GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Indahnya Jembatan Rumpiang yang Membentang di Atas Sungai Barito Kalimantan Selatan

 

Jembatan Rumpiang merupakan jembatan Panjang yang dibangun di atas sungai Barito. Jembatan ini juga menjadi salah satu ikon di Kalimantan Selatan. Diresmikan pada April 2008, jembatan ini masih berdiri kokoh dan semakin gagah menghiasi kota Maraban.

Berdirinya Jembatan Ikon Kota Maraban

Sebelum berdirinya jembatan ini, masyarakat kota Maraban harus menggunakan kapal feri jika ingin ke Kota Banjarmasin. Namun kini kesusahan tersebut telah dipermudah oleh adanya jembatan indah yang membentang di atas sungai Barito Kalimantan Selatan.

Jembatan ini memiliki Panjang 753 meter dengan menggunakan konstruksi pelengkung baja. Pembangunannya dimulai pada akhir tahun 2003 dan berakhir di bulan April 2005, serta diresmikan langsung oleh Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menjadi Landmark Sekaligus Kebanggaan

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang yang ada di Kalimantan. Tidak hanya pesona cantiknya yang bisa dilihat dari bentuk bangunan, namun kini jembatan yang ada di kota Maraban juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi pengunjung Kabupaten Barito.

Akses menuju jembatan ini bisa ditempuh dari pusat Kota Banjarmasin dengan waktu sekitar 1 jam. Jika dilihat,, bentuk jembatan ini memang kecil, namun pilar tinggi yang menyangga dan lengkungan yang sempurna menjadikan jembatan terlihat lebih kokoh serta menawan.

Adanya jembatan ini tentu membawa banyak kemudahan bagi masyarakat dan pengguna jalan lainnya. Ditambah dengan keindahan jembatan terpanjang di Kalimantan yang tidak diragukan lagi. Anda pun bisa mencob berkunjung ke jembatan ini jika sedang berada di Kota Banjarmasin.