GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mengenal Nama Ilmiah Rambutan

Sejarah mengatakan awal mula penggunaan bahasa latin untuk digunakan dalam penamaan organisme dilakukan carolus Linnaeus di abad 18. Alasan digunakannya bahasa latin adalah karena bahasa ini tidak digunakan maupun berasal dari negara manapun di muka bumi. Selaini tu penggunaan dua kata dalam penamaannya adalah dikarenakan dapat menjadikan identifikasi pada satu jenis organisme lebih mudah. Nama latin rambutan sendiri adalah Nephelium Lappaceum.

Kemudian selain nama latin rambutan, yang perlu kita ketahui dari keluarga rambutan

Penamaan latin sebenarnya menyasar pada tumbuhan / hewan bukan pada hasi tanaman. Sebenarnya tidak ada nama latin rambutan, yang ada adalah nama latin pohon rambutan. Namun karena rambutan secara murni adalah hasil dari pohon rambutan tanpa ada rekayasa akhirnya digunakanlah nama yang sama untuk mejelaskan objek berbeda namun merupakan kesatuan. Berikut penjelasannya:

Nama latin Rambutan

Tanaman rambutan memiliki nama latin Nephelium Lappaceum yang merupakan satu saudara dengan leci maupun kelengkeng. Rambutan merupakan member dari suku sapindaceae yang merupakan kelas magnoliopsida atau biasa disebut tanaman berkeping dua dan merupakan divisi Tracheophyta (Tumbuhan Berpembuluh).

Peserbaran Rambutan

Setalah mengetahui Nephelium Lappaceum adalah nama latin rambutan dan suku keluarga buah rambutan, selanjutnya kita harus memahami dimanakah tanaman ini akan tumbuh dan berbuah. Tanaman rambutan adalah tanaman tropis yang banyak terdapat di Indonesia dan asia tenggara, tanaman ini berasal dari kepulauan asia tenggara yang kemudian saat ini sudah tersebar ke beberapa dareah tropis seperti afrika, kamboja, amerika serikat, karibia dan beberapa daerah tropis lainnya.

Iklim pertumbuhan Rambutan

Suhu yang dibutuhkan cukup hangat sekitar 25 derajat dengan ketinggian 30-300 m diatas permukaan laut sebagai tinggi paling optimal untuk menghasilkan buah yang baik. Diperlukan jumlah air dan matahari yang cukup untuk membuat pertumbuhan rambutan cukup optimal

Itulah sedikit ulasan mengenai pertumbuhan, persebaran hingga nama latin rambutan, dengan mengetahui ini dapat menambah wawasan terkait pohon rambutan. Semoga bermanfaat