GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Insiprasi Model Gazebo Baja Ringan

 

Gazebo sudah sejak dahulu dijadikan pilihan untuk menghiasi taman dan bangunan agar lebih asri dan indah dipandang. Pada dasarnya, gazebo memiliki banyak fungsi sebagai suatu bangunan hiasan. Yang pertama, menurut aspek keindahan, gazebo mampu menyulap suatu area yang polos menjadi taman indah dengan istana kecil sebagai primadonanya. Yang kedua, jika dilihat dari aspek fungsi, gazebo sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat berkumpul dan bersantai baik beramain-ramai maupun sendiri untuk sekedar menikmati keindahan taman dan alam sekitar.

Dengan duduk selama 5 menit saja, Anda sudah dapat menemukan ketenangan jiwa atas segala pemandangan sejauh mata Anda memandang. Ya, sebegitu menyenangkannya sebuah gazebo. Di restoran, gazebo banyak digunakan sebagai meja privasi pelanggan untuk menyantap pesanan mereka dengan anggota keluarga atau rekan kantor. Di hampir seluruh vila dan hotel di Bali, gazebo adalah bangunan terbuka yang didirikan khusus di atas kolam ikan maupun kolam renang sebagai tempat bersantai sambil menikmati aneka masakan dan minuman lezat dari koki hotel.

Gazebo selalu mampu menemukan cara dan tempatnya sendiri dalam memberi kenyamanan pada siapapun yang singgah di dalamnya. Oleh karena itu, kini banyak rumah-rumah pribadi yang mulai mengalokasikan halaman depan ataupun belakang mereka dengan sebuah gazebo di tengah-tengahnya. Tidak heran, karena rumah adalah tempat ternyaman bagi semua orang.

Gazebo Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Jika Anda berminat untuk memasang gazebo di rumah Anda, maka ada banyak pilihan jenis gazebo yang dapat Anda jadikan referensi.

  1. Gazebo Kayu

Gazebo kayu disebut juga dengan gazebo otentik. Hal ini berkaitan dengan nuansa ornamen kayu yang memberikan kesan murni, alami dan menyatu dengan alam. Beberapa jenis kayu kokoh dapat dijadikan pilihan kayu membuat gazebo ini, hanya saja , bagi Anda yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, gazebo jati adalah pilihan yang tepat.

Kayu jati memiliki tekstrur kayu yang sangat padat dan kuat sehingga gazebo akan semakin kuat dan kokoh tidak termakan usia. Terlebih lagi gazebo yang diletakkan di halaman terbuka, akan sering terkena hujan. Jika tidak tepat dalam memilih kayu, dapat membuat gazebo cepat rusak dan keropos.

  1. Gazebo Baja Ringan

Selain kayu, gazebo berbahan dasar baja ringan juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari bahan dasar pembuatan gazebo. Baja ringan memiliki struktur yang sangat kuat dan tahan karat walau gazebo disiram air hujan sekalipun. Seringkali cuaca wilayah tropis menjadi kendala seseorang dalam membangun berbagai hiasan dan bangunan kecil luar rumah, namun Anda dapat mengandalkan kekuatan baja ringan.

Selain memiliki struktur yang kuat dan anti karat, baja ringan juga cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan besi atau aluminium. Untuk manambah kesan estetik dan kokoh, Anda dapat menggunakan kayu jati atau bambu sebagai alas gazebo, lalu baja ringan sebagai pilar-pilar dan kanopinya.

  1. Gazebo Semen

Selain kayu dna baja ringan, gazebo semen juga dapat dijadikan pilihan membuat gazebo jika Anda menginginkan gaya modern dan Eropa klasik. Kebanyakan gazebo modern menggabungkan elemen semen dan kayu sebagai media pembuatan gazebo. Hal ini karena sudah jelas kedua bahan ini memiliki struktur yang kuat dan tahan cuaca.

Begitu pula dengan gaya Eropa klasik. Anda dapat menambahkan desain kubah pada atap gazebo dan memberi ornamen-ornamen pahat di setiap pilarnya. Untuk menambah kesan romantis, Anda bisa menambahkan sulur menjalar ke seluruh area pilar gazebo.

  1. Gazebo Campuran

Gazebo campuran berarti menggunakna lebih dari satu elemen sebagai bahan dasarnya. Tidak terpatok gaya namun jenis gazebo ini biasanya memiliki ketahanan bangunan yang paling tahan lama. Untuk dekorasi, Anda dapat menambahkan beberapa perabotan kecil sebagai hiasa di sisi-sisi gazebo. Bila perlu, beri meja kecil dan vas bunga di tengahnya.

Keuntungan Menggunakan Baja Ringan

Beberapa alasan mengapa baja ringan direkomendasikan sebagai bahan utama membuat gazebo antara lain :

  1. Harga Murah

Baja ringan memiliki harga beli yang relatif murah jika dibandingkan dengan besi dan kayu. Harga dari baja ringan dipatok mulai dari Rp 2.500.000 per meternya.

  1. Kokoh dan Tahan Lama

Yang namanya baja sudah tentu kokoh dan tahan lama. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan mengingat gazebo banyak digunakan untuk berkumpul banyak orang di luar ruangan.  Dengan begitu, diharapkan tidak ada masalah gazebo rubuh atau sejenisnya ketika gazebo sedang digunakan.

  1. Tahan Karat

Sebelum memilih elemen dasar gazebo ada baiknya Anda perhatikan apakah ekemen tersebut akan mudah berkarat atau tidak mengingat gazebo akan diletakkan di luar ruangan dan memiliki banyak kontak dengan air hujan. Untuk berjaga-jaga mencegah terjadinya karat pada baja, Anda dapat melapisinya dengan cat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar baja ringan ketika akna digunakan sebelum membuat gazebo. Sebenarnya, apapun bahannya jika Anda bersedia melakukan perawatan dengan baik dan benar maka gazebo dapat terus berdiri kokoh dan akan tetap dapat digunakan untuk berkumpul bersama keluarga, teman dan kerabat-kerabat Anda.