GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Negera-Negara yang Memiliki Potensi Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Minyak bumi tersimpan di endapan dasar laut. Minyak bumi sendiri adalah sumber daya energi yang memiliki banyak manfaat dan menyumbang nominal besar dalam kemajuan perekonomian negara. Tapi taukah kalian, negara mana yang menyimpan segudang cadangan minyak bumi terbesar di dunia? Mari kita simak artikel berikut.

Artikel:

Minyak bumi adalah sumber energi tak terbaharukan yang memiliki nilai besar bagi negara. Manfaat minyak bumi sendiri sangat penting bagi kelangsungan hidup. Minyak bumi sebagai sumber energi merupakah salah satu komoditas tambang berupa minyak mentah dalam bentuk kental berwarna gelap atau cokelat pekat. Minyak mentah ini membutuhkan proses yang panjang untuk menjadi minyak bumi siap pakai. Umumnya, minyak bumi ditemukan di kawasan lepas laut, rawa, sepanjang pantai bahkan daratan tandus. Untuk mengambilnya pun dibutuhkan tenaga ahli yang didukung oleh perusahaan besar serta peralatan yang lengkap. Negara-negara yang mempunyai banyak cadangan minyak bumi ini akan sangat terbantu dalam perekonomiannya.

6 Negara yang Memiliki Cadangan Minyak Bumi Terbesar di Dunia

  1. Kuwait

Kuwait adalah negara kecil di Timur Tengah yang sudah sangat terkenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Kawasan yang menyimpan cadangan minyak bumi terbesar ini terdapat di kota Burgan Field. Kawasan ini bahkan sempat diperebutkan ketika perang Irak seperti yang tertulis dalam website Geoexpro.com.

Perekonomian Kuwait hampir seluruhnya disumbang oleh komoditas minyak bumi dan gas yang dijadikan sebagai komoditas utama dalam ekspor. Berdasarkan data, kawasan Burgan memiliki jumlah cadangan minyak mentah mencapai 100 miliar barel. Jumlah ini berpuluh-puluh kali lipat dari jumlah cadangan minyak mentah yang ada di Indonesia. Jika diakumulasi per hari, jumlah produksi minyak bumi di Kuwait mencapai 2,8 juta barel.

Namun perlu dingat kembali bahwa minyak bumi adalah sumber neger yang tidak terbaharukan sehingga kondisi Kuwait atau negara-negara lain yang terpusat pada sektor ini akan mengalami keruntuhan jika sumber daya sudah menipis bahkan habis.

  1. Tiongkok

Siapa yang tidak kenal Tiongkok? Hampir di seluruh pasar dunia pasti terdapat salah satu produksi barang dari negara ini. Tiongkok masuk ke dalam 5 besar negara yang memiliki produksi bahkan cadangan minyak bumi terbesar di dunia. Berdasarkan website Worldometers.info, negara ini memiliki cadangan minyak lebih dari 25 miliar barel. Jika diakumulasikan per hari, maka produksi minyak bumi mencapai 4,9 juta barel.

Produksi minyak di Tiongkok perpusat di kawasan Tarim Basin, Heilongjiang di sebelah Utara dan Laut China Selatan. Negara ini mulai menjadi salah satu pesaing hemat di pasar internasional untuk komoditas minyak bumi. Salah satu yang mulai merasa terancam adalah Amerika Serikat.

 

  1. Kanada

Kanda juga tidak mau kalah mengenai minyak bumi. Kanada sendiri masuk ke dalam negara terkaya dengan produksi minyak bumi ini. Berdasarkan informasi yang tercatat dalam NRCAN (Natural Resources Canada) menyebutkan bahwa Kanada memiliki cadangan minyak sebesar 171 miliar barel. Jumlah ini bahkan lebih besar dari cadangan minyak bumi Kuwait dan Tiongkok.

Minyak bumi ini ditemukan di kawasan Alberta dengan produski minyak bumi per hari mecapai 5 juta barel.

  1. Rusia

Rusia memiliki cadangan minyak bumi mencapai 106 miliar barel. Negara ini memiliki jumlah produksi yang lebih tinggi dibandingkan Kanada yaitu mencapai 11 juta barel per hari yang menjadikannya negara peringkat ke tiga. Sebagian besar produks ini menjadi komoditas utama ekspor yang menyumbang penuh terhadap total pendapatan Rusia.

Kawasan yang dipusatkan untuk minyak bumi adalah Siberia Timur dan Barat serta kawasan baru yaitu Bazhenov yang mengandung tight oil.

  1. Arab Saudi

Negara selanjutnya yang memiliki cadangan dan produksi mintak bumi yang sangat banyak adalah Arab Saudi. Berdasarkan Website resmi Forbes, Arab Saudi memiliki cadangan minyak bumi mencapai 260 miliar barel dan jika diakumulasi per hari, produksi minyak bumi mencapai 12 juta barel. Nilai ini lebih besar dari negara Kuwait, Tiongkok, kanada dan Rusia. Dengan jumlah ini menobatkan Arab Saudi menjadi negara ke dua penghasil terbesar minyak bumi.

Produksi minyak bumi dan gas di Arab Saudi menjadi salah satu penyumbang terbesar perekonomian negara. Migas tersebut digunakan sebagai komoditas utama ekspor.

  1. Amerika serikat

Amerika serikat dinobatkan sebagai negara terbesar untuk produksi minyak bumi yaitu 14 juta barel per hari. Cadangan minyak buminya sendiri mencakup 300 miliar barel. Cadangan ini bertambah ketika Amerika Serikat berhasil mengklain kawasan Arktika (Kutub Utara). Berdasarkan Stanford.edu, Amerika Serikat adalah negara yang aktif melakukan pengeboran dan ekspoitasi minyak bumi di kawasan laut beku Arktik.

Kawasan laut kutub adalah kawasan yang diperkirakan memiliki cadangan minyak bumi mencapai 240 miliar barel. Jika disatukan dengan daratannya, maka jumlahnya mencakup seperempat dari total cadangan minyak di seluruh penjuru dunia.

Kawasan Artik juga menyimpan sumber daya lain yang besar yaitu gas bumi yang mencapai nilai 85 triliun meter kubik. Ini yang menjadikan kawasan Artika adalah sumber kekayaan negara.

Nah, demikian penjelasan mengenai 6 negara yang memiliki cadangan dan produksi terbesar minyak bumi. Semoga Bermanfaat!