GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mitos Gunung Kuncung Wonosalam dan Cerita di Baliknya

Deskripsi: Mitos gunung Kuncung yang ada di Wanosalam berhubungan erat dengan penyebaran Islam di Jombang.

Gunung Kuncung merupakan salah satu gunung di jajaran pegunungan Wonosalam. Dibandingkan sebagai objek pendakian, gunung ini lebih banyak menjadi tempat wisata religi karena keberadaan makam tokoh-tokoh terkenal di dalamnya.

Gunung ini merupakan bagian dari lembah Kuncung yang ada di Wonorejo. Keindahan alamnya masih asri dengan berbagai peninggalan adat yang menyambut di pintu masuk. Seperti gunung lainnya, gunung ini memiliki beberapa mitos.

Mitos Gunung Kuncung

Salah satu mitos gunung Kuncung yang cukup terkenal adalah legenda pegunungannya. Konon gunung Kuncung merupakan salah satu gunung tertinggi di wilayah Wonosalam. Ketinggiannnya mengalahkan gunung lainnya di daerah Wonosalam yaitu gunung Anjasmoro dan Welirang.

Adapun status tersebut berubah setelah salah seorang sakti bernama Arjuno menginjak gunung tersebut dengan kaki raksasanya. Arjuno kesal karena mencari anaknya yang tidak bisa ia temui juga di gunung ini. Ia menganggap gunung ini terlalu sombong dengan ketinggiannya. Hingga ia kemudian merubah diri menjadi raksasa dan menginjak gunung ini.

Kini gunung Kuncung memiliki tinggi seperti bukit yang berada di lereng Anjasmoro.

Gunung Kuncung dan Makam Wali Wono Segoro

Gunung Kuncung merupakan tempat dimana makam wali Wono Segoro berada. Wali ini merupakan tokoh yang berpengaruh dalam penyebaran Islam di Wonosalam. Karena adanya makam ini, maka gunung Kuncung mulai di kembangkan menjadi wisata religi.

Banyak yang berkunjung untuk sekedar berziarah, namun banyak pula yang meminta kekuatan khusus dari makam ini. Tidak di ketahui pasti apakah kekuatan gaib tersebut benar benar ada.

Ada juga yang mengikuti filosofi raja Brawijaya Moksa, yang dipercaya merupakan salah satu raja Majapahit yang melepaskan tahta untuk bereinkarnasi.

Gunung Kuncung Simbol Penyebaran Islam

Meskipun sarat dengan mistis, namun gunung Kuncung merupakan simbol penyebaran Islam di wilayah Jombang dan khususnya di Wonosalam. Gunung ini merupakan petilasan dari sunan wali Wono Segoro dimana ia dan pengikutnya membantu menyebarkan Islam.

Kini daerah gunung Kuncung juga sudah berkembang menjadi daya tarik wisata dengan perkebunan serta daerah outbond. Bagi yang penasaran, bisa berkunjung ke gunung ini dengan biaya masuk yang murah.