GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mengintip Manfaat Serta Daftar Populer Essential Oil Untuk Wajah

 

Memiliki kulit wajah yang cantik dan sehat merupakan idaman semua orang. Anda bisa menggunakan minyak esensial yang dikenal sebagai bahan alami untuk mewujudkan impian tersebut. Meski bahan alami ini seringkali disebutkan, nyatanya tidak jarang pula yang tidak memahami manfaat hingga varian produk essential oil itu sendiri.

Mengenal Apa Itu Essential Oil

Perlu Anda tahu bahwa essential oil sebenarnya bukanlah minyak sungguhan. Sebab minyak satu ini merupakan produk yang mengandung konsentrasi tinggi, dan didapatkan dari campuran berbagai tanaman mulai dari daun hingga bunganya. Sedangkan penggunaan kata oil sendiri didapatkan dari teksturnya yang menyerupai minyak.

Selain dari teksturnya, produk kecantikan kulit ini juga tidak mengandung asam lemak layaknya minyak pada umumnya. Oleh sebab itu, jangan samakan antara minyak esensial dengan minyak biasa. Selain itu, dibutuhkan sekitar 5 ribu hingga 10 ribu kelopak mawar segar untuk menghasilkan 1 pon minyak esensial.

Meski terbuat dari bahan alami, nyatanya produk kecantikan ini tidak selamanya aman digunakan terutama jika digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Para ibu disarankan tidak menggunakan produk kecantikan tersebut, karena kandungan di dalam minyak esensial dapat mempengaruhi hormon hingga mengganggu kesehatan sang janin.

Banyak dari wanita yang akhirnya mengurungkan niat untuk menggunakan produk kecantikan kulit wajah satu ini ketika mengandung atau menyusui. Namun mereka masih bisa memanfaatkan minyak tersebut sebagai aromatherapy. Jika Anda masih tertarik menggunakannya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang ahli di bidangnya.

Sebaiknya jauhkan minyak esensial dari jangkauan bayi dan anak anak. Sebab minyak esensial dengan kandungan 1.8 cineole atau eukaliptol yang akan dibakar dapat menyebabkan perlambatan pernafasan pada bayi, terutama bagi si kecil yang memiliki gangguan pernafasan. Oleh karenanya, konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Dari sekian banyak varian yang ada, minyak esensial lemongrass, jasmine, dan ylang ylang diklaim sebagai jenis essential oil yang paling aman difungsikan sebagai diffuser. Alhasil Anda bisa menggunakannya di dalam rumah meski ada anak berumur di bawah 2 tahun sekalipun. Namun tidak ada salahnya berkonsultasi kembali apabila masih ada keraguan menyelimuti pikiran.

Manfaat Essential Oil Bagi Kesehatan Kulit

  1. Melawan Jerawat

Jerawat masih menjadi salah satu permasalahan kulit yang tidak pernah usai dibahas. Jerawat tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga menurunkan rasa percaya diri ketika hendak bertemu dengan orang lain. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melawan bakteri penyebab jerawat dengan menggunakan produk minyak esensial.

Pilihlah produk minyak esensial grapeseed oil yang dipercaya mengandung vitamin C, D E, beta carotene, dan asam lemak yang mampu menangkal jerawat hingga tuntas. Sebab pada umumnya kulit berjerawat diakibatkan kulit yang kekurangan linoleic acid. Linoleic Acid sendiri memiliki sifat anti microbial yang ampuh mencegah munculnya bibit jerawat.

Jika kekurangan linoleic acid, otomatis kulit akan memproduksi sebum berlebih. Sebum berlebih lambat laun akan menutupi pori pori kulit hingga muncullah jerawat. Apabila kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan, sudah dapat dipastikan jerawat akan tumbuh subur dan tidak terkendalikan lagi.

  1. Membantu Membersihkan Pori Pori

Minyak esensial tidak hanya menurunkan resiko munculnya jerawat, namun produk kecantikan ini juga bisa diandalkan untuk membersihkan pori pori kulit dengan sempurna. Kandungan di dalam minyak satu ini mampu mengangkat kotoran yang tersangkut di dalam pori pori. Bahkan beberapa produk minyak esensial yang dicampur butiran gula halus dapat dijadikan scrub wajah.

  1. Melembabkan Kulit Kering

Minyak esensial dapat diandalkan untuk melembabkan kulit kering. Teksturnya yang mirip seperti minyak memiliki kemampuan menyerap ke dalam kulit dengan mudah. Alhasil kulit terasa lebih sehat dan lembab setiap hari ketika menggunakan produk perawatan tersebut. Selain itu, produk satu ini juga mendorong produksi kolagen untuk mendapatkan kulit kenyal dan sehat.

  1. Melawan Tanda Penuaan

Melawan tanda penuaan sejak dini merupakan salah satu khasiat yang ditawarkan oleh minyak esensial. Kandungan asam lemak pada minyak esensial dipercaya dapat membantu meredakan gejala kemerahan dan iritasi yang diakibatkan oleh eczema, rosacea, dermatitis, atau psoriasis. Alhasil Anda bisa mendapatkan kulit sehat dan terlihat lebih muda ketika menggunakannya secara rutin.

Bukan hanya itu saja, pasalnya kandungan pada minyak esensial juga mampu menghasilkan kolagen. Alhasil Anda bisa mendapatkan kulit kencang, lembut, mengurangi bintik hitam, menyamarkan bekas luka, mencerahkan wajah sekaligus membuatnya tampak berseri, hingga menyamarkan garis halus pada beberapa bagian wajah.

Tips Glowing Menggunakan Young Living Essential Oil

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Setiap produk kecantikan memiliki kandungan berbeda. Oleh karenanya, Anda perlu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan yang dialami. Misalnya jika Anda dikaruniai jenis kulit kering, maka Anda perlu memberikan pelembab dengan kandungan yang tidak terlalu berat namun dapat menyerap baik ke dalam kulit.

Penggunaan minyak esensial tidak hanya berlaku pada pemilik kulit kering semata, namun juga baik digunakan pada pemilik kulit berminyak sekalipun. Sebab kandungan pada minyak esensial membantu menyeimbangkan minyak alami Anda. Dengan menggunakannya secara teratur, Anda bisa mendapatkan kulit sehat dan segar.

Bahkan Anda bisa mengandalkan minyak esensial untuk menurunkan tingkat penuaan dini. Sebab kandungan pada minyak esensial mampu menjaga kelembaban kulit secara alami. Pilihlah produk minyak esensial dengan kandungan formula yang membantu peremajaan kulit, lalu gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Namun bagaimana bagi mereka yang memiliki kulit normal alias tidak terlalu berminyak namun juga tidak terlalu kering ? Pada kasus tersebut, Anda bisa mencampurkan formula minyak esensial berbeda agar kandungan didalamnya bekerja optimal. Campuran formula tersebut membantu melembabkan sekaligus mengontrol kadar minyak pada kulit wajah.

  1. Gunakan Secara Rutin dan Konsisten

Demi mendapatkan hasil maksimal, tentu saja menggunakan produk essential oil secara rutin dan konsisten merupakan kunci keberhasilannya. Anda bisa mengawali dan mengakhiri hari dengan membersihkan kulit dan tidak lupa menggunakan pelembab. Cara ini dijamin ampuh mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kulit.

Jangan lupa mengeksfoliasinya secara rutin setiap minggunya. Pengangkatan kulit mati membantu merangsang generasi kulit terbaru untuk muncul ke permukaan. Perawatan kulit wajah ini perlu diterapkan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya. Menyayangi kulit sejak dini, membantu kulit wajah terlihat awet muda.

  1. Menggunakan Takaran

Minyak esensial mengandung konsentrat tinggi, sehingga Anda harus menggunakannya sesuai takaran yang dianjurkan. Dengan kata lain, penggunaan minyak esensial berlebih justru berakhir sia sia. Bukan khasiat yang didapatkan, justru ada kemungkinan kandungan tersebut berbalik menyerang kulit cantik Anda hingga menimbulkan ruam atau alergi.

Selain menggunakannya sesuai takaran yang dianjurkan, pastikan tidak menghirupnya terlalu berlebihan. Sebab kandungan di dalam minyak esensial dapat menyebabkan mual, pusing, hingga berakhir tidak sadarkan diri.  Daripada salah langkah, alangkah baiknya jika mengikuti petunjuk yang diberikan di setiap kemasannya.

Bukan hanya itu saja, sebab beberapa jenis minyak esensial memiliki sifat photosensitive  seperti minyak esensial beraroma citrus (orange, grapefruit, lime, dan lemon). Dengan kata lain, produk tersebut menyebabkan kulit lebih sensitif terutama jika terkena paparan sinar matahari (sunburn) hingga hiperpigmentasi.

Variasi Essential Oil Bagi Kulit Wajah  

  1. Manuka

Manuka membantu mewujudkan kulit tampak lebih cerah, bersih, dan segar. Variasi minyak esensial ini terdiri dari unsur capaene, isoleptopsermone, dan leptospermone yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengeluarkan aroma menenangkan.

  1. Helichrysum

Helichrysum merupakan minyak esensial oil yang cocok digunakan di segala usia. Kandungan di dalam produknya membantu kulit tampak lebih halus, bersih dan segar yang berhasil membuat Anda lebih percaya diri. Produk ini pun aman digunakan sebagai skincare harian, sehingga Anda wajib menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

  1. Royal Hawaiian Sandalwood

Royal Hawaiian Sandalwood termasuk varian minyak esensial yang mampu memberikan sensasi mewah ketika diaplikasikan pada kulit wajah. Ditambah dengan aroma semerbak yang terasa hangat dan lembut ini membuatnya menarik untuk digunakan. Dengan menggunakannya secara teratur, Anda bisa mendapatkan kulit berkilau dan tampak segar.

  1. Lavender

Lavender merupakan salah satu varian minyak esensial yang banyak diburu penggemarnya. Selain kaya akan khasiat, produk kecantikan kulit satu ini mampu mengeluarkan aroma menenangkan terutama jika diaplikasikan sebagai skincare rutin di malam hari. Ketika bangun di pagi hari, Anda bisa merasakan kulit jauh lebih bersih dan segar usai menggunakannya.

Anda juga bisa merasakan kulit lembab setiap kali mengaplikasikannya. Meski dikenal sebagai produk kecantikan kulit wajah, siapa sangka jika produk satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut cantik Anda. Gunakanlah secara teratur untuk mendapatkan hasil lebih optimal di kemudian hari.

  1. Sacred Frankincense

Warna kulit wajah tidak merata ? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan produk minyak esensial varian sacred frankincense. Selain perawatan warna kulit, produk ini juga membantu menyingkirkan noda hitam penyebab kulit kusam. Produk kecantikan kulit populer ini bisa digunakan sebagai skincare rutin di malam hari.

  1. Copaiba

Anda bisa menambahkan Copaiba pada rangkaian perawatan kulit Anda. Kandungan di dalam produk tersebut dapat membantu mencerahkan kulit, melembabkan, sekaligus menyamankan kulit. Tertarik membelinya ?

  1. Cedarwood

Aroma cedarwood yang lembut dan menenangkan, berhasil menghadirkan sensasi nyaman ketika menggunakanya. Produk ini dapat diandalkan untuk melembabkan, membersihkan, sekaligus membuat kulit merasa nyaman.

  1. Carrot Seed

Carrot Seed termasuk salah satu varian minyak esensial yang banyak diburu masyarakat. Pasalnya kandungan pada Carrot Seed dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi akibat faktor internal maupun eksternal berkat sifatnya yang antivirus.

  1. Clary Sage

Varian minyak esensial satu ini tidak kalah populer dicari di pasaran. Hal ini berkaitan dengan khasiatnya yang mampu meredakan ketegangan otot dan membuat kulit wajah terasa rileks ketika menggunakannya.

  1. Tyme

Sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan dari tanaman Tyme cocok dijadikan sebagai minyak esensial terbaik. Sebab sifat yang dimilikinya tersebut dapat mencegah munculnya jerawat dan eksim akibat peradangan dan iritasi kulit.

  1. Vetiver

Selain digunakan sebagai obat tradisional untuk merelaksasikan tubuh, minyak esensial satu ini mampu melawan produksi jerawat berlebih hingga menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah. Tidak heran jika produk ini cukup laris manis diburu di pasaran.

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa minyak esensial merupakan produk kecantikan yang wajib Anda gunakan setiap harinya untuk mendapatkan khasiatnya. Sebelum menggunakannya, pastikan jika kandungan di dalam produk kecantikan tersebut sesuai dengan tipe kulit Anda untuk mendapatkan hasil optimal dan SenseYourDay.