GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Perlu Dicatat! Berikut Ciri Janin Sehat Dalam Kandungan Usia 4 Bulan

 

Mengetahui perkembangan bayi di dalam kandungan menjadi hal membahagiakan tersendiri bagi pasangan suami istri. Selain melalui pemeriksaan ultrasonografi atau USG, anda pun bisa merasakan beberapa tanda tertentu guna mengindikasikan janin berkembang secara normal dan sehat. Lalu apa ciri janin sehat dalam kandungan usia 4 bulan? Berikut ulasannya.

Tanda Fisik Janin 4 Bulan yang Sehat

Tatkala memasuki usia kandungan 4 bulan, beberapa tanda kehamilan pada trimester awal akan menghilang atau jauh berkurang seperti mual dan mutah atau mood swing. Akan tetapi di usia 4 bulan ini, ibu hamil akan sering merasakan heartburn dan konstipasi. Anda tak perlu khawatir, sebenarnya kondisi semacam itu wajar saja terjadi karena janin dalam kandungan mulai tumbuh.

Bila anda ingin mengetahui keadaan si kecil baik baik saja, cobalah melakukan pemeriksaan ultrasonografi atau USG di rumah sakit terdekat. Pada usia kehamilan memasuki 16 minggu, janin telah mengalami perubahan fisik yang sangat signifikan. Misalnya saja fitur wajah bayi mulai terbentuk seperti alis, bulu mata, dan kelopak mata.

Tak hanya itu saja, telinga si kecil pula mulai sempurna sehingga membuatnya bisa mendengar suara dari ibu dan lingkungan sekitar, bahkan sidik jarinya pun mulai terbentuk. Di usia 17 minggu, buah hati akan memiliki panjang sekitar 13 sentimeter yang diukur dari ujung kepala hingga pantat. Kulitnya pun akan ditumbuhi rambut halus yang dikenal dengan istilah lanugo.

Sebelum memasuki usia 4 bulan, si kecil akan memiliki ekor di pantatnya. Namun di usia 16 minggu, ekor tersebut akan menghilang dan menyatu dengan bagian lainnya. Di akhir masa usia 4 bulan, rata rata janin akan memiliki panjang berkisar 15 centimeter dengan berat mencapai 113 gram. Berbagai kondisi perkembangan yang dialami si kecil tatkala umur 4 bulan ini pula berdampak pada fisik ibu.

Tanda Fisik Ibu Hamil Memasuki Usia 4 Bulan

Di usia 16 minggu, perut ibu akan semakin membesar yang menandakan si kecil berkembang dengan baik di dalam kandungan. Kemudian akan muncul pula gejala heartburn, dimana terdapat rasa seperti terbakar di dada karena asam lambung naik hingga kerongkongan. Ibu hamil pula akan cepat lelah yang ditandai dengan napas terengah engah setiap kali bergerak.

Karena morning sickness pada ciri janin sehat dalam kandungan usia 4 bulan ini mulai menghilang, sehingga nafsu makan yang dialami ibu hamil akan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi perkembangan si kecil. Bahkan beberapa ibu hamil juga akan mengalami kaki membengkak, serta munculnya stretch mark pada kulit perut yang membesar.

Bisa dibilang, di usia 16 minggu atau 4 bulan si kecil sangat lincah bahkan tak jarang ia akan menendang perut ibunya yang membuatnya terganggu. Namun anda tak perlu khawatir sebab hal ini menandakan buah hati kesayangan dalam kondisi sehat. Jadi nikmatilah masa kehamilan dengan memperhatikan perkembangan si kecil agar kelak sehat tatkala dilahirkan di dunia.