Berbagai Kelebihan POLTEKIP yang Wajib Kamu Ketahui

Ketika pendaftaran CPNS tiba, salah satu Kementerian di Indonesia yang selalu banjir pelamar adalah Kementerian Hukum dan HAM. Tak jarang, Kementerian ini memiliki jumlah pelamar paling banyak dari sekian banyak Kementerian yang dibuka pendaftarannya. Nah, daripada kamu pusing untuk berjibaku berebut kursi langka pada Kementerian Hukum dan HAM, ada baiknya kamu menyusun kariermu dari sekarang dengan bergabung di POLTEKIP. Kira-kira, apa saja kelebihan POLTEKIP? Yuk, disimak ulasannya.

Table of Contents

Berbagai Macam Kelebihan POLTEKIP

Berbicara mengenai Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau yang disingkat POLTEKIP, sekolah ini merupakan sekolah kedinasan yang mana berada di bawah asuhan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Berdirinya kampus ini dulu dikarenakan adanya kebutuhan mendesak akan sumber daya manusia kompeten dan profesional untuk ditempatkan dalam instansi Kemenkumham.

Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh POLTEKIP sangat banyak, antara lain :

  1. Memiliki Pendidikan Hingga DIV

Dulunya, POLTEKIP bernama Akademi Ilmu Permasyarakatan alias AKIP. Namun sekarang, sekolah yang bertugas mencetak kader terbaik dalam bidang kemasyarakatan ini tidak hanya memberimu pendidikan sampai Diploma III, namun juga memberimu pendidikan yang profesional hingga Diploma IV.

  1. Memahami Ilmu Sistem Pemasyarakatan

Ada alasan mengapa sekolah ini mengajarkan Ilmu Pemasyarakatan meski sejatinya berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM yang banyak mengurusi masalah kriminalitas. Hal ini karena sistem perlakuan terhadap para pelanggar hukum yang ada di Indonesia berubah sehingga sebutan yang dulunya berupa Sistem Kepenjaraan kini berganti menjadi Sistem Kepemasyarakatan. Selain lebih humanis, sebutan ini juga dinilai lebih menghormati HAM meski sejatinya mereka yang dipenjara sudah melanggar hukum.

stocksnap.io
  1. Lulus Langsung Menjabat ASN

Ada kelebihan yang sangat disukai mereka yang sekolah kedinasan, yakni ketika lulus tidak perlu lagi bingung cari kerja. Pasalnya, mereka akan langsung diangkat menjadi PNS dan ditempatkan bekerja yang sesuai oleh kebutuhan pemerintah. Adapun di POLTEKIP ini, mereka yang lulus akan menjadi PNS dibawah bendera Kemenkumham dan mendapat jabatan.

Untuk informasi, mereka yang lulus dari POLTEKIP akan langsung mendapat pangkat / golongan setinggi-tingginya adalah Pengatur Muda Tingkat 1 dengan golongan II/b. Pengangkatan ini juga akan dibuktikan dengan adanya surat pengantar dari para pejabat Pimpinan Eselon I Kanwil penempatan.

  1. Prospek Kerja Luas

Kamu tidak hanya akan bekerja di Ibukota saja, melainkan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan di rolling ke berbagai wilayah jika ada yang membutuhkan. Itulah mengapa prospek kerja lulusan POLTEKIP sangat luas dan tidak terbatas seperti ketika kamu lulus dari Perguruan Tinggi biasa dan mencari kerja di perusahaan yang mana kamu selamanya akan ada di kantor di satu kota tersebut.

  1. Pendaftaran Sekolah Sangat Mudah

Terakhir, kamu yang ingin melamar ke sekolah ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan berkas dan mendaftar online untuk kemudian bisa mengikuti tes masuknya. Ada beberapa tes yang akan kamu jalani sesuai standar kompetensi POLTEKIP. Usahakan di masing-masing tes tersebut, kamu memberikan yang terbaik agar jalanmu masuk ke sekolah kedinasan bergengsi ini semakin mulus.

stocksnap.io

Cara Mudah Masuk POLTEKIP

Bagi kamu yang sudah yakin masuk ke POLTEKIP, maka kamu harus tahu dulu apa saja syarat masuknya. Adapun untuk bisa menjadi taruna di POLTEKIP sendiri bermacam-macam syaratnya, yakni kamu harus seorang WNI yang sudah berusia minimal 17 tahun dan lulus SMA Sederajat serta memiliki ijazah. Selain itu, kamu juga harus mendapat nilai setidaknya 7 untuk anak-anak di luar wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur dan nilai minimal 6,2 untuk anak-anak di wilayah yang sudah disebutkan.

Tidak hanya syarat itu saja, kamu juga harus memiliki tinggi badan minimal 158 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria, sehat fisik dan mental, belum menikah, serta tidak bertato. Kamu juga harus bebas HIV/AIDS, tidak berkacamata, bebas narkoba, dan juga tidak buta warna atau tuli.

Adapun beberapa dokumen penting yang mendukung juga sangat dibutuhkan untuk bisa mempermudah jalanmu diterima, yakni mulai dari ijazah asli, nilai rapor kelas XII asli, E-KTP asli, hingga Surat Keterangan Catatan Kepolisian asli dari POLRES / POLDA. Semuanya harus ditunjukkan tidak dalam bentuk fotokopi dan kamu harus bisa menjaga kebenaran isinya.

Selain dokumen-dokumen itu, kamu juga harus menunjukkan akta kelahiran asli dari Dukcapil, surat sehat asli dari RS Pemerintah, dan surat belum menikah yang asli dari kelurahan domisilimu. Belum selesai sampai disini, kamu juga harus memiliki surat pernyataan bermaterai hingga pas foto.

Nah, selain memenuhi semua syarat di atas, kamu pun juga harus bersiap untuk menghadapi ujian masuknya. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mengikuti Bimbel POLTEKIP yang akan mampu mengantarmu ke pintu gerbang sekolah kedinasan tersebut dan memperbesar kesempatanmu untuk bisa melangkah masuk kesana.

Demikian ulasan mengenai kelebihan POLTEKIP dan juga cara masuknya. Semoga ulasannya bermanfaat untuk kamu dan selamat meniti pendidikan serta karier cerah.

Scroll to Top