GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Fakta Kereta Api Jatiluhur Ekspres, Si Odong-Odong dari Jakarta

Kereta api Jatiluhur Ekspres adalah kereta api komuter di daerah operasional I Jakarta. Kereta ini mulai beroperasi pada 21 Januari 1996. Status kereta api lokal ini adalah beroperasi sampai saat ini.

Jatiluhur Ekspres berasal dari nama Waduk Jatiluhur yang berada di Kabupaten Purwakarta, yaitu. Kereta ini dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Memiliki julukan odong-odong, berikut adalah fakta kereta api Jatiluhur Ekspres.

Fakta Kereta Api Jatiluhur Ekspres

Kereta api Jatiluhur Ekspres adalah primadona bagi masyarakat Cikampek yang hendak ke Jakarta. Menjadi kereta favorit, Jatiluhur Ekspres bahkan dijuluki dengan nama odong-odong. Hal ini dikarenakan kecepatan dan harga tiketnya yang murah, yaitu Rp 5.000.

Jatiluhur Ekspres beroperasi dengan rangkaian CC 201 dan CC 203. Kereta ini merupakan layanan kereta komuter ekonomi AC. Masuk dalam daerah operasi I Jakarta, ini dia lintas pelayanan kereta Jatiluhur Ekspres

Lintas Layanan Kereta Api Jatiluhur Ekspres

Kereta api Jatiluhur Ekspres menghubungkan Tanjung Priuk dan Cikampek. Berdasarkan Gapeka 2019, mulai 8 Juni Jatiluhur tidak berhenti di stasiun Kemayoran. Kemudian, mulai 26 Oktober kereta ini berhenti di stasiun Kramat.

Kereta api Jatiluhur Ekspres berjalan bersama dengan kereta api Walahar Ekspres untuk perpanjangan ke stasiun Purwakarta. Sebelumnya kereta ini berakhir di stasiun Jakarta Kota. Namun, kini Jatiluhur Ekspres sudah dikembalikan ke rute aslinya, yaitu stasiun Tanjung Priok.