GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

6 Cara Sukses Menjadi Juara Di Lomba Burung Lovebird

Biasanya terdapat beberapa jenis perlombaan gantangan suara burung Lovebird di lapangan mulai dari level terendah sampai level yang tertinggi. Jika Anda sangat berhasrat untuk menjadii pemenang dalam perlombaan tersebut, maka ada beberapa strategi yang harus dilakukan, diantaranya yaitu:

  • Sebaiknya ikut lomba level terendah lebih dulu

Jika burung Lovebird yang Anda pelihara mempunyai suara yang baik dan masuk kriteria perlombaan serta berpeluang besar untuk menjadi juara, maka alangkah baiknya jika diikutkan di kompetisi yang berada di level terbawah.

Tujuannya, untuk melatih dan memperkenalkan suasana perlombaan kepada burung Lovebird peliharaan Anda. Selain itu, kompetisi level terendah biasanya memiliki biaya pendaftaran murah dan peluang untuk menjadi juara sangat besar.

Sebab, competitor atau lawan Anda pasti tidak seberat ketika Anda mengikuti kompetisi di level tertinggi. Meskipun mengikuti lomba level terendah, Anda harus tetap berusaha menjaga kelempabapan kerodong.

Tujuannya agar burung tidak merasa kepanasan dan membantu mereka lebih rileks supaya tidak mudah stress atau drop serta menjaga kondisi burung Lovebird Anda tetap merasa tenang dan nyaman. Sebelum Anda pergi ke tempat perlombaan, sebaiknya kerodong burung Lovebird Anda disemprot lebih dulu, baik di tempat perlombaan hingga pulang dari arena perlombaan.

  • Mempersiapkan seluruh keperluan

Sebelum Anda pergi ke arena perlombaan, sebaiknya persiapkan dulu dengan baik mengenai apa-apa saja yang nantinya akan sangat diperlukan di lapangan. Tujuan mempersiapkan di sini untuuk membuat burung Lovebird Anda tetap merasa nyaman.

Jadi, And abisa membawa semprotan untuk mandi di arena perlombaan, membawa EF seperti Kangkug, jagung muda dan lain sebagainya, membawa pakan hariannya seperti canary seed atay milet puti dan alat-alat tambahan lainnya yang nanti Anda butuhkan ketika berada di arena perlombaan.

pxhere.com
  • Memilih tempat yang teduh dan nyaman

Ketika Anda sudah tiba di arena perlombaan, Anda jangan langsung buru-buru untuk membeli tiket, disarankan lebih dulu untuk mencari tempat yang teduh dan nyaman agar burung Anda tidak merasa kepanasan dan terganggu dengan gangguang predator atau serangga. Dan yang paling penting, jauhkan burung Lovebird peliharaan Anda dari burung-burung lain sehingga burung Anda tidak terpancing untuk bunyi terus sebelum digantang.

Tujuannya yaitu agar burung Lovebird peliharaan Anda tidak langsung kecapekan sebelum kompetisi diselenggarakan dan nantinya kendor pada saat kompetisi dilangsung. Selain itu, dengan memilih tempat yang aman dan nyaman, Anda bisa lebih menyetel dengan baik burung Lovebird Anda sebelum waktunya digantang.

  • Membuka krodong sebelum naik gantangan

Ketika Anda berada di arena perlombaan, Anda sebaiknya menyetting lebih dulu krodong burung Lovebird Anda sebelum perlombaan dimulai. Settingan krodong yang baik akan mempengaruhi karakteristik dari burung peliharaan Anda.

Saat menyetting krodong harus disesuaikan dengan permainananna. Jika bermain di single fighter, Anda harus asingkan burung Lovebird Anda ketika datang. Tetapi sebaliknya, jika Anda berada di settingan untulan, Anda bisa menyettingnya dengan untulan dan tentunya perlakuan di lapangan akan berbeda.

Kunci utama unutuk menyetting dan mengetahui karakter dari burung Lovebird, Anda bisa menggunakan perasaan, analisa, insting dan naluri yang tepat beserta perlakukan yang tepat untuk burung Lovebird andalan Anda pada saat di rumah atau di lapangan.

pxhere.com
  • Ditrek dulu atau tidak

Sebelum Anda menaikkan burung Lovebird ke gantangan, maka harus dilihat lebih dulu apakah burung tersebut harus ditrek atau tidak. Biasanya tipe atau karakter burung Lovebird sangat berbeda-beda, ada yang harus ditrek lebih dulu, ada juga yang tidak perlu.

Biasanya, jika yang perlu ditrek akan membuat burung tersebut lebih panas dan menstabilkan birahinya. Anda bisa men-treknya dengan menggantung sangkar di arena kontes ½ kelas sebelum menunggu giliran burung Lovebird Anda untuk digantang.

Tujuan melakukan trek tersebut untuk meningkatkan emosional dan power yang akan membuat birahi burung Lovebird Anda menjadi lebih stabil ketika digantang. Tetapi, ada juga tipe dan karakteristik burung Lovebird yang tidak perlu digantang.

Namun semua kembali lagi ke Anda, lihat kembali bagaimana perilaku Lovebird peliharaan Anda sebelum digantang. Apakah perlu ditrek lebih dulu atau tidak sama sekali. Dengan mengenali karakter dari burung peliharaan Anda, maka akan jauh lebih mudah untuk memutuskan ditrek atau tidak.

  • Memilih nomor gantangan yang sesuai dengan karakter burung

Biasanya, beberapa perlombaan burung Lovebird membebaskan pesertanya untuk memilih nomor gantangan. Jika diberi kebebasan, maka sebaiknya Anda harus membuat pertimbangan yang tepat sebelum memilih nomor gantangan.

Sebab, nomor gantangan akan mempengaruhi penampilan burung Lovebird Anda ketika digantang nanti. Jadi, jika burung Anda memiliki karakter penakut, maka sebaiknya, Anda memiliih nomor gantangan di tengah dan menjauhkannya dari teriakan para peserta.

Namun jika burung Lovebird Anda punya mental yang bagus dan tidak takut ketika diteriakai, malah justru semakin mendengar teriakan suaranya akan lebih gacor, maka Anda bisa menempatkan burung Lovebird Anda di pinggir arena.

Kemudian, Anda bisa membandingkan performa burung tersebut di setiap penampilannya dan dari setiap karakter lomba pada setiap posisi gantangan dari berbagai perlombaan yang telah diikuti. Jika Anda sudah melakukan analisa, maka Anda bisa menentukan perlombaan seperti apa yang cocok untuk karakteristik dari burung Lovebird Anda.