GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Penyebab Bayi Tersedak dan Cara Mengatasinya

 

Deskripsi

Banyak hal bagi orang tua yang baru memiliki bayi hadapi ketika merawatnya. Salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah ketika bayi Anda tersedak, perlu penanganan segera karena hal tersebut dapat membahayakan nyawanya.

Artikel

Ketika Anda sudah mempunyai bayi, pasti banyak hal baru yang akan Anda ketahui dan rasakan. Hal-hal baru tersebut ada yang membahagiakan dan ada pula yang mengkhawatirkan. Salah satu yang dapat membuat Anda khawatir adalah ketika bayi Anda tersedak namun tak kunjung membaik keadaanya dalam beberapa waktu. Terdapat berbagai sebab mengapa bayi tersedak dan juga cara untuk menanganinya.

Penyebab Bayi Tersedak

Bayi dapat tersedak karena beberapa sebab seperti yang akan kami sampaikan berikut ini.

  1. Makanan yang masuk ke dalam mulut bayi seperti sosis, kacang, atau buah.
  2. Memaksa bayi meminum asi di saat-saat jam tidurnya karena bayi terlalu mengantuk.
  3. Menelan ludah ketika tidur. Bayi yang kekurangan cairan menyebabkan air liurnya menjadi kental dan air liur tersebut dapat membuat bayi tersedak.
  4. Bayi belum mampu mengontrol makanan yang masuk kedalam mulutnya.
  5. Gigi bungsu yang belum tumbuh sehingga bayi tidak dapat menghancurkan makanan.
  6. Memakan apapun yang ada disekitarnya karena rasa penasaran.

Cara Mengatasi Ketika Bayi Anda Tersedak

Bayi yang tersedak dapat membahayakan nyawanya jika tidak segera ditangani. Hal tersebut karena sebagian atau seluruh saluran pernapasan tersumbat sehingga bayi kesulitan bahkan tidak dapat bernafas. Berikut langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ketika bayi Anda tersedak.

  1. Jika bayi Anda tersedak dan disertai batuk, biarkan ia batuk dan mengeluarkan benda asing tersebut sendiri. Terus pantau kondisi bayi Anda jangan sampai dibiarkan terlalu lama jika bendanya tak kunjung keluar.
  2. Jika dengan membiarkannya batuk tidak membantu, selanjutnya adalah meletakkan ia di pangkuan Anda dengan posisi tengkurap serta posisi kepala lebih rendah dibandingkan dengan bagian tubuh bawahnya.
  3. Tepuklah sebanyak 5 kali pada bagian tengah punggungnya secara perlahan.
  4. Lihatlah ke dalam mulutnya, jika terlihat benda asing yang menyangkut didalamnya segeralah untuk mengambilnya dengan hati-hati.
  5. Jika tetap tidak berhasil dengan langkah sebelumnya, Anda dapat letakkan 2 hingga 3 jari Anda dibawah garis dadanya kemudian mendorongnya ke bagian bawah sekitar 1,5 cm dan kembalikan lagi. Lakukan hal tersebut sebanyak 5 kali.

Demikian langkah-langkah dapat kami berikan ketika bayi tersedak. Jika bayi Anda tak kunjung membaik segera membawanya ke rumah sakit.