GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Sudah Tahu Cara Mengatasi Jerawat di Kepala? Yuk Cek Disini

Rasa gatal dan tidak nyaman seringkali terjadi pada area yang tumbuh jerawat. Beragam jenis jerawat tersebut juga dapat menyerang di beberapa area, mulai dari bagian wajah hingga di bagian kepala. Hal tersebut tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja. Penanganan yang tepat diperlukan untuk jenis jerawat yang muncul di daerah kepala. Berikut ini simak cara mengatasi jerawat di kepala disini

Cara Mengatasi Jerawat yang Tumbuh di Kulit Kepala

  1. Mencuci Rambut Secara Teratur

Salah satu penyebab munculnya jerawat pada bagian kepala adalah karena kurangnya kebersihan. Karena rambut yang jarang dicuci akan menyebabkan tumbuh jerawat pada bagian kulit kepalannya. Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan begitu saja agar jerawat yang tumbuh tidak semakin bertambah. Jerawat yang ada di kulit kepala ini dapat menyebabkan rasa gatal saat sedang beraktivitas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencuci rambut secara teratur. Jika memungkinkan anda juga bisa mencuci rambut setidaknya dua hari sekali sehingga keadaan rambut menjadi lebih bersih. Kebersihan kulit kepala pun akan memberikan dampak yang baik setelahnya. Misalnya adalah terbebas dari ketombe rambut dan juga bebas dari jerawat di kepala.

  1. Pilih Sampo yang Memiliki Kandungan Antibakteri

Seiring berjalannya waktu terdapat beragam jenis sampo yang dijual saat ini. Dari beragam sampo tersebut juga dapat dibedakan dari kandungan yang ada di dalamnya. Mulai dari sampo yang lebih mengedepankan aromanya, hingga sampo yang lebih berfokus pada kandungan antibakterinya. Dalam mengatasi masalah jerawat yang muncul, Anda bisa memilih jenis sampo yang kedua.

Gunakan jenis sampo yang memiliki kandungan antibakteri pada komposisi di dalamnya. Diharapkan dengan cara tersebut dapat membantu memberantas bakteri yang menyerang di bagian kulit kepala. Mencuci rambut dengan air yang hangat juga bisa Anda lakukan untuk memberikan hasil yang lebih baik. Diharapkan dengan cara tersebut dapat membantu mengatasi masalah berupa jerawat di kepala.

  1. Gunakan Sampo atau Kondisioner yang Cocok

Selain produk sampo, jenis produk lain yang juga sering digunakan saat keramas adalah kondisioner. Dengan produk berupa kondisioner tersebut dapat membantu rambut menjadi lebih halus daripada sebelumnya. Namun penggunaan kedua jenis produk ini juga harus diseuaikan dengan keadaan kulit kepala yang ada. Jika kulit kepala sedang berjerawat, maka terdapat beberapa jenis produk yang bisa Anda pilih.

Jenis sampo atau kondisioner yang bisa Anda pilih adalah yang memiliki kandungan asam glikolat, asam salisilat, tea tree oil, dan juga minyak jojoba. Dari kandungan tersebut dapat memberikan dampak yang baik kepada kulit kepala yang ada. Sel sel kulit mati akan terkelupas serta dapat mambantu membunuh bakteri tertentu yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di kepala.

  1. Hindari Pemakaian Jenis Produk Tertentu

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini terdapat beragam jenis produk yang ditujukan untuk rambut dan kulit kepala. Mulai dari pomade, hairspray, dan juga minyak rambut. Dari sekian banyak produk yang ditawarkan, Anda juga harus jeli memilah produk yang sesuai untuk jenis kulit kepala yang berjerawat. Karena dengan produk yang menyumbat pori pori kulit dapat memperburuk masalah tersebut.

Komedogenik adalah istilah lain yang digunakan untuk jenis produk dengan risiko menyumbat pori pori pada kulit kepala. Oleh karena itu, hindari jenis produk yang memiliki sifat komedogenik tersebut. Namu jika jerawat telah muncul, Anda pun masih dapat melalukan langkah tertentu demi membasmi masalah di kulit kepala tersebut. Karena masalah berupa jerawat di kepala juga terbilang cukup mengganggu.

  1. Hindari Memencet Jerawat yang Ada

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan agar tidak memperburuk keadaan adalah dengan tidak memencet jerawat. Tak hanya jerawat yang ada di bagian kulit kepala saja, sebaiknya hindari pula memencet jerawat yang ada di bagian tubuh yang lain. Misalnya adalah jerawat yang ada di bagian wajah, lengan, dan juga punggung. Dikhawatirkan hal tersebut akan memperparah keadaan dari jerawat yang tumbuh.

Tak hanya dengan jari saja, memencet jerawat dengan bantuan alat khusus sebaiknya juga dihindari. Karena hal tersebut dapat meingkatkan risiko terjadinya infeksi pada bagian yang berjerawat. Dengan keadaan yang semakin parah tentu saja proses penyembuhan pada jerawat tersebut juga akan semakin berlangsung lama. Hal inilah yang juga sebaiknya anda hindari guna mencegah terjadinya infeksi.

  1. Minimalisir Terjadinya Infeksi pada Kulit Kepala

Beragam cara dapat dilakukan dalam rangka membantu penampilan yang dimiliki. Misalnya adalah dengan mengeriting rambut, meluruskan rambut, serta menggunakan produk berbahan kimia tertentu pada rambut. Namun demi mencegah jerawat di kepala semakin memburuk, Anda dapat menghindari beberapa hal tersebut selama beberapa waktu hingga keadaan membaik.

Hal ini dilakukan tentu dengan maksud dan tujuan tersendiri di baliknya. Karena dikhawatirkan beragam proses yang dilakuakan pada rambut tersebut dapat menimbulkan terjadinya infeksi pada kulit kepala. Iritasi yang terjadi pun akan menyebabkan keadaan jerawat menjadi semakin memburuk daripada sebelumnya. Proses penyembuhan juga akan menjadi tidak semudah sebelumnya.

  1. Kompres Kulit Kepala dengan Air Garam yang Hangat

Air garam merupakan salah satu hal yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya adalah untuk membantu merawat kulit kepala yang ditumbuhi jerawat. Cara untuk melakukannya juga terbilang mudah untuk dicoba. Sebelum keramas, Anda bisa mengusap kulit pada kepala dengan menggunakan air hangat yang memiliki kandungan garam di dalamnya.

Gunakan satu sendok teh garam untuk melakukan hal tersebut. Tak hanya menggunakan air garam saja, Anda juga bisa menggunakan cairan lain berupa cuka putih untuk melakukan hal serupa. Dengan cairan tersebut diharapkan mampu membantu mengatasi masalah jerawat yang terjadi pada kulit kepala. Dari beragam cara yang ada, mana cara yang akan Anda lakukan terlebih dahulu?

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang berjerawat dengan kualitas yang baik. Pilih produk yang benar benar aman dan telah lolos uji dari PBOM. Seperti misalnya adalah produk untuk mengatasi jerawat yang ada di Pratista. Selain obat untuk jerawat pada wajah, Pratista juga menawarkan obat penghilang bopeng jerawat yang dapat Anda gunakan dengan hasil yang terbaik