GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Penyebab sakit dada saat hamil Yang Normal dan Abnormal

Nyeri atau sakit dada saat hamil adalah salah satu tanda dan gejala yang sangat normal terjadi. Namun, dalam beberapa kasus, wanita hamil perlu ke dokter. Karena penyebab sakit dada saat hamil ini mungkin normal atau tidak normal.

Perubahan hormon selama kehamilan meningkatkan aliran darah serta menyebabkan beberapa perubahan pada jaringan payudara, membuat dada ibu hami sering merasa kencang, sakit ringan atau berdenyut. Ini sangat normal. Tetapi jika sakit dada menyebar ke lengan atau disertai dengan demam dan pusing, Ibu harus segera pergi ke dokter atau rumah sait.

Apa penyebab sakit dada saat hamil yang normal?

1. Mulas

Mulas (juga dikenal sebagai refluks asam): karena perubahan hormon selama kehamilan. Selain merasakan keasaman dan kepahitan di mulut, ibu hamil mengalami mulas dan terasa terbakar di dada dan tenggorokan bagian bawah.

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan sering menjadi penyebab nyeri dada. Gejala penyakit ini biasanya bertambah buruk pada akhir kehamilan, sekitar 27 minggu.

3. Otot-otot dada tegang

Selama kehamilan, otot-otot di lengan, tungkai dan terutama ligamen di daerah dada muncul. Saat bayi bertambah besar, rahim membesar, menekan diafragma dan tulang rusuk, mengakibatkan nyeri dada kanan dan sesak napas.

4. Infeksi dada

Infeksi dada merupakan penyebab utama nyeri dada. Ini terutama disebabkan oleh penyakit pernapasan.

5. Stres

Selama kehamilan, wanita hamil sering berpikir dan menghadapi banyak masalah yang membuat mereka khawatir dan stres. Ini adalah gejala yang cukup umum selama kehamilan yang dapat dilihat pada ibu. Ini juga mempengaruhi dan mengencangkan payudara.

6. Ukuran dada bervariasi

Payudara Anda akan menjadi lebih besar selama kehamilan. Ini mengubah sendi dan otot dada, yang membuat ibu sering merasakan nyeri dada dan ketidaknyamanan.

Apa penyebab sakit dada saat hamil yang abnormal?

1. Trombosis (DVT)

Trombosis adalah sindrom gumpalan darah di pembuluh darah di tubuh. Kadang-kadang gumpalan darah terbentuk di vena kaki, di atas atau di bawah lutut. Ini adalah penyakit serius yang harus Anda perhatikan.

2. Serangan jantung

Nyeri dada adalah salah satu gejala paling umum dari serangan jantung. Ada juga gejala lain: sakit kepala, sesak napas, mati rasa pada anggota badan dan keringat dingin. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera pergi ke rumah sakit. Ini biasanya terjadi pada wanita yang merokok, memiliki riwayat diabetes, atau menjadi hamil ketika mereka berusia lebih dari 40 tahun.

3. Asma

Jika Anda memiliki asma atau riwayat asma di masa lalu, itu akan kembali atau memburuk selama kehamilan. Anda akan merasakan kontraksi dada yang disebabkan oleh asma, yang menyebabkan nyeri dada.