GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Untuk Cara Mengatasi Jari Tangan Kaku

Kondisi jari tangan yang terasa kaku saat disebabkan oleh berbagai hal seperti melakukan aktifitas yang berulang dalam jangka waktu yang lama seperti mengetik atau olah raga tertentu. Selain itu kondisi jari-jari tangan yang keseleo atau patah yang di gips dengan waktu yang agak lama juga dapat menyebabkan jari-jari tangan terasa kaku. Faktor penyakit persendian juga merupakan penyebab jari tangan terasa kaku. Adapun beberapa cara untuk mengatasi kondisi jari tangan yang terasa kaku yaitu sebagai berikut.

  • Istirahat

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengistirahatkan jari tangan Anda dari kegiatan yang berulang seperti menggunkan ponsel atau mengetik. Dengan mengistirahatkan jari tangan dapat meredakan peradangan pada tendon jari. Batasi beberapa kegiatan tersebut setiaknya 3 sampai 4 minggu.

 

  • Kompres dengan air dingin

Jari yang kaku jika disebabkan oleh radang persendian akan menimbukan rasa nyeri dan benjolan juga. Untuk meringankannya kompres menggunakan air dingin selama 10 sampai 15 menit. Selain menggunkan air dingin Anda juga dapat menggunakan air hangat untuk merendam jari yang terasa kaku.

 

  • Melakukan hand splint

Alat ini digunkan untuk mengatasi jari-jari yang terasa kaku agar tidak menekuk pada saat tidur. Selain itu juga bertujuan untuk mengistirahatkan tendon yang mengalami peradangan agar cepat pulih. Alat ini biasanya digunakan selama 6 minggu.

 

  • Minum obat pereda nyeri dan radang

Dengan mengkonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid dan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bisa menjadi solusi singkat untuk menghilangkan rasa kaku dan nyeri pada jari tangan serta meredakan peradanganya.

 

  • Menggunakan obat steroid suntik

Prosedur penyuntikn obat steroid ke selubung tendon merupakan salah satu cara medis yang dapat mengobati rasa kaku pada jari tangan yang disebabkan oleh penyakit radang persendian.

 

  • Operasi

Jika cara-cara diatas tidak mempan juga untuk mengatasi jari kaku makan jalan terakhir yang harus ditempuh adalah dengan operasi. Sebelum melakukan operasi Anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab rasa kaku tersebut agar tindakan yang diambil tidak salah.