GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Pahami Pengertian Korupsi, Jangan-Jangan Anda Pernah Melakukannya?

 

Artikel

Tidak melulu tentang uang, ternyata terdapat korupsi waktu. Lantas, apa sebenarnya pengertian korupsi? Karena jangan-jangan, anda pernah menjadi pelakunya.

Deskripsi

Isu korupsi selama masa pandemi, nampaknya menjadi isu yang krusial. Karena selama masa pandemi banyak pelaku korupsi yang ditangkap. Namun tidak melulu tentang uang, korupsi juga dapat dilakukan dengan uang. Apakah pengertian korupsi waktu sama dengan korupsi uang?

Apa Itu Korupsi?

Banyak yang berpandangan bahwa korupsi hanya diidentikan dengan uang negara. Namun pengertian korupsi sebenarnya lebih dari itu. Karena korupsi dapat dimaknai sebagai tindakan atau efek dari standar perilaku yang awalnya bermoral menjadi tidak bermoral.

Mengapa Korupsi Terjadi?

Berkaca dengan pengertian korupsi, dapat disimpulkan bahwa adanya kesempatan menjadi penyebab korupsi terjadi. Selain itu, adakah penyebab lainnya?

  1. Kebutuhan

Pada sebuah teori disampaikan bahwa korupsi dapat terjadi karena adanya kebutuhan. Hal ini cukup rasional, karena setiap orang memiliki keserakahan dalam dirinya. Pembedanya hanyalah sejauh mana orang tersebut merasa puas dengan yang dimilikinya.

  1. Kekuasaan

Adanya kekuasaan menjadi alasan lain mengapa korupsi dapat terjadi. Adanya kekuasaan memberikan kesempatan bagi individu untuk melakukan korupsi. Utamanya bila tidak ada pengawasan pada kekuasaan yang dimiliki tersebut.

Berdasarkan pemaknaan dan penyebabnya, dapat disimpulkan bahwa korupsi dapat terjadi pada siapapun. Bentuknya pun tidak melulu uang, namun dapat berupa waktu ataupun data. Jadi, setelah memahami pengertian korupsi, kini waktunya mencari tahu apakah tindakan yang dilakukan termasuk korupsi ataupun sebaliknya.