GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Fungsi dan Susunan Isi Company Profile

Company profile merupakan gambaran umum mengenai bisnis perusahaan yang isinya berupa informasi penting milik perusahaan. Informasi tersebut nantinya akan ditujukan kepada investor atau pelanggan oleh perusahaan. Perusahaan memiliki kuasa untuk memilih poin penting yang akan ditujukan kepada pelanggan. Poin yang disampaikan akan disesuaikan dengan kepentingan pelanggan itu sendiri. Tidak hanya berisikan gambaran umum, profil perusahaan merupakan sebuah media promosi yang mencakup gambar, konten dan layout.

Melalui tampilan yang menarik, profil sebuah perusahaan diharapkan mampu menarik minat dan kesan pelanggan. Agar perusahaan mendapatkan profil perusahaan yang menarik, perusahaan dapat memanfaatkan jasa pembuatan video company profile. Jasa tersebut dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Fungsi Company Profile

pexels.com

Keseriusan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dapat dilihat dari profil perusahaan yang dimiliki. Perusahaan memiliki pertimbangannya tersendiri dalam membuat company profile. Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat profil yang dimiliki oleh perusahaan akan memberikan dampak baik bagi perusahaan itu sendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut akan fungsi atau manfaat dari profil sebuah perusahaan, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Memberikan gambaran umum akan perusahaan

Profil milik perusahaan merupakan wadah dimana perusahaan menunjukkan siapa mereka, visi dan misi perusahaan, sejarah berdirinya perusahaan dan produk atau jasa yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan.

  1. Sebagai media publikasi dan branding

Profil yang dimiliki oleh perusahaan berfungsi sebagai sumber informasi bagi pelanggan. Informasi yang berada di dalamnya berisikan akan produk atau jasa yang diperkenalkan oleh perusahaan. Untuk isinya sendiri, perusahaan akan membuatnya berdasarkan dengan sudut pandang pembaca. Isi profil juga akan disesuaikan dengan target atau tujuan perusahaan.

  1. Alat pemasaran

Fungsi lainnya dari profil perusahaan adalah sebagai alat pemasaran. Menurur fungsinya ini, media pemasaran harus dibuat dengan baik. Alat pemasaran sebaiknya dapat menarik minat pelanggan akan jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Selama pembuatan isi dilakukan dengan baik, perusahaan dapat mendorong pertumbuhan bisnis yang sedang dijalankan.

Alat pemasaran yang diusung oleh perusahaan harus diperkuat dengan nilai positif yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan harus memasukkan keunggulan, kualitas dan kapasitas yang dimiliki oleh perusahaan sehingga tak kalah saing dengan para pesaingnya.

Susunan Isi Company Profile

pexels.com

Dilihat dari fungsi dan pentingnya company profile bagi perusahaan, tak mengherankan jika media promosi tersebut harus dibuat dengan pertimbangan yang baik. Dalam pembuatan media promosi perusahaan, ada beberapa susunan atau isi dari profil milik perusahaan yang perlu diperhatikan dengan baik. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai susunan isi profil milik perusahaan:

Susunan pertama dari profil yang dimiliki oleh perusahaan adalah cover depan. Susunan ini merupakan hal wajib yang ada pada sebuah profil milik perusahaan. Tanpa adanya cover, pelanggan tidak dapat mengetahui identitas yang dimiliki oleh perusahaan. Desain cover harus dibuat dengan tampilan yang menarik agar rasa penasaran pelanggan terbangun dengan sendirinya.

Setelah cover, susunan atau isi dari profil sebuah perusahaan adalah kata pengantar. Pembuatan kata pengantar harus dibuat dengan singkat dan tidak perlu menggunakan kata yang bertele-tele. Pelanggan justru akan merasa bosan ketika kata pengantar dibuat dengan kata yang panjang. Jika ingin menarik minat pelanggan, hal-hal yang berbau membosankan sebaiknya dihindari sedini mungkin.

Sejarah perusahaan merupakan susunan profil yang memuat sejarah berdirinya perusahaan. Pada susunan ini, perusahaan dapat menjelaskan mengenai latar belakang berdirinya perusahaan, tahun berdirinya perusahaan, para pencetus perusahaan dan jenis usaha yang dikembangkan oleh perusahaan. Informasi yang tertera pada sejarah perusahaan dapat memperkaya pengetahuan pelanggan akan perusahaan yang ingin mereka kenal.

Selain cover, susunan wajib lainnya dari profil perusahaan adalah visi dan misi. Visi perusahaan berisikan gambaran mengenai cita-cita yang ingin diraih oleh perusahaan. Sedangkan misi merupakan informasi yang berisikan upaya yang dilakukan oleh perusahaan demi meraih cita-cita yang diinginkan.

Susunan anggota tim berisikan informasi akan pihak-pihak yang memiliki peranan di dalam perusahaan. Tidak hanya berisikan nama dan jabatan yang dipegang oleh masing-masing pihak, susunan anggota juga harus menerangkan akan tanggung jawab dan kualifikasi yang dipegang oleh semua pihak. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk mengetahui pihak mana yang harus mereka hubungi ketika berhadapan dengan masalah tertentu.

Susunan profil juga harus dilengkapi dengan keterangan akan produk atau jasa yang diandalkan oleh perusahaan. Jika diperhatikan dengan baik, pelanggan lebih fokus akan keterangan produk dan jasa yang ditawarkan daripada susunan company profile lainnya. Dalam pembuatan susunan ini, perusahaan harus memberikan penjelasan produk secara detail. Ada baiknya jika penjelasan produk dilengkapi dengan foto. Perusahaan hanya perlu memberikan rincian produk secara singkat saja guna menarik keingintahuan pelanggan.

Perusahaan juga harus melengkapi susunan profil dengan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan dapat menonjolkan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki perusahaan. Apakah perusahaan dapat memberikan jaminan produk yang dijual , apakah perusahaan menerapkan teknologi ramah lingkungan dan apakah perusahaan merupakan pihak pencetus produk menjadi pertanyaan yang dimiliki oleh pelanggan mengenai perusahaan tertentu.