GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Penyebab Mata Kering Mata Sayu yang Perlu Kamu Tahu

Kondisi seseorang dengan mata kering mata sayu pasti sering kamu temui. Kondisi seperti itu akan membuat seseorang menjadi terlihat mengantuk. Bagi sebagian orang, mata sayu tidak terjadi di kedua kelopak mata, tapi hanya satu. Kelopak mata tidak bisa menutup dengan sempurna. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa mata sayu merupakan salah satu jenis kelainan yang dialami penderita sejak lahir. Akan tetapi, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada alasan lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya mata sayu.

 

Penyebab yang Mungkin Dialami oleh Penderita Mata Kering Mata Sayu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali alasan mengapa seseorang memiliki kondisi mata yang sayu. Penjelasan yang lebih lengkap bisa kamu dapat dengan membaca penjelasan di bawah ini.

  1. Kelainan

Mata sayu mata kering yang dialami oleh seseorang bisa dialami sejak lahir. Biasanya, hanya ada satu mata yang memiliki kelopak mata sayu. Kelainan tersebut terjadi karena adanya gangguan di otot kelopak mata. Jika otot tersebut tidak mampu mengangkat kelopak mata sama sekali, maka perlu dilakukan operasi. Hal tersebut dilakukan agar kemampuan melihat yang dimiliki bayi tidak terganggu di kemudian hari.

  1. Saraf yang Rusak

Seperti yang telah disebutkan, mata kering mata sayu bisa dikarenakan adanya gangguan otot. Nah, otot tersebut digerakkan oleh saraf dalam tubuh. Selain otot, saraf juga bisa mengalami gangguan atau kerusakan. Meski otot kelopak mata tidak rusak, jika sarafnya terganggu, maka kelainan tidak bisa dihindari.

  1. Kebiasaan yang buruk

Mata yang sayu juga bisa disebabkan karena kebiasaan yang kurang baik. Kebiasaan tersebut bisa berupa menggunakan lensa kontak yang tidak sesuai. Selain itu, mata yang sayu juga dapat dikarenakan kebiasaan menggosok mata dengan cara yang terlalu kasar.

 

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab mata kering mata sayu, kamu menjadi lebih bisa mengatasi atau melakukan langkah pengobatan selanjutnya. Jika mata sayu terasa mengganggu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.