GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Pahami Lebih Jauh Tentang Makro Ekonomi

Keyword : Makro Ekonomi

 

Makro Ekonomi merupakan salah satu jenis cabang di dalam ilmu perekonomian. Memang jika membahas tentang dunia ekonomi, kamu akan menjumpai beragam jenis cabang ilmu. Makro Ekonomi atau yang biasa dikenal dengan Ekonomi makro memiliki arti yaitu suatu ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian secara lebih luas dan kompleks, apa yang dipelajari dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan ekonomi yang akan berakibat dan berpengaruh bagi kehidupan masyarakat dan bangsa.

Ekonomi Makro ada karena munculnya beberapa permasalahan seperti tingginya angka pengangguran dan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang lambat, tingginya angka hutang kepada luar negeri, dan adanya inflasi dan defisit APBN. Dengan memperlajari ekonomi makro, kamu akan lebih mengetahui tentang neraca keuangan negara terhadap nilai tukang mata uang rupiah terhadap mata uang asing stabil atau tidak. Di dalam Ekonomi Makro terdapat beberapa kebijakan yang dibahas, diantara sebagai berikut :

  1. Kebijakan Fiskal

Kebijakan ini fokus pada pendapatan dan pengeluaran negara, pendapatan negara serta pengeluaran negara akan sangat berpengaruh dalam perkembangan dan kestabilan ekonomi sebuah negara.

  1. Kebijakan Moneter

Dengan adanya kebijakan moneter akan diketahui seberapa banyak keuangan yang telah dikeluarkan oleh Bank Sentral Indonesia. Banyaknya perputaran uang akan mempengaruhi tingkat inflasi yang akan menyebabkan harga suatu barang/produk menjadi tinggi. Sebaliknya jika semakin kecil perputaran uang maka akan menyebabkan suatu deflasi yang berpengaruh pada harga barang/produk yang lebih murah.

  1. Kebijakan Segi Penawaran

Kebijakan ini akan berguna untuk menstabilkan neraca keuangan sebuah perusahaan atau negara. Dengan kebijakan segi penawaran, anggaran dari produksi dapat ditekan secara maksimal dengan tetap menjaga kualitas dari barang/produk yang dihasilkan.

Setiap ilmu tentu saja memiliki manfaat dan tujuannya sendiri-sendiri, adapun tujuan dari Ekonomi Makro berhubungan dengan munculnya beberapa permasalahan ekonomi. Dengan adanya Ekonomi Makro maka diharapkan agar pendapatan nasional akan meningkat, lapangan kerja dapat dibuka secara maksimal,  kapasitas produksi secara nasional yang meningkat, inflasi bisa dikendalikan, ekonomi dapat dijaga secara stabil, dan yang terakhir adalah neraca pembayaran luar negeri dapat seimbang.

Bagi kamu yang sedang bergelut di bidang bisnis atau sedang memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis maka kamu sangat wajib untuk mempelajari tentang seluk beluk Ekonomi Makro. Mengapa demikian? Karena dalam dunia bisnis, Ekonomi Makro akan berperan penting dalam menganalisis stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, dan pencapaian keseimbangan sehingga kamu bisa mengembangkan bisnismu secara maksimal. Suatu perusahaan pasti akan mengambil keputusan dalam pengembangannya, disinilah Ekonomi Makro sangat berperan dalam mengambil keputusan tersebut.