GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Ini yang harus Anda Lakukan Jika Lupa Password WiFi IndiHome

Password merupakan kata kunci yang sangat penting ketika kita ingin mengakses sesuatu. Hal ini termasuk dengan password WiFi IndiHome. Sebagai akses yang sangat penting, WiFi seharusnya memiliki password yang cukup kuat. Hal ini berguna untuk meminimalisasi faktor kelupaan yang terjadi pada anda. Jika password wifi anda kurang meyakinkan maka anda bisa menggantinya dengan segera.

Cara mengganti password WiFi IndiHome ini sangatlah mudah. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorialnya. Lantas mengapa harus diganti? Hal ini karena apabila passwordnya lupa maka anda kesulitan untuk mengakses Internet. Namun sebelum memikirkan cara mengganti password ada baiknya anda kaji terlebih dahulu apa penyebab dari lupa Password

Penyebab Lupa Password WiFi IndiHome

pexels.com

Ternyata peristiwa kelupaan password juga ada penyebab tersendiri. Jika sudah lupa Password maka masalahnya adalah fatal, apalagi jika itu merupakan password WiFi. Namun anda jangan khawatir karena saat ini sudah banyak kemudahan yang bisa anda ambil dalam mengembalikan password.

Namun sebelum itu kita harus mengetahui apa sih penyebab dari seseorang bisa lupa terhadap password WiFi-nya?

Password Terlalu Rumit

Alih-alih membuat password yang sulit untuk dibajak, Anda justru kelupaan terhadap password tersebut karena rumitnya kombinasi angka dan huruf. Jika ini sudah terjadi maka anda tidak bisa menyalahkan siapa-siapa.

Mungkin hal ini bisa jadi pelajaran bagi anda selanjutnya untuk memilih password yang baik namun mudah dihafal. Jangan sampai anda menyepelekan password ini dan melupakannya begitu saja.

Tidak Mencatat Password

Password apapun itu wajib hukumnya untuk dicatat di tempat khusus. Namun mencatatnya harus di tempat yang paling aman dan terjaga. Dengan begitu ketika anda sewaktu-waktu lupa Password, maka anda tinggal membuka catatan tersebut.

Sebaiknya anda mencatatnya dengan kertas dan jangan mencatat di ponsel. Karena di ponsel akan rentan untuk dibajak oleh orang lain.

Dalam mencatat pun anda harus memperhatikan untuk menggunakan sandi khusus yang hanya anda yang tahu. Apabila saat ini password anda kurang aman maka segeralah ganti password WiFi IndiHome Anda. Karena Cara Mengganti Password WiFi IndiHome ini sangatlah mudah.

pexels.com

Password WiFi IndiHome Anda Dibajak

Hal ini bisa jadi penyebab anda kelupaan password. Sebenarnya namanya bukan kelupaan, namun memang password anda yang sengaja diganti oleh pihak lain sehingga anda akan kesulitan ketika mengakses ulang.

Hal ini adalah yang paling parah. Untuk itu, Anda harus mewaspadai jika hal ini terjadi pada anda. Caranya adalah dengan melakukan tindakan preventif dan pencegahan guna meningkatkan keamanan password WiFi. Jangan sampai orang lain dengan mudahnya masuk lalu mengacak-acak password anda.

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome

 

Setelah anda lupa bagaimana bentukan password anda maka langkah berikutnya adalah dengan menggantinya. Cara ubah password WiFi IndiHome ini sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya

  1. Menghubungkan Laptop dengan Jaringan WiFi IndiHome Anda.

Sebelum memulai langkah penggantian password, maka anda perlu untuk menghubungkan jaringan WiFi IndiHome dengan lapang. Untuk mengganti password WiFi IndiHome, maka anda perlu untuk memasukkan password WiFi yang lama. Apabila sambungan WiFi dan komputer hanya sebatas kabel LAN, maka hal itu tidaklah masalah karena anda masih tetap bisa mengganti password.

  1. Membuka Alamat khusus.

Alamat khusus yang dimaksudkan disini adalah alamat yang digunakan untuk membuka pengaturan WiFi. Pada bagian aplikasi browser baik di PC ataupun laptop maka anda bisa menuliskan alamat http://192.168.1.1/ . Tulislah alamat tersebut pada adress bar lalu pilih enter untuk membukanya. Nantinya di halaman tersebut anda disuruh untuk memasukkan mulai dari username dan juga password.

Namun jika ternyata anda belum pernah mengakses halaman tersebut sebelumnya. Atau baru pertama kali mengakses maka anda bisa mengisi dengab format “username Name user  password”. Perlu diperhatikan sebelumnya, dalam mengisi username maupun password pastikan anda mengisinya dengan huruf kecil semua. Dan misalnya anda tidak bisa mengakses halaman tersebut maka cobalah untuk buka halaman ini  http://192.168.1.254/ atau http://192.168.0.1/.

  1. Pergi ke Network

Apabila proses login sudah berjalan dengan sempurna maka anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan. Letak dari menu pengaturan ini pada umumnya ada di bagian sebelah kiri. Setelah itu pilihlah menu Network.

  1. Mengganti Password

Pada menu Network tersebut anda bisa memilih sub-menu WLAN. Setelah itu pilihlah Security. Pada bagian kanan dari layar anda, maka bisa melihat menu khusus. Dalam hal mengganti password dari IndiHome Anda maka anda bisa melihat pada kolom bernama WPA Passphrase. Pada kolom yang sudah tersedia anda bisa menuliskan password wifi baru anda. Jika sudah berhasil, klik Submit dan tunggu hingga beberapa saat.

Demikian penjelasan mengenai cara penanganan apabila ternyata anda lupa terhadap password WiFi IndiHome. Kelupaan merupakan faktor alamiah yang bisa diatasi. Untuk itu anda jangan sampai khawatir dan langsung menyerah begitu saja. Disamping itu anda juga harus tetap teliti dalam membuat password. Jangan sampai password tersebut malah membingungkan anda. Sebelum terlambat ada baiknya jika anda segera mengganti password ke kata yang lebih aman lagi. Caranya sudah tertera diatas. Sangatlah mudah!