GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mengetahui Nama Ilmiah Kelengkeng, Dimocarpus longan

 

Tahukah Anda apa nama ilmiah kelengkeng? Tanaman yang memiliki buah berbentuk bulat dan berukuran kecil ini memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan. Tanaman ini pastinya sudah sangat familiar bagi Anda, mengingat hampir di setiap daerah banyak dijumpai tanaman buah ini. Walaupun tidak dipungkiri, penyebutan namanya kadang berbeda-beda di masing-masing tiap daerahnya.

Di Indonesia sendiri, kelengkeng memiliki banyak nama mulai dari lengkeng, longan, mata kucing dan lain-lain. Banyaknya penyebutan nama ini sebenarnya tidak menjadi masalah. Namun Perbedaan ini mungkin bisa saja menjadi kendala bila disebutkan di daerah atau negara yang berbeda. Untuk itulah ada nama ilmiah yang menjadi standar internasional guna menyatukan penyebutannya.

Dengan kata lain, dengan adanya nama ilmiah ini maka semua orang di seluruh belahan dunia pun dapat paham dan mengerti buah kelengkeng yang disebutkan dengan sama. Nama ilmiah ini sendiri diambil dari nama spesies dalam klasifikasi, di mana spesies kelengkeng adalah Dimocarpus longan.

Jadi, sudah tahukan Anda apa nama ilmiah dari kelengkeng? Meski memiliki penyebutan nama yang beragam, namun yang pasti buah ini banyak disukai dengan rasa manisnya yang menyegarkan serta aromanya yang khas.