GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Pilih Ban Mobil Sport

 

Salah satu komponen yang paling penting pada sebuah kendaraan bermotor adalah ban. Tanpa adanya ban, Anda tidak akan bisa bayangkan bagaimana sebuah kendaraan dapat melaju. Bukan hanya sekadar untuk melajukan kendaraan, ban juga menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpang yang menggunakannya, terutama pada mobil.

Sepintas, semua ban pada mobil terlihat sama saja, yaitu sama-sama terbuat dari karet. Padahal, material setiap merk dan jenis ban mobil sangatlah berbeda. Perbedaan ini juga tergantung pada jenis mobil yang digunakan. Misalnya, ban mobil truk dengan SUV atau mobil sport tentu akan sangat berbeda. Hal ini karena track yang dapat dilaluinya pun berbeda-beda.

Ban mobil biasa tentunya akan berbeda dengan ban mobil sport. Ban mobil sport tentu saja memiliki performa yang lebih tinggi dan membuthkan ban yang lebih menggigit sesuai dengan tenaga mesin sport yang terkenal “buas’. Jika ban mobil biasa digunakan untuk mobil sport tentu kekuatannya tidak sepadan. Salah-salah memilih ban, bukan hanya kenyamanan yang hilang, mobil pun mudah rusak.

Oleh karenanya, agar tidak ada kesalahpahaman dalam memilih ban mobil sport, Anda harus paham seperti bagaimana cara pilih ban mobil sport yang tepat dan sesuai dengan performa mesinnya. Hal ini penting dipahami, sebelum Anda membeli mobil sport atau mengganti ban mobil sport milik Anda. Namun sebelum itu, penting untuk diketahui perihal mobil sport.

Mobil sport sendiri ada banyak sekali bertebaran di Indonesia. Meski harganya tinggi, jenis mobil yang satu ini selalu menarik perhatian banyak pecinta otomotif karena kesan sangar, mewah, dan keren yang ditonjolkannya. Saking banyak dan cukup eksklusif, ada beberapa club mobil sport di Indonesia yang sering berkumpul.

Banyak orang yang menganggap bahwa mobil sport hanya mengandalkan kecepatan saja. Semakin cepat mobil sport yang Anda miliki, maka ituah mobil yang paling hebat. Padahal, bukan begitu mobil sport yang sesungguhnya. Mobil sport dibuat khusus untuk mengutamakan pengendalian serta performa secara bersamaan. Karenanya, penting untuk mencari ban mobil sport yang sesuai kebutuhan berkendara.

Tips Memilih Ban Sport untuk Mobil

Ada beberapa cara pilih ban mobil sport yang bisa Anda terapkan. Pertama, pilihlah ban mobil sport yang memiliki performa paling responsive terhadap steering. Mengapa demikian? Sebab, ban sangat berpengaruh pada respons steering dan memburuhkan superior grip yang tepat. Oleh karenanya, pilihlah ban yang memiliki grip terbaik dan memiliki tapak asimetris.

Artinya, ulir ban bagian luar dan dalamnya memiliki desain yang tidak serupa alias berbeda. Sebab, yang seperti ini memiliki kontrol yang baik pada jalanan kering dan juga basah. Ban masih bisa terkontrol dengan baik pada saat jalanan kering maupun basah. Sehingga, Anda lebih leluasa dalam berkendara pada saat keadaan apapun.

Kedua, jika mobil sport Anda lebih sering melintasi jalan-jalan besar urban, maka sebaiknya pilihlah yang material permukaan bannya lebih soft. Sebab, material seperti ini akan membuat kenyamanan mobil lebih baik saat melaju di jalan-jalan perkotaan yang rata-rata beraspal mulus. Meski memang, ban semacam ini memiliki daya tahan yang kurang.

Ketiga, meski mulus, penting untuk memilih ban sport dengan durability yang baik. Durability bisa dikataan sebagai ketahanan terhadap kerusakan. Inilah standard kualitas yang harus dimiliki setiap ban mobil sport. Ada beberapa produk ban pada merk tertentu yang memang sangat mengandalkan hal ini. Sebaiknya, pilihlah ban mobil sport yang sangat mengutamakan durability.

Keempat, perhatikan waktu pemakaiannya. Perawatan pada ban memang bisa memperpanjang umurnya lebih lama. Namun, setiap ban pada masing-masing merk, tentu memiliki perbedaan pada life time atau waktu penggunaannya. Sebaiknya, pilihlah yang memiliki masa guna cukup panjang agar lebih awet dan tahan lama saat digunakan.

Kemudian, pilihlah ban yang memang sudah dikenali performanya, misalnya ban-ban yang sering digunakan pada arena balap. Ada banyak sekali merek ban yang terkenal memiliki performa sangat baik dan sering digunakan di arena balap, seperti Bridgestone, GT Radial dan masih banyak lagi merek-merek lainnya yang perlu Anda gali informasinya.

Carilah informasi mengenai ban khusus yang memiliki performa tinggi yang memang dikhususkan untuk tipe mobil sport. Harganya memang tentu saja lebih mahal, namun harga yang dibanderol biasanya pasti setara dengan performa yang dihasilkan. Anda juga bisa mencari infromasi terkait ini di laman wiringforums.com yang selalu menghadirkan berita aktual.

Wiringforums.com adalah salah satu situs yang sangat menarik, yaitu menghadirkan kumpulan informasi seputar teknologi, otomotif, gadget, games, VPN, media sosial, internet, dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksitas ini membuat situs tersebut begitu menarik untuk disimak. Oleh karena itu, perbarui selalu informasi otomotif Anda melalui situs tersebut.