Mengenal Fakta Buah Cempedak, Si Buah Mirip Nangka Yang Wajib Dicicipi

Buah Cimpedak disebut sebagai salah satu buah yang masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Meski namanya sedikit asing, namun dari segi bentuknya dijamin anda sudah mengenal atau bahkan hampir tertipu dibuatnya. Selain dari bentuknya yang hampir serupa, buah mirip nangka satu ini menyimpan fakta unik untuk dikupas. Daripada penasaran, simak dahulu ulasan singkat berikut.

Fakta Menarik dari Buah Cimpedak

  1. Dianggap Sebagai Buah Nangka

Jika dilihat sekilas, tampilan luar Cimpedak memang tidaklah jauh berbeda dengan nangka, namun akan tampak berbeda ketika dilihat lebih jeli lagi. Apabila hanya melihatnya sekilas, wajar saja jika masih banyak yang merasa tertipu dan kesulitan untuk membedakannya. Agar tidak tertipu kembali, penting untuk mengetahui ciri ciri buah Cimpedak sebelum membelinya. Salah satu ciri khasnya bahkan bisa dibedakan hanya dengan melihat bagian kulitnya.

Kulit Cimpedak cenderung berwarna kuning saat sudah matang, serta memiliki duri tumpul atau bahkan hanya sebuah titik bak sebuah duri. Sangat berbeda sekali dengan buah nangka yang justru memiliki kulit berduri tajam. Sedangkan dari segi aroma, Cimpedak dirasa mengeluarkan aroma lebih menyengat bahkan ketika dibandingkan dengan buah durian sekalipun. Dari segi tektur, daging buahnya terasa lebih lembek dan berbeda dengan si buah nangka.

  1. Aneka Olahan dari Buah Cimpedak

Selain dikonsumsi secara langsung, buah mirip nangka satu ini pun kerap kali diolah menjadi aneka kuliner sedap tanpa mengurangi aroma khasnya. Lebih uniknya lagi, semua bagian buahnya dapat diolah menjadi berbagai macam jenis. Mulai dari bijinya yang dapat diolah dengan cara direbus maupun digoreng biasa, dijamin rasanya tidak akan pernah bisa ditolak. Sedangkan buahnya yang terasa manis, sangat cocok dikonsumsi langsung ataupun diolah dahulu.

Beberapa olahan dari daging buahnya, umumnya diolah menjadi cake ataupun diolah biasa menggunakan tepung dan digoreng kering. Yang manapun olahannya, rasa dari buah satu ini siap menemani hari hari anda. Bahkan sebelumĀ  buahnya matang, masyarakat pun menggunakan buahnya yang masih muda untuk diolah menjadi sayur lodeh dengan sedikit tambahan santan. Rasa masakannya pun terasa begitu lezat saat disandingkan dengan nasi putih hangat.

  1. Salah Satu Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, hampir seluruh bagian buah mirip nangka ini dapat dikonsumsi dan baik bagi tubuh manusia. Bahkan tidak terkecuali bagian kulitnya yang difermentasi untuk menjadi Mandai dengan tektur bak daging yang banyak ditemui di Banjarmasin. Uniknya lagi, Mandai masih bisa diolah kembali dengan cara digoreng bak daging empal dan dibumbui dengan sambal balado, lodeh, keripik hingga tumis.

Bentuk memang hampir serupa, namun cita rasanya tentu tidak bisa disepadankan. Bahkan tidak banyak pula yang hampir saja tertipu ketika melihat tampilannya yang memang bisa dikatakan hampir serupa. Namun setelah melihat isinya, tentu saja anda akan menyadari bahwa keduanya merupakan buah yang berbeda. Hal yang pasti, baik buah nangka maupun buah Cimpedak memiliki cita rasa khas tidak terlupa.

Scroll to Top