GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Jalur Pendakian Gunung Wayang, Gunung Kembar

Pernah dengar mengenai Gunung Kembar? Ini disebut kembar karena terdiri dari dua gunung, yaitu Gunung Windu dan Gunung Wayang. Untuk mencapai gunung ini, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 40 km perjalanan dari pusat kota Bandung. Dua gunung ini juga sama-sama memiliki kawah. Jika Anda berniat mengunjungi Gunung ini, ada baiknya Anda baca jalur pendakian Gunung Wayang.

Hati-hati melewati Jalur Pendakian Gunung Wayang

Jalur pendakian dua gunung ini dapat Anda lakukan dari perkebunan Kertamanah, Pengalengan. Gunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke pintu masuk jalur karena di sana tidak ada angkutan umum.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan PLTU. Tidak heran bahwa kawasan ini memiliki enegy geothermal panas bumi. Hal ini disebabkan karena Gunung Wayang termasuk kawasan vulkanik aktif.

Namun untuk jalur pendakian di gunung ini, Anda harus hati-hati mengingat ada sebuah kejadian di masa lalu dari gunung ini. Pernah terjadi gempa bumi yang mengakibatkan kebocoran uap panas. Kebocoran ini mengakibatkan ledakan dan longsong. Hingga merenggut nyawa orang-orang yang ada di sekitarnya.

Di setiap Langkah, Anda harus hati-hati di tengah kepulan asap yang membumbung tinggi. Pastikan Anda menginjak batu yang kuat yang tidak menyebabkan longsor.