kali baterai sudah tidak dapat connect dengan charger atau arus listrik tidak dapat diterima, sehingga daya baterai tidak dapat diisi ulang lagi.

Kondisi ini sering kali menguntungkan pengguna karena konsumsi baterai lebih hemat dan dapat dipakai untuk antisipasi saat mati listrik. Akan tetapi, pada saat penggunaan justru sering ditemui masalah seperti arus listrik yang tidak stabil. Oleh sebab itu, ada baiknya bila anda menambahkan stabilizer agar arus listrik yang masuk tetap stabil. Dengan begitu, anda akan bekerja lebih nyaman dan laptop lebih terjaga serta dapat aktif dalam jangka lama.

  1. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

Bekerja di depan laptop dalam jangka panjang memang menjadi tuntutan beberapa orang yang memiliki deadline cukup mepet. Hal ini membuat mata anda cepat lelah dan kurang baik saat dilakukan terus menerus. Tidak hanya itu, sering kali beraktivitas di depan laptop membuat anda bosan, sehingga dapat dialihkan pada hal lain. Salah satu cara yang sering anda lakukan ialah ngemil di depan laptop, seperti makan atau minum di dekatnya.

Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa bosan atau menemani anda saat melihat film. Akan tetapi, justru sangat berbahaya pada laptop dan harus anda hindari. Menjauhkan makanan dari dekat laptop jadi cara merawat laptop yang dapat anda terapkan. Potensi cairan atau remahan makanan yang tumpah dapat mengenai keyboard dan masuk ke dalam komponen laptop. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang cukup fatal bagi perangkat anda.

  1. Jangkan Letakkan Laptop di Lantai

Beraktivitas di latai terasa sangat nyaman karena rasa dingin dari lantai menyebabkan anda cukup betah duduk lesehan. Hal ini sering kali dijajal oleh orang yang bekerja dengan laptop, baik di siang maupun malam hari. Kebiasaan seperti ini dilakukan dengan intensitas cukup tinggi, sehingga cukup baik agar perangkat anda tidak mudah panas. Akan tetapi, menjadi suatu hal yang berbahaya bila anda lupa memindahkan laptop kembali ke atas meja.

Banyak debu beterbangan yang dapat membuat perangkat anda kotor dan mengalami suatu masalah. Selain itu, laptop yang diletakkan lantai berpotensi untuk diinjak oleh orang orang yang tidak waspada pada perangkat di sekitarnya. Tidak hanya itu, perangkat keras yang ada di lantai dapat ketumpahan suatu makanan atau benda cair lainnya. Hewan peliharaan anda dapat menyebabkan kerusakan juga bila menginjak atau berjalan di atas laptop yang ada di atas lantai.

  1. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Setiap hal tentu memiliki batas kemampuannya untuk bekerja, begitu pula dengan laptop. Bila seseorang dipaksa bekerja 24 jam non stop tentu akan merasa lelah dan kinerja menjadi lambat. Cara merawat laptop selanjutnya yang harus anda perhatikan ialah waktu yang dipakai untuk aktif bekerja. Anda harus memerhatikan waktu saat menyalakan hingga waktu yang anda pakai selama perangkat keras tersebut aktif agar dapat menjaganya tetap awet dan tahan lama.

Pastikan tidak menyalakan laptop secara non stop tanpa istirahat karena bisa menyebabkan laptop overheat. Saat kondisi ini, anda tidak dapat melakukan berbagai hal karena perangkat terlalu lama dipakai. Selain overheat, laptop yang aktif selama berjam jam juga dapat menyebabkan dayanya berkurang secara perlahan lahan. Oleh sebab itu, ada baiknya bila anda memakai cool pads agar suhu laptop tepat stabil dan tidak mengalami eror di tengah pekerjaan.

  1. Jangan Paksa untuk Menjalankan Aplikasi

Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan di perangkat keras satu ini menyebabkan banyak pengguna lalai. Anda bisa bermain segala jenis game, sehingga menginstall berbagai jenis game yang dapat mengisi waktu luang dan menjadi hiburan utama. Selain itu, anda juga sering kali melakukan aktivitas yang banyak dalam sekali waktu sehingga menyebabkan laptop panas. Hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh setiap pengguna perangkat keras jenis ini.

Setiap perangkat memiliki spesifikasi yang berbeda beda, sehingga harus anda sesuaikan dengan kemampuannya. Jangan paksakan laptop untuk menjalankan game yang berat bila tidak didukung dengan spesifikasi yang tinggi. Salah satu yang penting ialah RAM agar laptop anda tidak lemot atau hang saat dipakai untuk bermain game. Tidak hanya itu, pastikan aplikasi yang diinstall di dalamnya juga sesuai dengan kemampuannya.

  1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Beraktivitas di atas Kasur memang terasa nyaman, salah satunya memainkan laptop. Akan tetapi, kebiasaan ini harus anda hindari agar tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat yang cukup fatal. Panas dari perangkat anda tidak bisa keluar dengan sempurna, sehingga dapat menyebabkan laptop overheat. Implikasinya dapat menyebabkan laptop anda cepat panas dan eror saat dipakai serta pekerjaan yang dijalankan tidak berjalan lancar.

  1. Jangan Meletakkan Barang Berat

Pixabay.com

Hal ini sering kali menjadi tips yang diabaikan oleh setiap pengguna perangkat keras jenis ini. Banyak yang menganggapnya sepele, tetapi cara merawat laptop ini harus anda patuhi. Meletakkan barang berat di atas perangkat keras ini justru dapat merusak layar dan beberapa komponen penting yang menyusun laptop. Anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar bila layar laptop rusak karena biaya servis yang tinggi.

Teknologi yang semakin canggih membuat manusia dapat bekerja lebih mudah, seperti dengan hadirnya laptop untuk masyarakat. Aktivitas yang dapat dilakukan dengan perangkat ini cukup beragam, sehingga bisa dilakukan oleh banyak orang. Cara untuk merawat laptop melalui laman https://www.charis.id terdapat 7 cara mudah yang dapat dilakukan oleh pemula. Perangkat anda dijamin awet dan tahan lama serta pemakaian anti eror atau lemot.