Jangan Kebanyakan, Berikut Efek Samping Buah Kurma Berlebih

 

Kurma menjadi buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan gizinya terbilang lengkap dari mineral sampai dengan kaya antioksidan. Tapi tahukah anda jika ada efek samping buah kurma jika dimakan berlebihan? Karena sejatinya semua yang berlebihan memang tidak baik. Dan berikut adalah efek samping konsumsi kurma secara berlebihan.

Efek Samping Konsumsi Kurma Berlebihan

  1. Diare

Jika manfaat kurma untuk membantu agar pencernaan anda tetap sehat. Maka jika anda mengkonsumsinya berlebihan maka anda akan mendapatkan hal sebaliknya. Kadar gula pada kurma cukup tinggi, sehingga jika anda konsumsi banyak akan membuat anda diare. Hal ini dikarenakan di dalam kurma kandungan gulanya adalah fluktosa.

Fluktosa juga bisa ditemukan di buah ataupun sayuran. Dan anda perlu ingat jika tidak semua orang bisa mencerna fruktosa dengan baik. Akibatnya gula yang melewati pencernaan tidak bisa diserap dengan baik. Pada saat tiba di usus bisa membuat anda sering buang gas atau diare. Karena di dalam usus akan bertemu dengan bakteri alami usus.

  1. Menyebabkan Ruam Kulit

Buah kurma memiliki banyak antioksidan yang mampu untuk melawan racun dalam tubuh. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan menyebabkan adanya ruam pada kulit. Kandungan sulfit di dalamnyalah yang menyebabkan adanya ruam. Terutama untuk anda yang memang sensitif pada sulfit. Beberapa juga mengalami kram perut sampai serangan asma.

Pada kurma kering, ruam yang ada bisa disebabkan karena jamur. Jamur ini memang banyak dijumpai pada buah buahan kering. Buah kering yang penyimpanannya tidak tepat akan menyebabkan kontaminasi jamur, senyawa beracun hingga aflatoksin. Maka dari itu sebelum memakannya sebaiknya dicuci dan tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.

  1. Memicu Kenaikan Gula Darah

Manfaat kurma untuk mencegah diabetes, maka efek samping buah kurma jika berlebihan dikonsumsi adalah memicu adanya kenaikan gula darah. Rasa manis yang ada di dalam kurma memang banyak, bahkan dalam gigitan kecil. Dalam satu buah kurma saja, karbohidratnya sekitar 18 gram dan kalorinya sebanyak 67. Maka dari itu kon sumsi secukupnya saja.

  1. Picu Hiperkalemia

Selain yang telah disebutkan, mengkonsumsi kurma secara berlebihan juga akan menyebabkan hiperkalemia. Hiperkalemia merupakan kondisi kadar kalium yang terlalu tinggi di dalam darah. Kalium di dalam kurma memang tinggi, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak. Karena jika terlalu banyak akan berbahaya bagi tubuh.

Kalium sendiri adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk saraf, otot dan jantung. Gejalanya bisa terlihat dari perasaan mata rasa atau kesemutan, kesulitan bernafas, kelalahan sampai jantung berdebar. Dalam kasus yang ekstrim, zat kalium yang terlalu tinggi akan menyebabkan gagal jantung. Ada baiknya jika megkonsumsi kurma diperhatikan porsinya.

  1. Kenaikan Berat Badan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan kalori dalam kurma begitu tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan. Apalagi jika anda mengkonsumsi yang kering. Karena kandungan airnya sudah berkurang sehingga kalorinya akan lebih tinggi.

Inilah alasan mengapa setelah berpuasa harus diperhatikan jumlah yang dikonsumsi. Padahal kurma termasuk buah yang baik untuk diet karena bisa membuat anda kenyang lebih lama. Untuk menentukan berapa banyak yang bisa dikonsumsi, anda bisa menentukan berdasarkan usia, kondisi dan lainnya. Sehingga tidak akan berlebihan untuk tubuh.

Dengan beberapa bahaya tersebut, tentu anda harus memikirkan jika ingin mengkonsumsi kurma berlebihan. Selain itu juga sebaiknya memilih kurma yang berkualitas bagus. Agen kurma bisa menjadi pilihan jika ingin mendapatkan kualitas terbaik. Selain itu juga ada banyak jenis kurma yang bisa anda coba. Dan menariknya harganya tentu akan lebih bersaing.

Scroll to Top