GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mengenal Lebih Dekat Jenis Alat Berat Konstruksi Beserta Fungsinya

 

Alat berat merupakan mesin dengan ukuran besar yang biasanya digunakan untuk kegiatan konstruksi. Beberapa diantaranya memindahkan bahan bangunan ke tempat lain, atau pengerjaan tanah.

Mesin berat ini terdiri dari alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisi, sistem kendali dan implemen. Keberadaan alat ini dapat mempercepat proses pengerjaan bangunan.

Bagi anda yang sering terlibat dalam kegiatan konstruksi, tentu cukup familiar dengan mesin berat. Berikut beberapa jenis alat berat yang sering digunakan untuk proyek bangunan.

Mesin Berat Excavator

Alat ini biasanya digunakan untuk menggali tanah yang sangat banyak, atau memindahkan bahan bangunan ke dalam truk. Selain itu, alat ini juga dapat mengangkut beban maupun menghancurkan bangunan.

Anda bisa mengenali alat in dengan desainnya yang khas, berupa bucket di bagian lengan. Penggunaan alat ini tidak dapat digunakan untuk memindahkan material dari tempat yang jauh.

Excavator dibedakan berdasarkan penggali yang berada di bagian depan. Meskipun demikian, semua excavator memiliki alat penggerak yang terdiri dari crawler.

Komponen tersebut berfungsi untuk menggali permukaan yang padat atau kasar. Selain itu, pengoperasian alat ini juga tidak memerlukan pemindahan tempat yang lebih banyak.

Excavator dibagi menjadi beberapa bagian seperti boom, arm, tracker, kabin, bucket, bucket cylinder dan boom cylinder. Buket cylinder berfungsi untuk menggerakkan bucket.

Mesin Berat Bulldozer

Fungsi dari jenis alat berat ini yaitu untuk mendorong material hasil galian ke samping maupun ke depan. Selain itu, mesin berat ini juga sering digunakan untuk membuat timbunan material pada lokasi yang akan dibangun.

Karena memiliki bucket di bagian dozer, banyak yang menyebut alat ini dengan front end dozer. Bulldozer dibagi menjadi whell tracktor dozer, dan crawler tractor dozer.

Wheel tractor dozer biasanya digunakan untuk mendorong beban yang lebih berat dan dapat digunakan di tanah berlumpur. Sedangkan crawler tractor dozer memiliki kecepatan lebih besar  dan tidak membutuhkan alat angkut.

Keunggulan dari alat saat ini yaitu mampu menahan beban yang sangat berat sekalipun. Namun, bulldozer tidak dapat digunakan jika jarak antara satu lokasi dengan yang lain cukup jauh.

Mesin Berat Motor Grader

Untuk menggusur tanah atau mencampurkan material dalam konstruksi, maka dibutuhkan alat berat motor grader. Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk pengurugan kembali galian tanah.

Sebenarnya ada banyak kegunaan motor grader yang lain, seperti pemotongan dan pembuatan saluran serta pemotongan untuk memperoleh bentuk tanah. Adapun bentuk jenis alat berat ini menyerupai wheel loader.

Namun bedanya pada motor grader tidak ada bucket, melainkan terdapat pisau di bagian tengah. Adapun fungsi dari alat ini yaitu meratakan tanah dan baik ke bagian depan maupun ke bagian samping.

Mesin Berat  Dump Truck

Alat ini bisa digunakan untuk memuat material yang lebih banyak dari truk. Tentunya jarak angkut dump truk lebih jauh jika dibandingkan excavator.

Adapun jenis material yang bisa dimuat dengan dump truck diantaranya pasir, tana maupun batuan. Semakin banyak material yang diangkut, maka waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan akan semakin lama.

Menggunakan truk dengan kapasitas yang terlalu besar juga kurang efektif jika material yang dipindahkan terlalu banyak. Selain merusak jalan yang dilalui, lokasi tersebut juga harus lebih lebar sehingga truk bisa masuk dengan baik.

Berdasarkan kapasitas material yang dimuat, dump truck terbagi menjadi dua jenis yang berbeda. Terdapat articulated dump truck yang digunakan untuk memindahkan material dalam jumlah yang lebih sedikit.

Selain itu, truk ini juga biasa digunakan untuk jalanan yang berlumpur. Sedangkan off highway truck merupakan jenis truk yang bisa memuat material hingga kapasitas 360 ton.

Sebaiknya anda memilih truk yang lebih kecil jika material yang ingin dipindahkan tidak terlalu banyak. Karena jenis alat berat ini dinilai lebih fleksibel untuk pengangkutan jarak dekat.

Selain yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak mesin berat yang lain seperti roller, crane dan scraper. Tentunya setiap jenis mesin berat tersebut ini memiliki kegunaan yang berbeda beda.

Sebelum memutuskan untuk menyewa mesin berat, sebaiknya anda perlu mempertimbangkan mengenai tujuan penggunaannya terlebih dahulu. Selain itu, pastikan jika alat tersebut bisa digunakan di lokasi anda.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai alat berat anda bisa mengunjungi https://jualbetoncor.com/.  Bahkan anda juga bisa mengetahui berapa harga sewa masing masing alat.