Ciri Burung Cendrawasih

Ciri burung cendrawasih pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan burung pada umumnya. Namun ada satu hal yang membedakannya dengan jenis burung lain, warna dan bentuk bulunya. Warna bulunya begitu eksotis karena terdiri dari beberapa gabungan warna yang unik. Selain itu, pada burung pejantan juga memiliki sepasang antena di bagian ekor yang berfungsi sebagai penarik perhatian saat musim kawin. Sedangkan pada burung cendrawasih yang betina memiliki warna standar dan bahkan bisa dibilang cukup monoton. Para burung betina ini memiliki warna coklat yang berpadu dengan warna kuning. Sedangkan di bagian ekor, sang betina tidak memiliki sepasang antena layaknya burung cendrawasih pejantan.

Sedangkan untuk ukuran tubuh burung cendrawasih memiliki variasi yang berbeda. Ukuran tubuh burung cendrawasih juga tergantung dari spesies burung ini. Dalam klasifikasinya, burung ini dibedakan menjadi 3 ukuran primer, yakni kecil, sedang, dan besar. Untuk burung cendrawasih dewasa berukuran kecil biasanya tubuhnya memiliki panjang maksimal 25 cm. Sedangkan untuk burung cendrawasih berukuran sedang panjang maksimalnya berada di angka 33 cm. Untuk burung cendrawasih dewasa berukuran besar panjangnya bisa mencapai 110 cm. Cukup besar, kan? Sedangkan untuk beratnya, rata-rata beratnya hanya mencapai 50 hingga 80 gram saja. Namun ada pula spesies bernama Paruh Sabit Hitam yang cukup langka dengan berat hingga 430 gram.

Dengan mengetahui ciri burung cendrawasih maka kita bisa mengetahui identitas burung ini. Jadi jika di sebuah pasar atau forum binatang online Anda menemukan seseorang yang melakukan transaksi jual beli burung cendrawasih, maka Anda bisa langsung melaporkannya ke polisi agar ditindak dengan tegas. Burung cendrawasih merupakan spesies yang dilindungi karena jumlahnya terus berkurang dari masa ke masa. Tanpa adanya pencegahan dan penindakan yang tegas dari aparat, bukan mustahil jika burung cendrawasih akan segera punah dari muka bumi ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita saling mengingatkan kepada sanak saudara agar menjaga kelestarian alam dan habitat hewan yang ada di sekitarnya.

Scroll to Top