GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Desain Kamar Mandi Kecil

Mendesain kamar mandi kecil mempunyai tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, hal ini karena kita harus bisa menata segala sesuatunya agar kamar mandi tetap terlihat rapi dan nyaman ketika digunakan.

Beberapa tips dibawah ini mungkin akan membantu kita dalam mendesain kamar mandi yang berukuran kecil.

1. Tempatkan wastafel sudut

Pixabay.com

Biasanya keberadaan wastafel ini sangat mengganggu jalan keluar masuk kamar mandi, apalagi jika kamar mandinya berukuran kecil.

Kita bisa menempatkan wastafel tersebut diseberang kloset dibandingkan dengan menempatkannya di seberang shower. Ini juga dikarenakan bukaan kamar mandi yang biasanya memakan tempat apalagi jika kamar mandinya sempit.

2. Gunakan Tirai Shower

Kita bisa mengganti kaca Shower kamar mandi dengan pembatas tirai dengan memilih pola dan warna yang menarik. Tirai tersebut selain bisa digunakan untuk mempercantik tampilan kamar mandi, juga digunakan untuk menambah privasi.

Kita bisa memilih penggunaan tirai kamar mandi dengan warna yang cerah agar tampilan kamar mandi menjadi lebih terang dan luas.

3. Gunakan meja wastafel dengan satu rak

Kita bisa menggunakan meja wastafel yang menggunakan satu rak. Nantinya rak tersebut bisa difungsikan sebagai tempat untuk menggantung handuk. Selain itu bisa juga dipakai untuk menyimpan kertas toilet.

4. Pilih meja wastafel tempel

Penggunaan meja wastafel tempel bisa membuat tampilan kamar mandi akan menjadil lebih luas. Pemasangan meja yang menempel pada dinding juga bisa digunakan untuk menaruh benda-benda yang berukuran kecil.

5. Gunakan variasi bentuk untuk meja wastafel

Sebaiknya hindari menggunakan meja wastafel dengan sudut-sudut yang tajam. Karena hal ini akan membahayakan pemakainya, apalagi jika kamar mandinya berukuran sempit.

Sebagai gantinya maka kita bisa menggunakan meja yang mempunyai garis lengkung ataupun meja yang bersegi banyak.

6. Pasanglah handuk di pintu

Karena desain kamar mandi ini berukuran kecil maka kita bisa memanfaatkan bagian belakang pintun kamar mandi sebagai tempat untuk menggantungkan handuk. Pemanfaatan tersebut bisa menghemat ruangan, selain itu juga bisa untuk mempermudah ruang gerak kita.

7. Pasanglah cermin berukuran besar

Agar tampilan kamar mandi ini meppunyai kesan yang luas dan lapang, maka kita bisa menggunakan cermin yang berukuran besar.

Selain itu ada juga pemanfaatan cermin yang lain yaitu untuk menghemat ruangan . sehingga kita bisa menggunakan kamar mandi tersebut untuk dua orang sekaligus.

8. Bermain dalam pola skala besar

Agar desain kamar mandi kecil bisa tampak lebih luas, maka kita bisa menggunakan pola garis pada kamar mandi ataupun menggunakan bentuk geometris yang berukuran besar. Pola-pola tersebut akan menimbulkan tipuan mata yang menjadikan tampilan kamar mandi tampak lebih luas.

9. Pasang Watafel model trough

Desain kamar mandi yang berukuran kecil akan tampak lebih elegan dengan menggunakan wastafel model trough. Wastafel seperti Ini mempunyai profl yang rendah.

Dan apabila kita pasang didinding , wastafel itni tidak memerlukan banyak tempat sehingga akan lebih bebas dalam bergerak.

10. Gunakan keran yang menempel

Pixabay.com

Ruangan akan terlihat lebih luas apabila kita menggunakan keran yang menempel di dinding. Sehingga akan memberikan kesan yang luas diruangan yang sempit.

Itullah beberapa tips yang harus kita perhatikan dalam mendesain kamar mandi yang berukuran kecil. Tips tersebut kita gunakan agar tidak hanyamemperindah tampilan kamar mandi akan tetapi juga menjadikan kamar mandi kecil agar sesuai dengan fungsinya.

Biasanya untuk desain kamar mandi yang kecil, kita tidak memerlukan banyak perabotan yang bermacam-macam. Dan untuk menempatkan perabotan tersebut disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Konsultasi dengan ahlinya juga diperlukan untuk membuat kamar mandi kecil tampak lebih nyaman, bebas dari kesan sempit dan pengap. Dibawah ini ada beberapa ide kreatif yang dapat kita coba.

Kabinet yang mengikuti bentuk ruangan

Kita bisa menyiasati kamar mandi yang kecil dengan menempatkan kabinet built in pada sisi kamar. Kabinet tersebut kita bagi menjadi dua macam . yaitu kabinet terbuka yang bisa dipakai untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan.

Tujuannya yaitu agar kita lebih mudah dalam menggunakn barang-barang tersebut. Kita juga tidak perlu untuk untuk membuka dan menutup kabinet.

Selanjutnya adalah penempatan kabinet tertutup dengan pintu kaca. Kita bisa menggunakan kabiet tertutup ini untuk menyimpan peralatan mandi lain yang jarang terpakai.

Desain seperti ini kan membuat tampilan kamar mandi yang sempit akan tampak lebih luas.

Gunakan perabotan yang berukuran kecil dan multifungsi

Untuk kamar mandi yang berukuran kecil biasanya mempunyai ukuran 2 x 3 m. dan ukuran seperti ini merupakan ukuran yang sangat terbatas.

Karena ruangan yang terbatas maka kita bisa memanfaatkan atau menggunakan perabotan yang berukuran kecil. Selain itu kita juga bisa menggunakan perabotan yang mempunyai multifungsi.

Kita bisa menggunakan kloset, wastafel ataupun tempat sampah dengan ukuran yang kecil. Dengan seperti itu, maka ukuran kamar mandi tidak akan sesak dengan perabotan-perabotan.

Pencahayaan alami

Pencahayaan alami sangat penting digunakan untuk kamar mandi yang berukuran kecil. Karena hal ini akan membuat kamar mandi tidak pengap dan bau. Kita bisa menggunakan atap kaca diatas plafon.

Selain itu penempatan ventilasi juga sangat penting. Agar kita merasa rileks apabila sedang berada di kamar mandi walaupun kamar mandi tersebut berukuran kecil.